Skip to main content

Belajar Bersyukur Kembali

Suatu hari, gurunda yang mulia berkata kepada saya :

"No, (Panggilan akrab guru saya ke saya. Namaku kan Darsono. Hehehe) sing jenengane menungsa kuwe nduwe sipat ora puas karo apa sing wis deparingna sekang Pengeran. Ora kabehan sih. Enggane dewei gunung emas sekalipun, menungsa tetep bakalan ora puas."

Wah bahasa mana tuh mas? Bahasa Banyumas tuh bos. Hehehe.

Jika saya terjemahkan maka artinya kurang lebih begini, "No, yang namanya manusia itu memiliki sifat atau tabiat kurang puas terhadap segala sesuatu yang telah diberikan oleh Tuhan. Tidak semuanya sih. Andaikata ia diberi gunung emas sekalipun, yang namanya manusia tetaplah tidak akan puas."

Kembali saya teringat nasihat yang mulia dari guru saya tersebut. Lantas, kenapa tiba-tiba saya teringat untaian kalimat itu kembali?

Kebetulan saja dalam hari-hari terakhir di minggu ini ada sedikit perubahan situasi hati pada diri saya. Ceileh, situasi hati. Korban vickinisasi mah ini. Halah!

Ada dua suasana hati yang saling berhadapan di hari-hari terakhir minggu ini. Pertama suasana hati yang bahagia. Sedangkan yang kedua adalah suasana hati yang... ehemmm, rada kecewa ;)

Bahagia karena gaji saya ditempat kerja saya akhirnya naik. Duh bahagianya. Bayangkan saja, sudah lima tahun lebih gaji saya baru naik. Memang sih masih jauh dari UMR, tapi setidaknya instansi dimana tempat saya bekerja tersebut sudah berkenan menaikkan gaji tenaga wiyata bhakti seperti saya dan beberapa rekan lainnya. Dan yang luar biasa hebatnya adalah, kenaikan gaji tersebut dirapatkan bersama. Lho, itu kan sudah biasa mas? Mungkin diperusahaan-perusahaan swasta itu sudah biasa, namun di instansi sekolah, baru kali ini saya mengalaminya.

Biasanya kenaikan gaji tersebut hanya dibicarakan oleh beberapa pihak yang berwenang yang sudah ditunjuk oleh sekolah, namun kali ini benar-benar berbeda. Kenapa? Ya itu tadi, seluruh tenaga wiyata bhakti dikumpulkan untuk dengar pendapat perihal kenaikan gaji yang dihitung per Januari tahun ini.

Lalu kenapa harus ada suasana hati yang rada kecewa? Nah kita lanjutkan.

Kembali ke cerita, rapat tersebut berjalan dengan penuh canda. Eh, serius ini lho :)  Tapi ya namanya juga rapat, walaupun penuh canda, ada saja hal-hal "seru" yang terjadi di rapat itu. Memang sih tidak sempat lempar-lemparan kursi, apalagi nyembunyiin palunya sang ketua rapat. Hahaha. Tapi itu adalah suatu hal yang wajar dan biasa tentunya.

Singkat cerita, selesailah rapat itu dan diputuskanlah berapa-berapa kenaikan gaji untuk masing-masing pegawai. Dan namanya juga kebijakan, mana ada sih kebijakan yang sempurna, apalagi kebijakan tersebut menyangkut banyak orang. Pasti ada yang ngedumel, kecewa, senang, bahagia dan sebagainya.

Dan sekali lagi itu wajar. Bagi yang merasa sudah cukup kenaikannya, kemungkinan mereka akan bahagia. Sedangkan sebaliknya, jika ada yang merasa kurang, pasti dech dongkol adanya. Hehehe.

Lantas dimanakah posisi saya? Dongkol alias kecewa, atau justeru termasuk golongan yang berbahagia?

Karena suasana hati yang saya tulis diblog ini ada dua, yaitu bahagia dan kecewa, bahagia karena naik gajinya, lantas kecewanya dimana?

Ya kecewanya karena saya ingin agar gaji saya di atas 5 juta. Diberi tambahan penghasilan sebanyak 7 juta, diberikan fasilitas tambahan berupa kuda betina, serta mendapatkan batu akik yang harganya ratusan ribu dollar saja. Itu yang bikin saya kecewa! Hahahahaha......... Kuampret lu coy!

Ya begitulah manusia, selalu merasa kurang apa adanya. Maka bersyukur adalah kuncinya. Dan sepertinya saya harus belajar kembali tentang makna syukur yang sesungguhnya.

Nb. Tulisan ini dibuat dengan sesadar sadarnya dan masih hafal sama PANCASILA. So, enjoy aja ;)



Popular posts from this blog

Dream of My Heart

Duhai dewiku yang lembut.... Dengarlah sapaan hatiku.... Masuklah engkau ke tungku asmaraku.... kan kubakar engkau dengan senyum cintaku...... ... ahhh..... Matamu yang sayu, bibirmu yang lembut mengguncang rinduku.... Hoooaaammmhhh……. Aku terbangun dari mimpiku.... Banyumas, 22 Agustus 2011 Dacho Darsono

MENANGGAPI MARAKNYA MINI MARKET

Kurang lebih 10 tahun yang lalu, saya bersama salah satu rekan kerja saya yang berprofesi sebagai guru membicarakan perihal peluang usaha yang sebenarnya masih terbentang luas di negeri ini. Berhubung kami tinggal di kampung, maka kamipun membicarakan peluang-peluang usaha yang bisa kami jalankan di kampung. Nah, waktu itu belum banyak mini market-mini market seperti saat ini. Kemudian timbul ide, kenapa tidak mendirikan mini market saja, bahkan kalau bisa super market? Apa bisa? Lha wong namanya juga ide... Maka dalam ide kami itupun tentu saja sangat bisa untuk mendirikan mini market. Pokok permasalahan awalnya adalah pada dana. Dari mana dananya? Nah lho.... Marilah kita berhitung dengan cara yang bodoh saja.... Hehehe... Misalkan dalam satu kampung ada 3.000 WARGA... lalu setiap warga "urunan" 1.000 rupiah saja, sudah berapa dana yang didapat? 3.000 x 1.000 = 3.000.000 TIGA JUTA RUPIAH Itu baru "urunan" seribuan ... Bagaimana jika 10.000? Tingal kalikan saja...

Supplier Marmer Berkualitas di Indonesia

Mempunyai tempat tinggal dan hunian mewah tentu menjadi idaman setiap orang, selain indah untuk dilihat juga terasa nyaman untuk ditinggali. mempercantik sebuah hunian banyak cara dilakukan oleh setiap orang. agar terlihat wah, biasanya digunakan beragam pernak pernik untuk menghias, seperti batu, keramik, bahkan marmer. Bicara mengenai Marmer, di Indonesia ada sebuah perusahaan bernama Fagetti yang merupakan perusahaan supplier marmer berkualitas yang sudah malang melintang diberbagai proyek besar di banyak kota di Indonesia. Supplier Marmer Berkualitas di Indonesia Sekilas Mengenai Fagetti Didirikan oleh Ferdinand Gumanti, satu-satunya orang di Asia yang menerima gelar "Master of Art Stone" oleh Antica Libera Corporazione Dell'Arte Della Pietra yang bergengsi di Italia, komitmen Fagetti adalah untuk memberikan yang terbaik kepada pelanggan, menyediakan peralatan dengan kualitas terbaik , manufaktur, bahan dan layanan batu. Di pabrik dan gudang seluas 23 hektar di Cibit