Tuesday, September 22, 2020

Pentingnya Pendidikan Non-Formal untuk Mengembangkan Bakat Anak Usia Dini

Pendidikan merupakan senjata paling ampuh untuk mengubah dunia

-Nelson Mandela

Sependapat dengan pernyataan kutipan dari Nelson Mandela diatas, bahwa pendidikan memang sangat penting. semua orang tua tentunya ingin anaknya memperoleh pendidikan yang layak. karena itu tak sedikit orang tua yang rela mengeluarkan biaya banyak demi anaknya memperoleh pendidikan yang baik. ya, hal itu wajar karena Anak merupakan aset berharga keluarga. semua orang tua tentu ingin anaknya bisa tumbuh berkembang sesuai apa yang diharapkannya. untuk itu memberikan pendidikan bagi anak sejak usia dini menjadi sangat penting.

Lalu Pendidikan seperti apa yang perlu diberikan kepada anak?

menurut kami, tidak peduli apapun jenis pendidikannya sudah menjadi kewajiban bagi orang tua untuk menyediakan fasilitas pendidikan terbaik bagi anak. setidaknya ada 2 jenis pendidikan menurut kelembagaan yang menyelenggarakan. Pendidikan Apa saja itu?




Pendidikan Formal

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Pendidikan Formal adalah segenap bentuk pendidikan atau pelatihan yang diberikan secara terorganisasi dan berjenjang, baik yang bersifat umum maupun yang bersifat khusus.

Pengertian Pendidikan Formal Secara Umum adalah kegiatan yang sistematis, berstruktur, bertingkat, berjenjang, dimulai dari sekolah dasar sampai dengan perguruan tinggi dan yang setaraf dengannya termasuk ke dalamnya yaitu kegiatan program studi yang berorientasi akademis maupun umum, program spesialisasi, dan latihan profesional, yang dilaksanakan dalam waktu yang terus menerus, dan mempunyai standar kurikulum yang jelas. Selain itu, pendidikan formal merupakan lembaga pendidikan yang ditempuh melalui jalur institusi yang sudah ditentukan dan ditetapkan,serta diatur oleh sekelompok orang yang mempunyai kewenangan yang dalam hal ini lembaga pemerintah atau sebuah yayasan.

Pengertian Pendidikan Non-Formal

Lantas apa yang dimaksud dengan pendidikan non formal? pengertian pendidikan non formal merupakan jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan dan ditempuh secara berjenjang dan terstruktur  sesuai dengan UU Nomer 20 Tahun 2003 Pasal 1 ayat 2 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Pendidikan non formal adalah jalur pendidikan yang ditempuh dengan tujuan untuk mengganti, menambah, dan melengkapi, serta menyempurnakan pendidikan formal. Pendidikan ini dapat diselenggarakan oleh lembaga khusus yang ditunjuk oleh pemerintah dan sudah memiliki ijin dengan berpedoman pada standar nasional pendidikan. Dan karena berpedoman pada standar dan kurikulum nasional pendidikan maka hasil dari pendidikan non formal tersebut dapat dinilai setara dengan pendidikan formal.

Perbedaan Pendidikan Formal dan Non-Formal

perbedaan pendidikan formal dan non-formal hanya terletak pada lembaga pendidikan yang yang menyelenggarakan. jika pendidikan formal diselenggarakan oleh pemerintah atau badan swasta dengan ijin pemerintah dengan standar kurikulum pendidikan yang sudah ditetapkan. sedangkan pendidikan non-formal diselenggarakan oleh badan swasta yang diijinkan pemerintah namun dengan standar kurikulum yang berbeda sebagai penunjang pendidikan non-formal seperti kursus, bimbel, dll.

Pentingnya Pendidikan Non-Formal untuk Mengembangkan Bakat Anak Usia Dini

Adanya pendidikan formal yang sudah jelas, membuat pendidikan non-formal sedikit dikesampingkan oleh sebagian masyarakat. padahal pendidikan non-formal juga sama pentingnya dengan pendidikan formal. bagaimana tidak? pendidikan non formal hadir sebagai pelengkap dan penambah pendidikan formal. selain itu pendidikan non-formal juga mampu mengasah bakat anak usia dini yang notabene masih dalam masa pertumbuhan dan perkembangan, contohnya dengan mengikuti kursus kesenian, keterampilan, atau olahraga. biasanya anak usia dini sangat menyukai seni, jadi anda bisa memberikan pendidikan non formal kepada anak melalui kursus seni. salah satu contoh pendidikan non formal yang dapat mengasah dan mengembangkan bakat anak dibidang seni adalah KBL Performing Arts.

Mengenal KBL Performing Arts, Lembaga Kursus dibidang Seni

KBL Performing Arts merupakan lembaga kursus Menyelenggarakan Pendidikan seni vocal, music, tari yang berorientasi pada pengembangan Teknik seni vocal, music, tari serta kualitas penampilan anak didik dengan terus mengikuti perkembangan musik dan ilmu terbaru.



Mengapa Harus Kursus di KBL Performing Arts?

Di Indonesia terdapat Pendidikan formal maupun non-formal atau Pendidikan luar sekolah, keduanya dibutuhkan serta saling menunjang untuk memenuhi kebutuhan ketrampilan anak didik.

Pendidikan non-formal diperlukan untuk memaksimalkan potensi anak didik,salah satunya di bidang seni khususnya seni vocal atau tarik suara, seni music dan seni tari. Dalam bidang jasa seni tentu saja diperlukan kualitas pengajar yang terampil di bidangnya serta Teknik yang telah teruji manfaatnya bagi seluruh anak didik. Banyak manfaat yang diperolah dari berlatih seni vocal, music serta tari selain mengasah bakat atau menjadi seorang pekerja seni professional, manfaat lainnya melatih fisik melalui Teknik pernapasan yang benar dan membuat hati menjadi lebih senang dengan bernyanyi, bermain alat music atau menari.

Untuk itu KBL Performing Arts hadir untuk menjawab kebutuhan akan Pendidikan ilmu seni di Indonesia.

Kutipan diatas adalah sekilas pengenalan dan tujuan dari KBL Performing Arts. dari kutipan itu juga sudah bisa Anda ketahui mengapa harus memilih KBL. selain memaksimalkan keterampilan anak didik dibidang seni, KBL juga mempunyai pengajar yang sudah terampil dan teruji dibidangnya dan tentu saja menyiapkan bibit pekerja seni profesional. di KBL Performing Arts ada beberapa kursus yang bisa anda pilih mulai dari Kursus Vokal, Kursus Musik, Kursus Tari, dan Kursus Modelling.

Setiap kursus, baik itu Kursus Vokal, Kursus Musik, Kursus Tari, Kursus Modelling menyediakan kelas yang berbeda sesuai tahapan perkembangan kemampuan peserta didik. beberapa kelas kursus terbagi menjadi kelas basic, intermediate, pre advance, dan advance dengan harga yang terjangkau. nah pembagian kelas inilah yang menjadi kelebihan KBL Performing Arts, peserta didik akan mampu mengikuti kursus sesuai dengan kemampuannya saat itu.




Jika tertarik mengikuti kursus dari KBL Performing Arts anda bisa melihat informasi selengkapnya di situs kbl.co.id

Akhir Kata

Pendidikan non-formal sama pentingnya dengan pendidikan formal, jadi tidak perlu ragu lagi untuk memberikan pendidikan non-forma bagi anak usia dini.

Featured Post

Karakteristik Meeting Room yang Sesuai untuk Meeting

Karakteristik Meeting Room - Menjamurnya bisnis startup mendorong bermunculannya perusahaan pelayanan coworking space dan private space. Be...