Thursday, April 13, 2023

Komunikasi Bisnis Penulisan Direct Request

Penulisan Direct Request

Direct Request (Permintaan Langsung) sering diartikan kurang tepat sebagai permintaan barang dan jasa secara langsung yang dilakukan dengan tatap muka (face to face). Dalam konteks yang lebih luas Direct Request dapat diartikan sebagai “Suatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau suatu organisasi (Bisnis maupun Nonbisnis) pada pihak lain (Seseorang atau Individu atau Organisasi) untuk meminta berbagai informasi yang penting dan dengan segera dan menggunakan berbagai media komunikasi yang ada, termaksud media elektronik”.

Pengorganisasiannya ketika audience mulai tertarik dengan apa yang disampaikan atau paliing tidak mau bekerjasama dengan komunikator, maka pesan-pesan bisnis sebaiknya disampaikan melalui pendekatan langsung pada bagian awal, sajikan ide-ide pokok yang diikuti dengan fakta-fakta. Bagian pertengahan surat Direct Request biasanya menjelaskan permintaan yang sebenarnya. Pada bagian terakhir, menyatakan dengan jelas tindakan apa yang diinginkan.

Pembukaan

Pada kalimat permulaan anda harus menyatakan permintaan secara lebiih khusus yang memungkinkan pembaca dengan mudah dapat memahami maksud isi dari surat tersebut.

Penjelasan Rinci

Anda perlu membuat kalimat pertama di bagian pertengahan surat dengan berorientasi pada pemberian manfaat bagi pembaca. Pendekatan lain yang dapat diterapkan adalah membuat serangkaian pertanyaan terutama jika permintaan anda menyangkut perlengkapan yang sangat kompleks.

Penutup

Diisi dengan permintaan beberapa tanggapan khusus, lengkap dengan batas waktunya, dan ekspresi terhadap apresiasi ataupun pemberian good will

Permintaan Informasi Rutin

Dalam membuat surat permintaan rutin perlu diperhatikan tiga pertanyaan berikut ini : (1) apa yang ingin diketahui; (2) mengapa hal tersebut perlu dikrtahui; (3) mengapa hal ini dapat membantu.

Permintaan di dalam Organisasi

Beberapa pesan permintaan dapat dibuat lebih permanen dalam bentuk tertulis seperti memo. Memo dalam bentuk tertulis dapat lebih mempersingkat waktu dan membantu audience mengetahui secara tepat apa yang diinginkan.

Permintaan ke Luar Organisasi

Pengiriman surat ke luar organisasi atau perusahaan untuk memperoleh berbagai informasi penting, seperti informasi produk baru, catalog buku-buku terbaru, keinginan untuk menjalin kerjasama bisnis, keinginan untuk berlangganan Koran, tabloid, majalah. Dalam hal ini diperlukan tiga hal yaitu : (1) Dimana anda membaca iklan tersebut (Nama Surat Kabar, Halaman, Tanggal, Hari, Bulan, Tahun); (2) Jelaskan apa yang anda inginkan atau maksud; (3) Cantumkan alamat anda yang jelas dan lengkap untuk balasan surat anda tersebut.

Komunikasi Bisnis Penulisan Direct Request
Komunikasi Bisnis Penulisan Direct Request

Menulis Direct Request untuk Pengaduan

Surat Pengaduan(Claim Letter) dan surat Penyesuaian(Adjustment Letter) penting artinya bagi manajer organisasi suatu perusahaan khususnya dalam kaitannya dengan indikasi bagaimana pelayanan anda terhadap konsumen. Dalam Direct Request, anda mungkin meminta salah satu dari berikut ini.
  1. Pengembalian barang yang sudah di beli dan meminta uang kembali sejumlah barang tersebut(Refund).
  2. Meminta pengiriman barang yang baru sesuai yang dipesan. 
  3. Mengganti sebagian atau seluruh bagian yang rusak. 
  4. Perbaikan gratis. 
  5. Pengurangan harga karena produkknya ada yang cacat atau rusak. 
  6. Pembatalan atas pesanan suatu produk. 
  7. Pembetulan atas kesalahan penagihan produk. 
  8. Koreksi atas kesalahan dalam nota pembayaran. 
  9. Penjelasan atas perubahan kebijakan atau prosedur.

Kebanyakan organisasi perusahaan yang progresif ingin mengetahui apakah anda merasa puas(Satisfied) atau tidak puas(Dissatisfied) terhadap produk atau jasa (Dalam pelayanan yang mereka berikan). Konsumen yang puas memberi dampak Positive bagi suatu organisasi, sedangkan yang tidak puas atau marah akan berdampak Negative karena secara langsung atau tidak langsung akan member tahukan kepada orang lain yang akhirnya memberikan opini buruk terhadap organisasi tersebut. Oleh karena itu dalam menulis surat pengaduan perlu diperhatikan beberapa hal :
  • Jelaskan masalah yang anda hadapi secara rinci.
  • Lampirkan informasi pendukung, seperti faktur pembelian 
  • Usahakan nada surat anda tidak marah atau emosional.

Surat Undangan, Pesanan, dan Reservasi

Surat Undangan

Pendekatan Langsung dalam menulis surat undangan mencakup tiga komponen, yaitu ide pokok (Main Idea), penjelasan rinci (Explanations), dan penutup (Close Courtesy).

Surat Pesanan dan Reservasi

Surat Pesanan paling tidak mencakup tiga komponen penting yaitu, pernyataan rinci apa yang anda pesan, metode pengirimannya, dan vcara pembayarannya.

Permintaan Kredit

Kepercayaan lembaga perkreditan tergantung pada bagaimana prestasi anda dalam melunasi kredit anda sebelumnya. Dua tahap yang perlu diperhatikan dalam memperoleh kredit adalah, mengisi formulir yang telah disediakan lembaga perkreditan yang ada; dan mengirimkan atau melampirkan berbgai data pendukung penting yang diperlukan dalam proses kredit tersebut. Data pendukung ini mencakup antara lain, kartu tanda pengenal, laporan keuangan tahun terakhir, data pendukung lainnya, serta surat permohonan kredit (Credit Request). Lampirkan juga jenis usahanya, dan besarnya jumlah kredit yang diminta, juga harus didukung dengan dokumentasi penting dan prospek bisnis anda di masa depan. Untuk menilai kekayaan anda dalam memperoleh kredit, baik dilihat daeri d]sisi besarnya kredit maupun jangka waktu pengembaliannya.

Wednesday, April 12, 2023

Strategi penulisan untuk permintaan pesan pesan rutin

Pengorganisasian permintaan pesan rutin dan good news dalam dunia bisnis menggunakan metode langsung. Menorganisasikan dan menulis pesan rutin dan good news merupakan bagian penting komunikasi yang efektif.


Keunggulan dan kelemahan pendekatan langsung

Keunggulan :
  • Meningkatkan pemahaman secara komprehensif ketika pertama kali membaca suatu pesan
  • Menekankan pada hasil suatu analisis yang telah dilakukan. 
  • Menghemat waktu bagi pembaca

Kekurangan :
  • Orang cenderung menyampaikan pesan sesuai cara berpikirnya
  • Kesulitan mengubah pola pikir to the point

Strategi permintaan pesan pesan rutin

Menulis pesan rutin dimulai dengan ide pokok secara tegas, selanjutnya ikuti penjelasan yang lebih rinci tentang apa dan bagaimana permintaan pesan rutin dikehendaki., bagian tengah diberi pernyataan yang menarik perhatian. Bagian akhirnya beri pernnyataan keramahan, apresiasi dan tindakan khusus yang diinginkan.

Strategi penulisan pesan-pesan positif

Bagian pertama ditulis ide pokok dengan pernyataan yang jelas agar menarik perhatian. Bagian tengahnya sampaikan secara rinci supporting idea. Dan bagian akhirnya berikan kesan yang baik.

Untuk lebih jelasnya adalah sebagai berikut :

a. Ide pokok yang jelas

Penulissan pesan positif menggunakan metode pendekatan langsung dengan diawali ide pokok/

b. Penjelasan rinci

Bagia pertengahannya memiliki bahasan yang banyak dan cukup rinci, sehingga prlu dijelaskan poin poin secara lengkapa agar pembaca tidak bingung.

c. Penutup surat

Akhiri bagian penutup surat dengan keramahan dan kesopanan.

Pesan –pesan good news dan good will

Adalah pesan-pesan bisnis yang memberikan kesan positif dan menyenangkan kepada pihak lain,

Good news tentang pekerjaan

Umumnya kabar baik diumumkan melalaui pendekatan langsung, tetapi, tidak menutup kemungkinan jika menggunakan metode tidak langsung terutama jika pesannya disampaikan lisan.


Good tentang produk

Untuk menjaga pelanggannya perusahaan mengembangkan strategi bisnis dengan penetapan harga produk yang kompeteitif, produk yang berkuaitas, promosi yang tepat, dan sluran distribusi yang tepat. Good news produk antara lain:
  • Pemberian diskon
  • Buy 3 get 1 
  • Pemberian kupon 
  • Perolehan hadiah 
  • Produk yang rusak dapat dikembalikan 
  • Jaminan harga murah 
  • Layanan garansi 3 tahun

Pesan pesan goodwill

Goodwill adalah suatu persaaan positif yang dapat mendorong orang untuk menjaga hubungan bisnis. Pesan pesan goodwill dapat disampaikan melalui pemberia ucapan selamat.

Menulis jawaban positif

Untuk memeberi jawaban atas permintaan informasi positif tersebut digunakan pendekatan langsung, dimulai dengan pernyataan positif da menyenangkan, dan diakhiri dengan pernyataan hormat.

Surat konfirmasi pesan

Surat konfirmasi menjelaskan kepada pelanggan bahwa pesanan produknya telah diterima. Pada umumnya surat konfirmasi diperlukan apabila terdapat pesanan produk dalam jumlah yang besar. Dngan pendekatan langsung, paragraf pertama berisi berita baik yaitu sedang dalam proses pengecekan dan pengiriman. Bagian pertengahan berisi rangkuman transaksi secara akurat, kapan dikirim, berapa biaya pengiriman, cara membayar, dll. Dan bagian akhirnya meyakinkan pemesan apa yang akan dilkukan selanjutnya da manfaat yang diperoleh serta mengucapkan terima kasih.

Strategi penulisan untuk permintaan pesan pesan rutin
Strategi penulisan untuk permintaan pesan pesan rutin

Menjawab permintaan informasi

Informasi mungkin tidak dapat diperoleh dengan segera dan keputusan mengambil tindakan dilakukan oleh manajer yang lebih tinggi. Oleh karena itu pengambilan keputusan telatif lambat, namun permintaan informasi dari pelanggan harus direpo cepat.

a. Menjawab permintaan dengan penjualan potensial

Ketika menjawab permintaan informasi yang mencakup penjualan potensial terdapat 3 tujuan utama yaitu
  1. Menjawab semua pertanyaan.
  2. Mendorong penjualan yang akan datang 
  3. Memberi kesan yang baik

b. Menjawab permintaan tanpa penjualan

  1. Menjawab semua pertanyaan
  2. Memberikan kesan yang baik

Ini dilakukan semata-mata untuk menanggapi permintaan informasi yang diminta pelanggan.

Menangani permintaan kredit

Kredit pada dasarnya adalah bentuk kepercayaan dari lembaga kepada nasabah untuk berbagai kepentingan. Oleh karena itu kredit merupakan sesuatu yang biasa dalam masyarakat, kebanyakan permintaan kredit bersifat rutin seperti persetujuan kredit dan referensi kredit.

Persetujuan kredit

Surat yang memberikan goodnews kepada pihak lain. Pembuka berisi ide pokok yang berisi persetujuan pemberian kredit, pertengahannya peretujuan berisi beberapa hal seperti jatuh tempo, tanggal rekening dikirim, bunga dan administrasi, dll.

Memberikan referensi kredit

Kadang kala permohonan kredit kepada suatu lembaga perbankan tidak memerlukan surat rekomendasi, dan hanya tertentu saja. Ada hal yang perlu diperhatikan dalam surat rekomendasi yaitu:
  • Permohonan surat suret rekomendasi harus resmi dan disahkan
  • Nyatakan sesuai fakta

Surat rekomendasi dan pemberitahuan

Surat rekomendasi merupakan salah satu bentuk informasi positif yang berkaitan erat dengan orang. Surat rekomendasi memiliki beberapa karakteristik antara lain :
  1. Nama lengkap pemohon
  2. Pekerjaan atau manfaat yang diharapkan pemohon 
  3. Penulis sedang menjawab suatu permohonan atau atas inisiatifnya sendiri 
  4. Hakikat hubungan antara penulis dan pemohon 
  5. Fakta-fakta yang relevan dengan posisi.

Surat rekomendasi biasanya bersifat rahasia sehingga tidak diperkenankan melihat surat rekomndasi tersebut.

Tuesday, April 11, 2023

Lingkungan Global dalam SDM dan Persamaan Hak/Equal Employment

Lingkungan Eksternal dan Internal MSDM

Analisis Lingkungan Eksternal

Analisis lingkungan eksternal akan menghasilkan peluang dan ancaman perusahaan. Lingkungan eksternal perusahaan terdiri dari tiga perangkat faktor, yaitu lingkungan jauh, lingkungan industri dan lingkungan operasional.

Lingkungan jauh terdiri dari dari faktor-faktor yang bersumber dari luar, dan biasanya tidak berkaitan dengan situasi operasi perusahaan tertentu, yaitu faktor ekonomi, sosial-budaya, teknologi, demografi, politik-hukum, dan ekologi.

Lingkungan insudtri terdiri dari persaingan diantara anggota industri, hambatan masuk, produk substitusi, daya tawar pembeli dan daya tawar pemasok. Lingkungan operasional meliputi faktor-faktor yang mempengaruhi situasi persaingan perusahaan, yaitu posisi bersaing, profil pelanggan, pemasok, kreditor, dan pasar tenaga kerja.

Ketiga faktor tesebut memunculkan peluang dan ancaman dalam memasarkan produk secara menguntungkan.
 

Analisis Lingkungan Internal

Analisis lingkuangan internal akan menghasilkan kekuatan dan kelemahan perusahaan. Analisis Internal Perusahaan dikenal juga dengan nama Analisis Profil Perusahaan. Analisis ini menggambarkan kekuatan perusahaan, baik kuantitas maupun kualitas pemasaran, sumberdaya manusia, sumberdaya fisik, operasi, keungan, manajemen dan organisasi.

Kekuatan dan kelemahan Pemasaran dapat dilihat dari reputasi perusahaan, pangsa pasar, kualitas produk, kualitas pelayanan, efektifitas penetapan harga, efektifitas distribusi, efektifitas promosi, kekuatan penjualan, efektifitas inovasi dan cakupan geografis.

Kekuatan dan kelemahan sumberdaya manusia dapat ditunjukkan dari manajemen sumberdaya manusia, ketrampilan dan moral karyawan, kemampuan dan perhatian manajemen puncak, produktivitas karyawan, kualitas kehidupan karyawan, fleksibilitas karyawan, ketaatan hokum karyawan, efektivitas imbalan dalam memotivasi karyawan, dan pengalaman karyawan.

Keuangan terdiri dari ketersediaan modal, arus kas, stabilitas keuangan, hubungan dengan pemilik dan investor, kemampuan berhubungan dengan bank, besarnya modal yang ditanam, keuntungan yang diperoleh (nilai saham), efektivitas dan efisiensi system akuntansi untuk perencanaan biaya-anggaran dan keuntungan dan sumber tingkat perusahaan.

Operasi meliputi fasilitas perusahaan, skala ekonomi, kapasitas produksi, kemampuan berproduksi tepat waktu, keahlian dalam berproduksi, biaya bahan baku dan ketersediaan pemasok, lokasi, layout, optimalisasi fasilitas, persediaan, penelitian dan pengembangan, hak paten, merk dagang, proteksi hukum, pengendalian operasi dan efisiensi serta biaya-manfaat peralatan.

Kekuatan dan kelemahan organisasi dan manajemen dapat diperoleh dari struktur organisasi, citra dan prestasi perusahaan, catatan perusahaan dalam mencapai sasaran, komunikasi dalam organisasi, system pengendalian organisasi keseluruhan, budaya dan iklim organisasi, penggunaan system yang efektif dalam pengambilan keputusan, system perencanaan strategic, sinergi dalam organisasi, system informasi yang baik dan manajemen kualitas yang baik. 


Lingkungan Global dalam SDM dan Persamaan Hak/Equal Employment
Lingkungan Global dalam SDM dan Persamaan Hak/Equal Employment

 

Persamaan Hak SDM

Kesetaraan Kesempatan Bekerja atau Equal Employment Opportunity (EEO)

Salah satu isu terkait kebijakan dan praktek MSDM adalah mengenai kesetaraan kesempatan kerja atau Equal Employment Opportunity (EEO). kesetaraan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan berarti kesempatan yang sama bagi setiap individu untuk menempati jabatan atau pekerjaan tertentu tanpa memandang jenis kelamin atau gender, maupun kekurangan fisik dan perbedaan agama, kepercayaan dan etnis. Equal employment opportunity adalah the equal right of all citizens to the opportunity to obtain employment regardless of their gender, age, race, country of origin, religion, or disabilities. Kesetaraan kesempatan bekerja ini adalah konsep yang luas yang menunjukkan bahwa setiap orang harus mendapat perlakuan yang sama pada semua tindakan yang berhubungan dengan pekerjaan. Kesetaraan dan keadilan gender dalam pekerjaan dapat terlaksana dengan dihapuskannya diskriminasi dalam pekerjaan, dan perolehan hak serta perlakuan yang sama dalam bekerja. Persamaan kesempatan dalam bekerja dan memperoleh pekerjaan ini, tercantum juga dalam konvensi ILO, Discrimination (Employment and Occupation) Convention No.111, Concerning Discrimination In Respect of Employment and Occupation yang ditetapkan tanggal 25 juni 1958 dan diberlakukan 15 Juni 1960. Konvensi ini berisi 8 artikel yang berisi tentang diskriminasi dalam pekerjaan, yang menegaskan bahwa istilah ”diskriminasi” meliputi setiap pembedaan, pengecualian atau pengutamaan atas dasar ras, warna kulit, jenis kelamin, agama, keyakinan politik, kebangsaan atau asal-usul sosial yang berakibat meniadakan dan mengurangi persamaan kesempatan; juga menegaskan bahwa untuk tujuan Konvensi ini, istilah pekerjaan dan jabatan meliputi juga kesempatan mengikuti pelatihan keterampilan, memperoleh pekerjaan dan jabatan tertentu dan syarat-syarat kondisi kerja. Indonesia telah meratifikasi Konvensi ini melalui Undang-Undang No. 21 Tahun 1999 tentang Pengesahan ILO Convention No.111 Concerning Discrimination In Respect of Employment and Occupation (Konvensi ILO mengenai diskriminasi dalam pekerjaan dan jabatan). Sejalan dengan Konvensi ILO no.111 tahun 1958, pada tahun 1957 telah dikeluarkan kesepakatan untuk pengupahan yang sama bagi laki-laki dan perempuan melalui Konvensi ILO no.100 mengenai Pengupahan Bagi Laki-Laki Dan Wanita Untuk Pekerjaan Yang Sama Nilainya, yang juga telah diratifikasi ke dalam Undang-Undang no. 80 tahun 1957 tentang Persetujuan Konvensi ILO no.100. Sejak diratifikasinya kedua Konvensi ini berarti negara Indonesia telah menyetujui dan mengesahkan hasil dari Konvensi dan memberlakukannya sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, di samping itu setiap negara yang telah meratifikasi konvensi ILO harus menjalankan isi Konvensi tersebut bersama-sama dengan ILO sendiri; sehingga disusunlah suatu guideline untuk pelaksanaan persamaan kesempatan bekerja (EEO) di Indonesia, hal ini dimaksudkan agar organisasi-organisasi dan perusahaan di Indonesia memiliki arah dan pedoman untuk melaksanakan persamaan kesempatan bekerja (EEO) sesuai dengan prinsip-prinsip EEO. Prinsip EEO yang utama yaitu “a fair chance for everyone at work”, dimana setiap orang harus memiliki akses yang equal, dan dalam pekerjaan setiap orang harus memiliki kesempatan yang equal untuk memperoleh training dan promosi serta kondisi kerja yang fair. EEO tidak mengasumsikan bahwa setiap orang memiliki kemampuan yang sama, kualifikasi yang sama dan pengalaman yang sama tetapi bertujuan memberikan setiap orang kesempatan yang sama (equal chance) untuk menggunakan dan mengeluarkan seluruh bakat dan kemampuannya.

Pentingnya Kedisiplinan Bagi Mahasiswa

Disiplin penting dilakukan oleh setiap orang agar sukses meraih cita-citanya tidak terkecuali para pelajar. Mengingat akan betapa pentingnya kedisiplinandimiliki oleh setiap pelajar, maka perihal disiplin wajib diajarkan oleh setiap sekolah maupun kampus. Tujuan pembelajaran kedisiplinan bagi pelajar adalah agar para pelajar/mahasiswa mampu membuat dirinya disiplin dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam masyarakat maupun nusa dan bangsa.

Namun kurangnya pengetahuan tentang peraturan, prosedur, dan kebijakan yang ada merupakan penyebab terbanyak tindakan indisipliner. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut pihak yang terkait (sekolah/kampus) sebaiknya memberikan program orientasi kepada angotanya (dalam hal ini berarti pelajar). Selain memberikan orientasi, sekolah/kampus harus menjelaskan secara rinci peraturan peraturan yang sering dilanggar, berikut rasional dan konsekwensinya. Demikian pula peraturan/prosedur atau kebijakan yang mengalami perubahan atau diperbaharui, sebaiknya diinformasikan melalui diskusi aktif.

Pengertian kedisiplinan

Pada hakekatnya kedisiplinan merupakan bagian dari pendidikan karena tanpa disiplin tidak ada yang namanya pendidikan. Pendidikan adalah suatu proses yang perlu dibiasakan pelaksanaannya, seperti norma-norma yang dianggap baik dan berlaku dalam masyarakat. Pengertian disiplin adalah kepatuhan untuk menghormati dan elaksanakan suatu sistem yang mengharuskan orang tunduk pada putusan, perintah atau peraturan yang berlaku. Kepatuhan seseorang terhadap keputusan atau peraturan yang dibuat dan diberlakukan bagi dirinya sendiri. Atau dengan kata lain Kedisiplinan adalah suatu kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui proses dari serangkaian perilaku yang menunjukan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, kesetiaan, keteraturan dan ketertiban.

Faktor yang mempengaruhi kedisiplinan

  1. Kelarga
  2. Sekolah 
  3. Masyarakat 
  4. Lingkungan bermain 
  5. Media cetak/elektronik 
  6. Dll.

Pentingnya disiplin

Tingkat kedisiplinan seseorang menunjukkan derajat kesungguhan seseorang. Tidak sedikit orang yang sukses karena kesungguhan (dedikasi) yang tinggi. Orang yang disiplin akan mempunyai kecerdasan praktis artinya seseorang yang disiplin tidak hanya cerdas dalam berkonsep tetapi juga akan berkemampuan dalam mengimplementasikan dalam kehidupannya. Orang yang disiplin menunjukkan dedikasi yang tinggi atau kemampuan kesungguhan yang tinggi dalam mengerjakan sesuatu. Kesuksesan akan dicapai oleh orang yang berdedikasi tinggi yakni orang yang kesehariannya bertindak disiplin. Individu yang disiplin akan lebih mampu mencapai target yang telah ditentukan yang pada akhirnya akan membawa pada kesuksesan. Semakin tinggi berdisiplin, maka akan semakin tinggi dedikasinya. Semakin tinggi dedikasi seseorang akan semakin mampu menghadapi berbagai rintangan atau hambatan, sehingga orang yang semakin disiplin akan semakin mampu mencapai kesuksesan.

Dalam subjek yang lain yaitu untuk mahasiswa Sikap disiplin sangat mempengaruhi kegiatan perkuliahan dan prestasi dari mahasiswa tersebut. Jika mempunyai sikap disiplin yang dari kesadaran sendiri, kegiatan perkuliahan mahasiswa lancar dan prestasi meningkat. Tidak hanya dalam kehidupan perkuliahan, tapi sikap ini juga diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Berinteraksi dengan orang banyak membutuhkan sikap disiplin dan sikap mempunyai komitmen dalam mengerjakan suatu kewajibannya. Jika tidak disiplin, mahasiswa secara tidak langsung akan dituntut untuk menjadi seorang yang disiplin oleh lingkungan disekitarnya karena tugas-tugas dan kegiatan perkuliahan yang padat merupakan kewajiban dari mahasiswa itu dan bisa berjalan dengan lancar jika dijalani dengan sikap disiplin

Pentingnya Kedisiplinan Bagi Mahasiswa
Pentingnya Kedisiplinan Bagi Mahasiswa

Menanamkan kedisiplinan

Untuk menjadi didiplin maka kita harus berpikir :
 

Disiplin itu indah

Disiplin itu indah dan bermanfaat dan bukan sesuatu yang kaku. Disiplin mampu membawa diri kita menuju kesuksesan. Sebagai contoh terciptanya lagu yang indah selain ditentukan oleh adanya karya yang bermutu dari aransemen dan syairnya juga ditentukan oleh kedisiplinan penyanyi dalam membawakn atau menyanyikannya.
 

Ketidakdisiplinan membahayakan diri kita dan orang lain

Disiplin itu menciptakan ketertiban yang akan menghasilkan kelancaran, contohnya dalam berlalu lintas jika kita tidak disiplin bisa mengakibatkan lalu lintas bahkn bisa lebih fatal yaitu kematian
 

Membuang stereotipe disiplin

Stereotipe disiplin itu harus dibuang jauh, tidak benar bahwa disiplin itu bersifat kaku, menjemukan, menegangkan, memboskan, dll.
 

Disiplin itu sesuatu yang luar biasa

Orang yang disiplin itu menghormati dirinya melalui menghormati orang lain dengan memenuhi janji atau kesepakatan dalam ketetapan kuantitas ataupun kualitas yang dijanjikan. Ketepatan kuantitas waktu, jumlah unit, ketepatan kualitas pekerjaan, produk, layanan, dsb. Disiplin itu luar biasa, menjadikan kita orang yang terhormat

Disiplin merupakan energi yang luar biasa

Kedisiplinan membuat orang energik dan patuh terhadap aturan terutama aturan yang penting, sehingga akan cepat menyelesaikan tugas dan terhindar dari bahaya.

Selain cara diatas masih terdapat beberapa cara lain yaitu :
 

Pendekatan lingkungan disiplin

Dilakukan dengan beberapa pendekatan antara lain :
  • Menyatu dengan masyarakat disiplin
  • Membangun disiplin dapat dimulai dari diri sendiri, melalui pemahaman apa itu disiplin dan manfaatnya 
  • Mengkondisikan suasana disiplin dengan pemahaman bahwa disiplin bukan sesuatu yang menyeramkan dan kaku

Membiasakan disiplin

Untuk membangun pribadi yang disiplin kita harus :
  • Fokus, pada apa yang dikerjakan menjadikan kita akan mencapai target yang kita inginkan.
  • Berkemampuan, terhadp apa yang akan kita kerjakan mendorong kita menjadi disiplin. Mengukur kemampuan diri terhadap pekerjaan yang akan kita terima merupakan hal penting dalam menjaga kedisiplinan diri. 
  • Berkemauan, mempunyai niat ( kesungguhan ) untuk disiplin akan sangat berpengaruh terhadap terbentuknya disiplin pribadi. Niat yang sungguh-sungguh akan menjadikan orang semakin berdedikasi yang pada akhirnya orang tersebut dengan mudah untuk disiplin. 
  • Waktu, waktu yang cukup untuk sesuatu yang kita kerjakan sangat menentukan terbentuknya disiplin individu. Orang yang tidak mempunyai waktu yang cukup meskipun dapat pekerjaan yang mudah dapat berakibat pekerjaan tersebut tidak selesai dengan maksimal. 
  • Perencanaan dan persiapan. Merencanakan da menyiapkan dengan cermat apa yang kita kerjakan menentukan tercapainya target yang telah ditentukan sebelumnya.

Law enforcement

Penegakan hukum bagi pelanggar hukum akan menentukan tegaknya disiplin. Pemberian sanksi dapat membuat pelanggar jera.

Manfaat disiplin

Manfaat kedisiplinan adalah membuat orang menjadi lebih tertib dan teratur dalam menjalankan kehidupannya, serta seseorang juga dapat mengerti bahwa kedisiplinan itu amat sangat penting bagi masa depannya kelak, karena dapat membangun kepribadian seseorang yang kokoh dan bisa diharapkan berguna bagi semua pihak.

Seorang yang disiplin ketika melakukan suatu pelanggaran walaupun kecil akan merasa bersalah terutama karena ia merasa telah mengkhianati dirinya sendiri. Perilaku khianat akan menjerumuskannya pada runtuhnya harga diri karena ia tak lagi dipercaya. Sedangkan kepercayaan merupakan modal utama bagi seseorang yang memiliki akal sehat dan martabat yang benar untuk dapat hidup dengan tenang (sakinah), dan terhormat.

Wujud kedisiplinan yang bisa diterapkan oleh pelajar

Dalam pelaksanaan disiplin, harus berdasarkand dari dalam diri mahasiswa. Karena tanpa sikap kesadaran dari diri sendiri, maka apapun usaha yang dilakukan oleh orang di sekitarnya hanya akan sia-sia. Berikut ini adalah pelaksanaan kedisiplinan di lingkungan sekolah/kampus. 
  1. Belajar dengan teratur
  2. Datang ke sekolah/kampus tepat waktu 
  3. Mentaati peraturan disekolah/kampus yang ada 
  4. Mentaati aturan hukum yang berlaku 
  5. Menyelesaikan tugas sebagaimana mestinya 
  6. Dll.

Monday, April 10, 2023

Manajemen Sumberdaya Manusia Perencanaan SDM

Pengertian

Perencanaan sumber daya manusia adalah proses analisis dan identifikasi yang dilakukan organisasi terhadap kebutuhan akan sumber daya manusia, sehingga organisasi tersebut dapat menentukan langkah yang harus diambil guna mencapai tujuannya.

Berbagai pandangan mengenai definisi perencanaan sumber daya manusia seperti yang dikemukakan oleh Handoko (1997, p. 53) Perencanaan sumber daya manusia atau perencanaan tenaga kerja merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengantisipasi permintaan-permintaan bisnis dan lingkungan pada organisasi di waktu yang akan datang dan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tenaga kerja yang ditimbulkan oleh kondisi-kondisi tersebut. Di mana secara lebih sempit perencanaan sumber daya manusia berarti mengestimasi secara sistematik permintaan (kebutuhan) dan suplai tenaga kerja organisasi di waktu yang akan datang. Pandangan lain mengenai definisi perencanaan sumber daya manusia dikemukakan oleh Mangkunegara ( 2003, p. 6) Perencanaan tenaga kerja dapat diartikan sebagai suatu proses menentukan kebutuhan akan tenaga kerja berdasarkan peramalan pengembangan, pengimplementasian, dan pengendalian kebutuhan tersebut yang berintegrasi dengan perencanaan organisasi agar tercipta jumlah pegawai, penempatan pegawai yang tepat dan bermanfaat secara ekonomis.

Faktor faktor yang mempengaruhi

Proses perencanaan sumber daya manusia dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain: (Handoko, 1997, p. 55-57)

Lingkungan Eksternal

Perubahan-perubahan lingkungan sulit diprediksi dalam jangka pendek dan kadang-kadang tidak mungkin diperkirakan dalam jangka panjang.
  1. Perkembangan ekonomi mempunyai pengaruh yang besar tetapi sulit diestimasi. Sebagai contoh tingkat inflasi, pengangguran dan tingkat bunga sering merupakan faktor penentu kondisi bisnis yang dihadapi perusahaan.
  2. Kondisi sosial-politik-hukum mempunyai implikasi pada perencanaan sumber daya manusia melalui berbagai peraturan di bidang personalia, perubahan sikap dan tingkah laku, dan sebagainya. 
  3. Sedangkan perubahan-perubahan teknologi sekarang ini tidak hanya sulit diramal tetapi juga sulit dinilai. Perkembangan komputer secara dasyat merupakan contoh jelas bagaimana perubahan teknologi menimbulkan gejolak sumber daya manusia. 
  4. Para pesaing merupakan suatu tantangan eksternal lainnya yang akan mempengaruhi permintaan sumber daya manusia organisasi. Sebagai contoh, “pembajakan” manajer akan memaksa perusahaan untuk selalu menyiapkan penggantinya melalui antisipasi dalam perencanaan sumber daya manusia.

Keputusan-keputusan Organisasional

Berbagai keputusan pokok organisasional mempengaruhi permintaan sumber daya manusia.
  • Rencana strategis perusahaan adalah keputusan yang paling berpengaruh. Ini mengikat perusahaan dalam jangka panjang untuk mencapai sasaran-sasaran seperti tingkat pertumbuhan, produk baru, atau segmen pasar baru. Sasaran-sasaran tersebut menentukan jumlah dan kualitas karyawan yang dibutuhkan di waktu yang akan datang.
  • Dalam jangka pendek, para perencana menterjemahkan rencana-rencana strategi menjadi operasional dalam bentuk anggaran. Besarnya anggaran adalah pengaruh jangka pendek yang paling berarti pada kebutuhan sumber daya manusia. 
  • Forecast penjualan dan produksi meskipun tidak setepat anggaran juga menyebabkan perubahan kebutuhan personalia jangka pendek. 
  • Perluasan usaha berarti kebutuhan sumber daya manusia baru. 
  • Begitu juga, reorganisasi atau perancangan kembali pekerjaan-pekerjaan dapat secara radikal merubah kebutuhan dan memerlukan berbagai tingkat ketrampilan yang berbeda dari para karyawan di masa mendatang.

Faktor-faktor Persediaan Karyawan

Permintaan sumber daya manusia dimodifakasi oleh kegiatan-kegiatan karyawan. Pensiun, permohonan berhenti, terminasi, dan kematian semuanya menaikkan kebutuhan personalia. Data masa lalu tentang faktor-faktor tersebut dan trend perkembangannya bisa berfungsi sebagai pedoman perencanaan yang akurat.

Manajemen Sumberdaya Manusia Perencanaan SDM
Manajemen Sumberdaya Manusia Perencanaan SDM

Model dan teknik perencanaan SDM

Terdapat beberapa komponen yang perlu diperhatikan dalam perencanaan SDM, yaitu:

Tujuan

Perencanaan SDM harus mempunyai tujuan yang berdasarkan kepentingan individu, organisasi dan kepentingan nasional. Tujuan perencanaan SDM adalah menghubungkan SDM yang ada untuk kebutuhan perusahaan pada masa yang akan datang untuk menghindari mismanajemen dan tumpang tindih dalam pelaksanaan tugas.

Perencanaan Organisasi

Perencanaan Organisasi merupakan aktivitas yang dilakukan perusahaan untuk mengadakan perubahan yang positif bagi perkembangan organisasi. Peramalan SDM dipengaruhi secara drastis oleh tingkat produksi. Tingkat produksi dari perusahaan penyedia (suplier) maupun pesaing dapat juga berpengaruh. Meramalkan SDM, perlu memperhitungkan perubahan teknologi, kondisi permintaan dan penawaran, dan perencanaan karir.

Kesimpulannya, PSDM memberikan petunjuk masa depan, menentukan dimana tenaga kerja diperoleh, kapan tenaga kerja dibutuhkan, dan pelatihan dan pengembangan jenis apa yang harus dimiliki tenaga kerja. Melalui rencana suksesi, jenjang karier tenaga kerja dapat disesuaikan dengan kebutuhan perorangan yang konsisten dengan kebutuhan suatu organisasi.

Syarat – syarat perencanaan SDM

  1. Harus mengetahui secara jelas masalah yang akan direncanakannya.
  2. Harus mampu mengumpulkan dan menganalisis informasi tentang SDM. 
  3. Harus mempunyai pengalaman luas tentang job analysis, organisasi dan situasi persediaan SDM. 
  4. Harus mampu membaca situasi SDM masa kini dan masa mendatang. 
  5. Mampu memperkirakan peningkatan SDM dan teknologi masa depan. 
  6. Mengetahui secara luas peraturan dan kebijaksanaan perburuhan pemerintah.

Strategi SDM adalah alat yang digunakan untuk membantu organisasi untuk mengantisipasi dan mengatur penawaran dan permintaan SDM. Strategi SDM ini memberikan arah secara keseluruhan mengenai bagaimana kegiatan SDM akan dikembangkan dan dikelola.

Pengembangan rencana SDM merupakan rencana jangka panjang. Contohnya, dalam perencanaan SDM suatu organisasi harus mempertimbangkan alokasi orang-orang pada tugasnya untuk jangka panjang tidak hanya enam bulan kedepan atau hanya untuk tahun kedepan. Alokasi ini membutuhkan pengetahuan untuk dapat meramal kemungkinan apa yang akan terjadi kelak seperti perluasan, pengurangan pengoperasian, dan perubahan teknologi yang dapat mempengaruhi organisasi tersebut.
  • Prosedur perencanaan SDM
  • Menetapkan secara jelas kualitas dan kuantitas SDM yang dibutuhkan. 
  • Mengumpulkan data dan informasi tentang SDM. 
  • Mengelompokkan data dan informasi serta menganalisisnya. 
  • Menetapkan beberapa alternative. 
  • Memilih yang terbaik dari alternative yang ada menjadi rencana. 
  • Menginformasikan rencana kepada para karyawan untuk direalisasikan.

Metode Perencanaan SDM ,dikenal atas metode nonilmiah dan metode ilmiah. Metode nonilmiah diartikan bahwa perencanaan SDM hanya didasarkan atas pengalaman, imajinasi, dan perkiraan-perkiraan dari perencanaanya saja. Rencana SDM semacam ini risikonya cukup besar, misalnya kualitas dan kuantitas tenaga kerja tidak sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Akibatnya timbul mismanajemen dan pemborosan yang merugikan perusahaan.

Metode ilmiah diartikan bahwa PSDM dilakukan berdasarkan atas hasil analisis dari data, informasi, dan peramalan (forecasting) dari perencananya. Rencana SDM semacam ini risikonya relative kecil karena segala sesuatunya telah diperhitungkan terlebih dahulu.

Kendala dalam perencanaan SDM

Standar kemampuan SDM
Standar kemampuan SDM yang pasti belum ada, akibatnya informasi kemampuan SDM hanya berdasarkan ramalan-ramalan (prediksi) saja yang sifatnya subjektif. Hal ini menjadi kendala yang serius dalam PSDM untuk menghitung potensi SDM secara pasti.
Manusia (SDM) Mahluk Hidup
Manusia sebagai mahluk hidup tidak dapat dikuasai sepenuhnya seperti mesin. Hal ini menjadi kendala PSDM, karena itu sulit memperhitungkan segala sesuatunya dalam rencana. Misalnya, ia mampu tapi kurang mau melepaskan kemampuannya.
Situasi SDM
Persediaan, mutu, dan penyebaran penduduk yang kurang mendukung kebutuhan SDM perusahaan. Hal ini menjadi kendala proses PSDM yang baik dan benar.
Kebijaksanaan Perburuhan Pemerintah/ Peraturan Pemerintah
Kebijaksanaan perburuhan pemerintah, seperti kompensasi, jenis kelamin, WNA, dan kendala lain dalam PSDM untuk membuat rencana yang baik dan tepat.

Evaluasi perencanaan SDM

Jika perencanaan SDM dilakukan dengan baik, akan diperoleh keuntungan-keuntungan sebagai berikut:

  • Manajemen puncak memiliki pandangan yang lebih baik terhadap dimensi SDM atau terhadap keputusan-keputusan bisnisnya.
  • Biaya SDM menjadi lebih kecil karena manajemen dapat mengantisipasi ketidakseimbangan sebelum terjadi hal-hal yang dibayangkan sebelumnya yang lebih besar biayanya.
  • Tersedianya lebih banyak waktu untuk menempatkan yang berbakat karena kebutuhan dapat diantisipasi dan diketahui sebelum jumlah tenaga kerja yang sebenarnya dibutuhkan.
  • Adanya kesempatan yang lebih baik untuk melibatkan wanita dan golongan minoritas didalam rencana masa yang akan datang. Pengembangan para manajer dapat dilaksanakan dengan lebih baik.

Saturday, April 8, 2023

Pengen Ngeblog? Simak Alasan Kamu Jangan jadi Blogger

Alasan jangan jadi blogger

Revolusi industri 4.0 telah membawa perubahan dalam segala sektor, tidak ketinggalan juga disektor bisnis yang beralih ke bisnis online. Salah satu kegiatan bisnis di revolusi industri 4.0 adalah ngeblog, sebuah kegiatan menulis yang bisa menghasilkan uang. Karena itu banyak sekali blogger mencoba peruntungan menjadi blogger. Namun setiap bisnis yang kita lakukan tentu punya syarat-syarat yang harus dipenuhi agar sukses. Banyak juga faktor alasan yang bisa berpengaruh terhadap kesuksesan mendalami dunia blogging. Kali ini penulis ingin mengulas alasan mengapa jangan jadi blogger. 
 
Alasan jangan jadi blogger
Alasan jangan jadi blogger

1. Males Menulis

Apa gunanya kamu menjadi blogger tapi malas menulis? Percuma kan. Bisa juga sih kalian copy paste artikel orang, tapi apa ada yang bisa dibanggakan dari menjiplak karya orang lain? penulis rasa tidak. Malas menulis merupakan dasar kamu jangan menjadi blogger, karena kegiatan ngblog adalah menulis.

2. Tidak bisa menghargai proses

Pengen cepet sukses lewat blog? Pengen cepet bisa menghasilkan dari blog? Pengen semuanya serba cepat dan instan? Eits.. hal itu bisa membuatmu berhenti ngeblog ditengah jalan. Ngeblog itu butuh proses yang gak sebentar dan butuh usaha yang maksimal, tidak bisa dilakukan secara instan. Bagi kalian yang ingin cara instan dan tidak bisa menikmati proses, mulai sekarang berhentilah ngeblog.

3. Persaingan ketat

Sekarang menjadi blogger itu sudah punya banyak sekali pesaing entah dari luar maupun dalam negeri, ditambah lagi blog berita yang isinya semua topik ada, ini mampu menggerus kejayaan para blogger dan memupus harapan blogger pemula karena persaingan yang begitu ketatnya. Bagi kalian yang tidak ingin tantangan sebaiknya jangan mengharapkan sukses menjadi blogger.

4. Susah mendatangkan visitor

Bisa jadi ini merupakan imbas dari point nomer 4, dimana semua hal dikuasai blog berita yang notabene punya banyak pengunjung setia, kalo sudah begini blog-blog yang bertebaran disitus pencarian google mendatangkan visitor dari mana? Kalo blog yang udah besar dan punya nama mungkin masih ada pengunjung loyal dan penggemarnya. lalu bagaimana dengan blog baru? mungkin akan tenggelam didasar jurang yang paling dalam hehe..

Friday, April 7, 2023

Kesalahan yang Sering Dilakukan Blogger Pemula

Beberapa Kesalahan yang harus dihindari Blogger Pemula

Kesalahan yang sering dilakukan blogger peemula - Setiap manusia tentu tidak bisa luput dari yang namanya kesalahan karena ini memang kodrat manusia itu sendiri. Disadari atau tidak kesalahan itu merupakan sebuah batu pijakan menuju kesuksesan bagi mereka yang mau memperbaiki diri.

Bagi seorang yang baru mengenal dan terjun di dunia blogging atau biasa disebut blogger pemula sudah pasti sering melakukan kesalahan entah disadari atau tidak karena jelas masih minim pengetahuan tentang dunia blogging.

Berikut penulis akan sedikit mengulas kesalahan apa saja yang biasa dilakukan blogger pemula. Tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi penulis dan beberapa referensi sumber lain. 

Kesalahan yang sering dilakukan blogger peemula
Kesalahan yang sering dilakukan blogger peemula

1. Terburu-buru

Kita tentu sudah tahu bahwa dari blog kita bisa menghasilkan uang dengan cara salah satunya menjadi publisher Google Adsense. Kesalahan yang sering dilakukan blogger pemula adalah terburu-buru mendaftarkan blognya ke Google Adsense walaupun umur blog masih baru dan artikel belum banyak. Hal ini tidaklah salah, tapi darimana profitnya?

Solusi : cobalah menaikkan visitor atau pengunjung terlebih dahulu, karena biasanya blog baru masih sepi pengunjung. Earning akan meningkat apabila pengunjung juga banyak.

2. Tidak konsisten

Banyak blogger pemula yang jarang update konten artikelnya atau update artikel tidak teratur. Banyak yang awalnya semangat, kemudian down dalam menulis artikel. Kalian tidak harus membuat dan mengupdate artikel tiap hari yang penting teratur dan konsisten.

Solusi : mungkin bisa dilakukan dengan menyusun jadwal kapan akan update artikel. Misal seminggu sekali. Yang penting tentukan jadwal free kalian

3. Membuat konten untuk mesin pencari

Terkadang kita lupa bahwa kita menulis untuk dibaca para pencari informasi. Mesin pencari akan memilah artikel untuk menjadi yang teratas. Sehingga kita mungkin berpikir untuk memasang dan menumpuk keyword sebanyak banyaknya di artikel. Hal ini justru akan merusak komposisi tulisan kita karena bisa jadi kita mengulang ulang kata kunci yang sama agar SEO On Page menjadi maksimal

Solusi : buatlah artikel untuk pengunjung. Maksudnya adalah sesuai apa yang dibutuhkan dan dicari pengunjung, intinya tulisan anda mengandung informasi yang berguna. Perhatikan juga tulisan kita apakah enak dibaca atau tidak

4. Tidak mau belajar

Dalam dunia blog banya yang harus dipelajari agar blog kita berkembang dan sukses. Namun faktor ini banyak sekali diabaikan oleh banyak blogger pemula. Hal ini mungkin wajar karena dunia blog itu luas.

Solusi : perbanyaklah membaca artikel artikel tentang dunia blogging, konsultasi dengan para blogger yang telah sukses atau lebih tahu, Belajar mengenai seo, bangun jaringan dengan blogger lain, dll.

5. Fokus pada hal teknis

Hal teknis sebenarnya pun perlu diperhatikan namun jangan terlalu fokus, misalnya kita sering otak atik atau sering sekali mengganti template, mengotak atik menu, dll. Hal ini dapat mengganggu fokus kita dalam membuat konten.

Solusi : ingat, konten adalah raja. Utamakan fokus menulis artikel dan nomer duakan hal hal teknis semacam itu. Bisa juga dengan memantapkan dahulu dalam membangun tampilan blog kemudian fokuslah menulis.

6. Kurang menghargai proses

Banyak sekali yang menginginkan cara instan agar blognya cepat sukses. Padahal biasanya cara ini kurang efektif untuk perkembangan blog jangka panjang, contoh menggunakan trafik exchange, copas artikel, dll. Padahal dengan melalui proses bertahap yang benar kita akan mendapatkan berbagai pengalaman berharga, selain itu dapat membuat kita terus belajar sesuatu yang belum kita mengerti

Solusi : sabar, dan bila kita berhasil kita sendiri akan bangga dengan jerih payah yang pernah kita lakukan selama prose.

7. Copas artikel

Memang copas artikel membuat kita tidak perlu repot membuat konten, tapi bisakah dengan copas membuat kita belajar? Entah itu belajar menulis artikel, belajar menemukan ide baru, dll. Kalo hanya copas kita tidak bisa mengembangkan kreativitas kita dalam membuat konten. Yang ada hanyalah konten sampah bertebaran di blog kita.

Solusi : banyak membaca, bolehlah kita menggunakan tulisan orang lain sebagai referensi. Tapi setelah itu kembangkan dan tulislah dengan kalimat kalian sendiri.

8. Terlalu memikirkan trafik

Blog yang sepi memang membuat blogger menjadi stress kalo terlalu dipikirkan

Solusi : belajar seo, perbanyak jaringan dengan blogger lain, share ke media sosial, promosikan postingan, dll.

Nah mungkin itu beberapa kesalahan yang sering dilakukan blogger pemula. Apabila ada masukan silahkan berkomentar dan mari saling berdiskusi.

Featured Post

Karakteristik Meeting Room yang Sesuai untuk Meeting

Karakteristik Meeting Room - Menjamurnya bisnis startup mendorong bermunculannya perusahaan pelayanan coworking space dan private space. Be...