Thursday, March 16, 2023

10 Sumber Inspirasi Menulis Untuk Blogger


Salah satu hambatan menjadi seorang blogger adalah keterbatasan ide dalam membuat konten. padahal update konten sangat diperlukan supaya blog tetap terlihat aktif. untuk itu diperlukan sumber inspirasi menulis artikel agar keterbatasan ide dalam membuat konten artikel bisa dihindari dan blog bisa tetap aktif. lalu dari mana saja sumber inspirasi blogger dalam menulis artikel? jawabannya ada banyak. anda bisa memilih berbagai macam inspirasi dibawah yang bisa anda terapkan untuk mengupdate blog anda. berikut ulasan sumber inspirasi menulis untuk blogger.

Pengalaman Hidup Diri Sendiri

Sumber yang pertama adalah dari pengalaman hidup diri sendiri. Sudah berapa banyak hal yang kita lalui dalam hidup? Banyak sekali guys, dari masa kecil, masa sekolah, masa pacaran, hal-hal yang dilalui bareng keluarga, bareng teman-teman, kemudian bisa juga pengalaman prestasi bahkan kegagalan kita.

Ambil sebuah manfaat dari pengalaman yang kita miliki, kemudian tuangkan dalam sebuah tulisan. Pasti luar biasa sekali kalau sampai orang lain membaca dan ikut mendapatkan manfaatnya juga.

Pengetahuan Dan Keahlian

Yang kedua bisa bersumber dari pengetahuan dan keahlian yang kita miliki. Jangan pelit berbagi ilmu, bagikan saja semua yang sobat bisa dan semua yang sobat tahu. Berapa banyak ini kalau sobat tuliskan semua mengenai apa yang sobat ketahui dalam hidup, saya yakin banyak sekali.

Dan semua orang tidak mempunyai pengetahuan yang sama. Ketika kadang sobat menganggap remeh tentang hal yang sobat bisa, terkadang orang lain sedang sangat membutuhkan hal tersebut. Dan ketika sobat menulisnya, siapa tahu bisa menjadi sebuah jalan terang bagi orang lain, luar biasa bukan?

Sumber Inspirasi Dari Kondisi Lingkungan Sekitar

Selanjutnya adalah dari lingkungan tempat tinggal kita atau bisa juga dari lingkungan-lingkungan yang pernah kita lalui dalam hidup kita. Sudah berapa banyak hal yang terjadi dalam lingkup hidup kita selama ini, berapa banyak hal menarik, unik, aneh, menyedihkan, dan hal-hal lain di sekitar kita yang pernah terjadi. Disitu coba sobat ambil sebuah inti manfaat lalu sampaikan dalam tulisan yang sobat buat.

Pengalaman Hidup Orang Lain

Menceritakan pengalaman hidup orang lain juga bisa menjadi inspirasi menulis untuk seorang blogger. Jika sobat pernah mendapatkan sebuah curhatan, pernah menyimak kisah seseorang, pernah mendengar cerita tentang seseorang. Itu juga bisa menjadi sumber inspirasi hlo, asalkan sobat gak mengganggu privacy orang, dan bisa mengambil manfaat atau hikmah lalu disampaikan, itu sangat bagus sekali.

Dari Hobi Yang Disukai

Hobi adalah sebuah hal, aktifitas atau rutinitas yang kita gemari dalam hidup. Dengan menuliskan hal yang kita sukai pasti akan lebih mudah dan menyenangkan bukan? Dengan menuliskan berdasarkan hobi, sobat akan menceritakan sebuah ketertarikan, menceritakan sebuah hal yang menarik untuk orang lain. Karena orang yang sedang menceritakan apa yang mereka sukai akan terlihat lebih mengesankan.

Dari Kabar Yang Diterima Setiap Hari

Menulis juga bisa berupa kabar yang kita terima setiap hari. Apalagi jika sobat adalah orang yang sangat update dengan berita, sampaikan saja berita yang sudah sobat terima tersebut dengan ulasan sobat sendiri. Ini juga sangat cocok jika sobat membuat sebuah blog berupa news update atau mengikuti kabar-kabar dalam bidang tertentu.

Dari Barang-barang Yang Ada Disekitar Kita

Barang juga bisa dijadikan sebuah bahasan hloh. Coba kalau sobat sedang buntu gak ada inspirasi, lihatlah barang-barang disekitar sobat, ada berapa banyak barang? Coba ambil barang yang bisa diulas, bisa saja ada orang-orang yang membutuhkan informasi mengenai barang tersebut.

Selain barang-barang di sekitar kita, sobat juga bisa mengulas atau membuat tulisan tentang barang yang sudah pernah ada, barang yang pernah ditemukan di tempat lain, barang yang sedang diimpikan bahkan barang yang sobat benci saja bisa jadi sebuah sumber inspirasi, tinggal bagaimana sobat memoles dan merangkai kata dalam menyampaikan makna dari barang tersebut.

Bacaan, Tontonan Video Dan Film Yang Dilihat

Lalu selanjutnya juga bisa dari bacaan atau tontonan dalam keseharian kita. Barangkali ada yang hobi membaca bacaan tertentu? Itu sangat bagus juga untuk dijadikan sebuah bahan artikel. Atau yang hobi nontonin video atau film, pasti sobat punya alasan dan sesuatu yang di dapat kan dari tontonan tersebut? Itu juga bisa dijadikan sebuah tulisan.

Dari Impian Yang Kita Miliki

Baiklah sudah sampai di point yang ke 9 sembilan sekarang, sudah jadi berapa artikel tadi kalau sobat mau menulis semua? hehe. Selanjutnya adalah dari impian yang kita miliki. Impian juga bisa jadi sumber yang bagus dengan menceritakan minat, tips dan keinginan itu sendiri.

Bisa dibilang ini juga sebagai penyemangat bagi sobat semuanya, bisa mengingatkan diri kita terhadap impian yang kita miliki. Selain itu juga bisa sebagai penyemangat bagi orang lain yang memiliki impian yang sama dengan sobat.

Dari Masalah Yang Kita Miliki

Sudah sampai pada point ke 10 yakni bersumber dari masalah yang sedang kita hadapi. Menceritakan masalah kita dalam sebuah artikel begitu? curhat maksudnya? Ya terserah, mau curhat boleh, atau bisa juga menyandingkan antara masalah dengan solusinya, kan jadi sangat bagus jika dibaca orang yang memiliki masalah yang sama kemudian mendapat solusi dari tulisan yang sobat bikin. Luar biasa sekali.. hehe

Nah itulah beberapa sumber inspirasi yang bisa digunakan oleh blogger untuk menulis artikel. semoga bermanfaat...

Featured Post

Karakteristik Meeting Room yang Sesuai untuk Meeting

Karakteristik Meeting Room - Menjamurnya bisnis startup mendorong bermunculannya perusahaan pelayanan coworking space dan private space. Be...