Friday, September 18, 2020

Review Pipa Rucika: Bahan, Kegunaan, Variasi, Ketahanan dan Harga

Pipa Rucika merupakan salah satu brand pipa air di Indonesia. Brand satu ini sangat terkenal dan banyak digunakan di kalangan masyarakat. Namun apakah benar-benar sangat berkualitas dan worth it sehingga begitu laris di pasaran? Berikut adalah review pipa rucika dari sisi bahan, kegunaan, variasi, ketahanan serta yang dimilikinya. 

Pipa Air Rucika

Bahan Pipa Rucika

Pipa air dengan brand satu ini memiliki kualitas yang tentu tidak diragukan lagi. Salah satu keunggulan dari segi bahan yaitu dikenal dengan material ramah lingkungan. Hal tersebut karena terbuat dari bahan resin uPVC yang merupakan suatu termoplastik dapat didaur ulang.

Bahan resin uPVC (unplasticized Polyvinyl Chloride) yang dipilih oleh perusahaan pembuat pipa rucika tentu memiliki kualitas terbaik pada bidangnya. Jadi tentu tidak perlu diragukan kemampuannya untuk bisa didaur ulang dan membaur dengan lingkungan tanpa mencemari.

Selain itu, pipa rucika diproduksi dengan berbagai bahan dan proses yang khusus sehingga bisa tahan terhadap sinar UV matahari. Bahkan material khas di dalamnya membuat brand ini kebal dengan suasana asam atau basa sekalipun.

Kegunaan Pipa Rucika

Semua kalangan baik dari rumah tangga sampai industri sebagian besar pasti menggunakan brand ini. Hal tersebut tentu karena rucika bisa menjadi produk multi fungsi. Selain digunakan untuk pipa saluran air, ternyata juga bisa sebagai selubung dari kabel listrik.

Tentu ini karena sifat dari pipa rucika yang isolator sehingga tidak mudah terbakar atau menimbulkan percikan api. Jadi bisa dimanfaatkan untuk instalasi kabel listrik yang rapi dan aman untuk tempat tinggal serta bangunan Anda lainnya.

Brand satu ini menyediakan banyak sekali ukuran sehingga tentu bisa disesuaikan dengan kegunaan Anda. Baik itu untuk kebutuhan rumah tangga, kantor atau perusahaan, bahkan pabrik atau industri sekalipun. Jadi jangan khawatir tidak akan mendapatkan ukuran yang sesuai.

Variasi dan Jenis Pipa Rucika

Di review pipa rucika dalam sisi variasi, brand ini memiliki dua model berbeda. Pertama yaitu tipe AW yang merupakan jenis Pipa PVC paling tebal sehingga cocok untuk menahan tekanan sampai 10 kg/cm2. Biasanya diaplikasikan untuk saluran bertekanan tinggi dengan bantuan pompa air.

Pipa PVC

Sedangkan kedua yaitu tipe D. Varian ini memiliki ketebalan sedang (lebih tipis dari AW) dan dapat menahan tekanan sampai 5 kg/cm2. Biasanya aplikasinya ditemukan pada saluran pembuangan air kotor dari dalam ke luar rumah.

Selain itu, produk ini juga unggul dalam aksesori pelengkapnya. Pihak produsen menyediakan berbagai kelengkapan pendukung lengkap yang berkualitas untuk membantu menciptakan saluran air sempurna dari rucika. Tersedia pula lem RUGLue khusus merekatkan pipa saat pemasangan.

Lem RuGlue


Ketahanan dan Harga Pipa Rucika

Dari sisi ketahanan, pipa rucika memiliki kualitas karena bahan pembuatnya yaitu resin uPVC (unplasticized polyvinyl chloride). Maka dari itu brand ini dapat tahan terhadap korosi bahkan sampai tiga puluh tahun. Tentunya hal tersebut akan menguntungkan Anda sebagai penggunanya.

Selain itu, material khusus pada pipa rucika yang membuat tahan terhadap sinar UV serta keadaan asam maupun basa juga sangat menguntungkan dari segi ketahanan. Apalagi di negara dengan iklim tropis seperti Indonesia, tentu akan sangat sering terjadi perubahan iklim, suhu dan kelembaban.

Sedangkan untuk harga pipa air rucika, tentunya sebanding dengan berbagai kualitas dan spesifikasi yang ditawarkan. Jadi Anda jangan khawatir, tidak akan merogoh kantong terlalu banyak. Biasanya tipe D harganya lebih murah daripada AW karena tingkat ketebalannya.

Jadi itulah review pipa rucika dari segi bahan, kegunaan, variasi serta ketahanan dan harganya. Semoga bermanfaat.

Featured Post

Karakteristik Meeting Room yang Sesuai untuk Meeting

Karakteristik Meeting Room - Menjamurnya bisnis startup mendorong bermunculannya perusahaan pelayanan coworking space dan private space. Be...