Tuesday, March 14, 2023

Pengertian Ethical Leadership

Ethical Leadership atau Kepemimpinan Etis dilatarbelakangi oleh adanya pemikiran bahwa esensi dari kepemimpinan adalah pengaruh, sehingga para pemimpin yang berkuasa, apakah dapat menjalankan kekuasaan dan kepemimpinannya dengan bijaksana dan baik.

Apa itu ethical leadership?

Ethical leadership memahami bahwa hubungan positif adalah standar emas untuk semua usaha organisasi. Ethical leadership memahami bahwa jenis hubungan berkecambah dan tumbuh di tanah yang kaya yang mendalam dari prinsip-prinsip dasar: kepercayaan, hormat, integritas, kejujuran, keadilan, kesetaraan, keadilan dan kasih sayang. Stephen Covey menyebut prinsip-prinsip tersebut dalam "hukum alam semesta".

Telah ada banyak pembicaraan selama beberapa tahun terakhir tentang wthical leadership. Banyak pembicaraan yang telah dipicu oleh perilaku tidak etis pada bagian dari para pemimpin bisnis. Tantangan membahas etika adalah bahwa tidak seperti hukum yang jelas, etika cenderung berkembang dan berubah sebagai standar moral dan keadilan dari kemajuan masyarakat. Oleh karena itu jika kita ingin mendorong perilaku kepemimpinan yang lebih etis kita tidak bisa hanya bergantung pada pemimpin yang mengerti standar hukum pada saat itu. Kami membuat berfikir tentang hal tersebut menjadi tiga:
  • Apa arti ethical leadership?
  • Apa perilaku etis? 
  • Bagaimana kita mendorong para pemimpin lain untuk menjadi lebih etis?

Memutuskan apa artinya ethical leadership rumit. kita bisa berpendapat bahwa ethical leadership adalah tentang menciptakan lingkungan dan budaya di mana perilaku etis adalah norma yang diharapkan. Secara tradisional etika telah memikirkan berarti perlakuan yang adil dan merata terhadap pelanggan, mitra bisnis, dan bahkan pesaing.

Bahkan jika kita menerima bahwa standar etika berkembang, bagaimana kita mendorong para pemimpin untuk mendorong perilaku etis di lain meskipun target bergerak ini? Sederhananya kami membuatnya dalam kepentingan terbaik mereka untuk melakukannya. Kami membuat perilaku yang tidak etis lebih mahal daripada perilaku etis. Jika kita ingin pemimpin ethichal leadership, kita harus menghargai dan menghukum berdasarkan tidak hanya pada akhir, tetapi juga pada cara yang digunakan untuk mencapainya.

Pengertian Ethical Leadership
Pengertian Ethical Leadership

Pentingnya Ethical Leadership

Membina hubungan yang positif memberikan manfaat pada tiga tingkatan kehidupan organisasi. kepemimpinan etis di semua tiga tingkat memelihara hubungan yang memberdayakan usaha manusia.

1. Individual personal well-being.

Patricia Aburdene (6) mengutuk dampak pada kehidupan abad ke-21 dari apa yang dia sebut "unconscious capitalism," doktrin manusia terfokus pada keuntungan dan lengah dari kerusakan jaminan kepada orang-orang, masyarakat dan ekologi planet ini. Sama seperti kita tidak bisa lagi mengabaikan ilmu lingkungan pada perubahan iklim, sehingga kita tidak bisa lagi mengabaikan biaya manusia bahwa ilmu pengetahuan mengungkapkan tentang efek racun emosional pada pekerjaan kita, keluarga dan lingkungan pribadi.

2. Energi tim

teori evolusi modern menguraikan sejauh mana kerjasama dan upaya tim telah memainkan peran utama dalam kebangkitan spesies kita untuk mendominasi. Ini akan selalu lebih baik ketika orang bekerja bersama-sama, mendukung dan mendorong satu sama lain untuk mencapai pribadi mereka yang terbaik. Upaya semacam ini tim berasal dari hubungan di mana orang menghargai nilai dari semua anggota dan di mana pemimpin bekerja dengan kecerdasan emosional "melumasi mekanisme pikiran kelompok”.

3. Seluruh organisasi


Keuntungan Ethical Leadership Bagi Organisasi

Sebuah organisasi etis adalah kumpulan orang yang bekerja bersama-sama dalam sebuah lingkungan dengan saling menghormati, di mana mereka tumbuh secara pribadi, merasa puas, berkontribusi untuk kebaikan bersama, saling berbagi secara pribadi, emosional, dan penghargaan finansial dalam pekerjaan baik. Terdapat pemahaman bersama bahwa kesuksesan tergantung pada keadaan suatu hubungan antara internal dan eksternal, tidak semuanya harus di bawah kendali organisasi, tetapi komunitas tersebut dapat saling mempengaruhi melalui kegiatan-kegiatan ealam organisasi.

Organisasi etis diawali dengan memperlakukan orang-orang dalam organisasi itu dengan baik, mengetahui bahwa tenaga kerja yang puas dan bahagia akan berbagi kepuasan emosional dalam interaksi positif dengan pelanggan dan klien. Demikian pula, kepemimpinan etis dalam organisasi berarti bahwa itu akan menjaga hubungan positif dengan pihak lainnya di luar organisasi, sehingga mendapat manfaat dari perbuatan baik dan imbalan dalam pelayanan. Organisasi yang beroperasi dengan prinsip-prinsip etis akan memiliki reputasi yang tinggi sebagai perusahaan yang baik, menghormati tanggung jawab sosial, dan membuktikan kerelaan untuk membawa aktivitas organisasi dalam kesesuaian dengan semua persyaratan peraturan. Dengan beroperasi seperti ini, organisasi akan mendapatkan prospek dalam kesuksesan ekonomi yang berkelanjutan di mana produk dan pelayanan diterima dengan baik dan reputasinya menjadi baik.

Implikasi dalam Pengembangan Kepemimpinan

Memahami pentingnya kepemimpinan etis terhadap prestasi organisasi memiliki implikasi yang signifikan untuk pengembangan kepemimpinan. Kunci dalam kesuksesan sebuah bisnis adalah menyelesaikan semua hal dan mengerti lebih jelas sebelum kesuksesan itu bergantung pada siapa yang mengatur bisnis tersebut. Patricia Aburdene berkata,"Kepemimpinan yang jutaan manajer lajukan-diam, sederhana, di belakang layar- lebih persuasif dan lebih efektif dibanding dengan manajer yang tegas, kepemimpinan heroik yang kita asosiasikan dengan CEO dan pemimpin lainnya." Joseph Badaracco, penulis Leading Quietly: An Unorthodox Guide to Doing the Right Thing, mengatakan hal yang sama: "Masalah manusia yang penting-termasuk dalam dan di luar organisasi- tidak diselesaikan dengan cepat, dan oleh tindakan yang tegas dari pihak atasan. Tetapi, hal yang biasanya penting adalah peduli, bijaksana, upaya praktis oleh orang-orang yang bekerja jauh dari pusat perhatian.

Dengan mengetahui hal ini, fokus dalam pengembangan kepemimpinan seharusnya dengan menghasilkan pemimpin-pemimpin di tengah organisasi yang memiliki kompetensi etis secara pribadi, yang dapat memberi contoh baik kepada lingkungan sekitarnya, dan yang dapat memberdayakan orang lain untuk bekerja dengan baik dalam cara yang harmobis dan menjaga hubungan yang baik. Pengembangan kepemimpinan ini secara spesifik berfokus pada melatih pemimpin-pemimpin etis di seluruh organisasi.

Featured Post

Karakteristik Meeting Room yang Sesuai untuk Meeting

Karakteristik Meeting Room - Menjamurnya bisnis startup mendorong bermunculannya perusahaan pelayanan coworking space dan private space. Be...