Skip to main content

Menjadi Pemimpin yang Resonan

Kepemimpinan atau leadership adalah suatu cara untuk mempengaruhi dan memotivasi oranglain, bawahan atau kelompok untuk saling bekerjasama dalam upaya mencapai suatu tujuan bersama tanpa adanya unsur paksaan. Kepemimpinan sangat penting dalam suatu organisasi, karena kepemimpinan merupakan faktor kunci dalam suksesnya suatu organisasi atau manajemen. Kepemimpinan itu ada di dalam diri pemimpin. Suatu organisasi akan menjadi buta dan tidak memiliki arah jika tidak ada unsur kepemimpinan dalam organisasi tersebut.

Menjadi Pemimpin yang Resonan
Menjadi Pemimpin yang Resonan

Pengertian Kepemimpinan Resonansi

Kata resonansi (resonance) berasal dari bahasa latin resonare yang artinya “menggemakan”, sedangkan menurut Oxford English Dictionary arti resonance adalah “penguatan atau pemanjangan suara melalui pemantulan” atau “melalui getaran yang selaras”. Resonansi dalam ilmu fisika diartikan sebagai peristiwa bergetarnya suatu benda karena getaran benda lain. Artinya ada kesamaan antara kedua benda tersebut, yaitu sama-sama bergetar. Hubungannya dengan kepemimpinan, resonansi yang dimaksud disini adalah bagaimana pemimpin mampu merasakan juga apa yang dirasakan oleh pengikutnya/bawahnnya. Pemimpin resonansi mampu memahami dan berempati terhadap apa yang dirasakan oleh bawahannya.

Resonansi adalah kapasitas untuk melakukan sinkronisasi satu sama lain; Oleh karena itu, kepemimpinan resonan adalah kapasitas untuk disesuaikan dengan kebutuhan tim manusia. Menurut psikolog dan penulis buku terlaris David Coleman, ketika berbicara tentang manajer puncak, kecerdasan emosional (EQ) dua kali lebih penting daripada keterampilan + IQ. Pemimpin yang resonan memiliki tingkat EQ yang lebih tinggi dan kemampuan yang lebih banyak untuk menghubungkan diri mereka dengan tim mereka. Mereka lebih dipercaya oleh karyawan mereka karena mereka menunjukkan empati pada saat terjadi masalah, tantangan, dan krisis pribadi. Mereka menciptakan harmoni dalam sebuah kelompok dan memotivasi pekerja untuk mengikuti sebuah penglihatan, bahkan ketika situasinya tegang

Resonant leadership mempengaruhi diri anda dan berhubungan dengan orang lain melalui kesadaran, harapan, dan kepedulian. Resonant leader adalah pria maupun wanita yang memimpin dengan penuh gairah dalam mencapai tujuan –tujuan mereka. Pemimpin hebat membangun hubungan yang harmonis dengan orang–orang di sekitar mereka. Kunci untuk membangun hubungan yang harmonis adalah dengan kecerdasan emosional. Selain itu, seorang resonant leader memetakan arah menuju wilayah yang belum dikenal dan memberikan inspirasi kepada orang–orang yang ada dalam organisasi, lembaga dan masyarakat. Mereka mencari berbagai peluang baru ditengah–tengah berbagai tantangan yang ada saat ini, memberikan secercah harapan ketika dihadapkan pada rasa takut dan keputusasaan. Para pemimpin jenis ini mampu menggerakkan orang–orang di kelompoknya dengan penuh kekuatan, gairah, dan ketegasan. Mereka melakukannya sembari mengelola pengorbanan yang tidak bisa dihindari, yang sudah melekat dalam peran mereka. Mereka mendedikasikan diri mereka untuk tujuan yang mulia, namun mereka juga peduli pada diri mereka, dengan terus terlibat dalam upayapembaruan diri supaya mereka tetap bisa beresonansi sepanjang waktu.

Resonansi adalah energi kolektif yang kuat yang bergema di antara orang-orang dan mendukung produktivitas yang lebih tinggi, kreativitas, rasa persatuan, rasa tujuan, dan hasil. Resonansi berasal dari kemampuan kita untuk menggunakan sistem kognitif dan biologis kita sendiri untuk menguasai keterampilan kesadaran diri, kesadaran orang lain, empati, dan kecerdasan emosional. Pemimpin resonan menggunakan keterampilan kecerdasan emosional dan sosial untuk memperbarui diri, menciptakan hubungan yang positif, dan menumbuhkan, lingkungan hidup yang sehat untuk melibatkan orang lain untuk mencapai tujuan bersama. Mereka melakukan hal ini melalui kesadaran, harapan dan kasih saying, yaitu:
  1. Kesadaran: Kesadaran tentang apa yang sebenarnya terjadi di dalam tubuh, pikiran, hati, dan jiwa, dengan memperhatikan apa yang terjadi di sekitar Anda.
  2. Harapan: Memetakan suatu tindakan pada tujuan yang diartikulasikan secara jelas, percaya tujuan dapat dipenuhi dan akhirnya mencapai mereka dengan rasa kesejahteraan . 
  3. Compassion: Belas kasihan adalah empati dalam tindakan, bukan hanya peduli, tetapi membantu orang lain untuk menemukan mimpi mereka dan membantu untuk mencapainya.
Pemimpin resonan mengelola emosi negatif, melakukan dengan hati-hati, sadar dan tepat. Pemimpin seperti ini memancarkan emosi yang menular dan mempengaruhi semua di sekitar mereka. Para pemimpin ini secara sadar menyesuaikan diri dengan orang-orang, fokus mereka pada penyebab umum, membangun rasa kebersamaan, dan menciptakan iklim yang merilis gairah rakyat, energi, dan semangat bersatu. Mereka mampu tetap tenang dan tetap fokus untuk mengelola diri mereka sendiri dan orang lain secara efektif di bawah tekanan atau ketika berhadapan dengan situasi ambigu.

Pemimpin resonan juga memfasilitasi pemberdayaan, bertindak dengan cara yang meninggalkan orang-orang di sekitar mereka (rekan, anggota tim, karyawan, pemasok, anggota masyarakat, dll) merasa lebih kuat dan lebih mampu. Mereka mendorong partisipasi dan kerja sama tim dengan tetap intens berhubungan dengan apa yang mereka memimpin berpikir dan merasa untuk memotivasi dan memberikan energi. Resonan lingkungan kerja dukungan kesehatan dan kesejahteraan, mendorong kolaborasi dan inovasi, terlibat dan memotivasi karyawan, dan akhirnya menyebabkan peningkatan kinerja secara keseluruhan.

5 Alasan Mengapa Kepemimpinan Resonan Bekerja Dalam Jangka Panjang

Pemimpin yang resonan adalah seseorang yang mampu membujuk karyawan bahwa tujuan organisasi juga merupakan tujuan mereka dan bahwa kesuksesan perusahaan adalah cerminan dari perasaan mereka terhadap sesuatu yang lebih besar dan lebih ekspansif daripada apa pun yang dapat mereka capai pada mereka sendiri. Dengan kata lain, seorang pemimpin yang resonan mengilhami orang-orang di dalam organisasi untuk mengupayakan sesuatu yang lebih besar daripada diri mereka sendiri.

Memiliki visi yang jelas, maka pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana Anda mengkomunikasikannya kepada karyawan dan klien Anda. Tujuannya, menurut Goleman dan Bunker adalah seakurat mungkin dalam komunikasi Anda, sehingga mendapatkan dampak terbesar dengan pesan Anda. Jika Anda masih bertanya mengapa Anda harus tulus, mungkin akan sangat membantu jika melihat tingkat turnover karyawan Anda. Jika Anda memiliki retensi karyawan yang baik dan mendapati bahwa Anda dapat membantu tim Anda bekerja melalui penolakan terhadap perubahan, jika umpan balik Anda diterima dengan baik dan Anda tidak memiliki masalah dalam mengkomunikasikan visi Anda ke perusahaan Anda, maka mungkin Anda sudah menjadi pemimpin yang resonan. Perlu lebih baik pada mereka, maka perlu bertanya pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan ini:
  1. Apa yang mengilhami saya tentang apa yang saya lakukan? Bagaimana cara berbagi inspirasi dengan karyawan dan klien saya?
  2. Seberapa jujur ​​dan terbuka saya tentang kelemahan dan kekuatan saya saat berbicara dengan klien dan karyawan saya? 
  3. Apakah saya mendengarkan?
Jika jawaban untuk ketiganya adalah "Saya tidak tahu" maka Anda memiliki kesempatan bagus untuk menjadi pemimpin yang lebih resonan dan berpengaruh.

Unsur dasar komunikasi adalah bahwa Anda harus mengungkapkan kepada audiens Anda apa yang Anda inginkan dipantulkan kembali kepada Anda. Jika Anda ingin karyawan Anda lebih terbuka dan fleksibel, tanyakan pada diri Anda apakah Anda bersikap terbuka dan fleksibel saat berkomunikasi dengan mereka. Jika Anda ingin mereka mendengarkan dan mengambil alih kepemilikan proyek, tanyakan pada diri Anda apakah Anda mendengarkan mereka dan memberi mereka ruang untuk menganggapnya sebagai milik mereka sendiri.

Mengetahui kekuatan dan kelemahan Anda dan bisa berbicara tentang mereka memberi orang lain izin untuk memiliki milik mereka sendiri. Hal terakhir yang Anda inginkan adalah seseorang yang berbohong tentang bersikap baik terhadap sesuatu jika ada orang lain yang bisa melakukannya dengan lebih baik. Jika setiap orang harus pandai dalam segala hal, maka tidak akan ada kebutuhan untuk sebuah tim.

Mendengarkan. Tidak ada yang membuka orang lebih dari keyakinan bahwa gagasan dan pendapat mereka didengar. Anda tidak perlu memanjakan setiap keinginan, tapi memberi orang kesempatan untuk berbagi di mana mereka berada dalam sebuah proyek atau dalam transisi sangat penting untuk melepaskan tekanan yang melekat dalam situasi yang penuh tekanan. Pemimpin yang berempati pada saat-saat ini dapat melakukan hal-hal menakjubkan untuk sebuah kelompok yang mencoba membuat perubahan besar. Analisis kepemimpinan resonan bekerja dalam jangka panjang, dan mengapa gaya kepemimpinan ini lebih efisien:

1. Pemimpin resonan mencegah kelelahan

Kita merasa terbakar saat kita lelah, sinis, dan tidak efisien saat bekerja. Terkadang hal itu terjadi karena kita tidak didengar, lain kali karena kita telah bekerja terlalu keras dan belum dikenali, dan terkadang hal itu terjadi karena terlalu banyak perubahan dan kita tidak bisa mengatasinya lagi. Pemimpin yang resonan akan mencegah kelelahan dengan membangun lingkungan kerja yang positif.

Bagaimana? Menurut Richard Boyatzis dan Annie McKee dalam buku Resonant Leadership, seorang pemimpin yang efektif akan menciptakan hubungan yang resonan melalui perhatian, harapan, dan kasih sayang.
Mari kita lihat bagaimana konsep-konsep ini mempengaruhi gaya kepemimpinan:
  • Perhatian: Pengaturan emosi akan membantu menghindari kelelahan. Pemimpin akan melihat masalah, masalah, dan tantangan proyek dari perspektif yang tenang dan menerima. Rasa ketenangan ini akan dirasakan oleh anggota tim dan diadopsi. Ini tidak berarti bahwa pemimpin tidak akan bereaksi; Dia akan bereaksi dari posisi yang sangat mantap dan kuat.
  • Welas asih: Berlatih mendengarkan dan berbicara secara aktif dari hati. Pemimpin tidak hanya akan melatih empati tapi juga akan peduli, jadi anggota tim merasa seperti bagian dari tim. Lelah dan kesepian terkadang digabungkan bersama; Jika anggota tim merasa bahwa manajer mereka benar-benar memahaminya, kemungkinan akan berkurang kemungkinan pemadaman. 
  • Harapan: Pemimpin akan, terus-menerus dan kreatif, mengingatkan kita akan makna pekerjaan kita. Jika kita memiliki gagasan yang sangat jelas tentang mengapa pekerjaan kita penting, kelelahan tidak akan ada kemungkinan.

2. Tim lebih termotivasi

Motivasi nomor satu, yang bertahan sepanjang tahun, adalah berbagi visi organisasi. Pemimpin yang resonan membantu kita memahami tujuan dari apa yang kita lakukan, dan mereka terus mengingatkan anggota tim mengapa mereka penting dalam mencapai visi perusahaan atau tim. Pengulangan rutin mengapa kita berada di sana, mengapa organisasi diciptakan, dan bagaimana hal itu membantu orang lain membawa makna yang lebih tinggi dan harapan kepada anggota tim.

Pemimpin yang efektif menggunakan konteks ini untuk meningkatkan motivasi dan membuat karyawan berkembang di dalamnya.
Pemimpin yang efektif akan cerdas secara emosional, sadar, dan sadar sehingga dia dapat memahami emosi yang menyebar dalam tim dan mengerjakannya. Kita harus ingat bahwa emosi, baik positif maupun negatif, menular. Ketika seorang pemimpin benar-benar termotivasi, tim juga akan termotivasi saat emosi ini menyebar dengan cepat. Studi neurologis menunjukkan bahwa penularan ini menyebar dalam milidetik, dan juga tidak sadar.

3. Tim lebih berkomitmen

Pemimpin resonan bersifat empati, pengertian, dan mereka sangat peduli terhadap orang lain. Pikirkan tentang hidup Anda: ketika seseorang menunjukkan bahwa mereka benar-benar peduli dengan Anda, bagaimana reaksi Anda? Yaitu dengan memberi mereka yang terbaik. Apa yang terjadi saat Anda merasa seperti bagian dari kelompok atau tim yang Anda sukai? Bagaimana reaksi anda? Anda mencoba untuk tidak membiarkan mereka turun. Inilah sebabnya, dengan menunjukkan kepedulian dan mempromosikan identitas tim, perusahaan dengan pemimpin resonan lebih banyak berkomitmen terhadap misi dan tujuan organisasi.

Karyawan yang tegang dan takut bisa sangat produktif dalam jangka pendek, namun hasilnya tidak akan bertahan lama. Ketika seorang pemimpin menciptakan lingkungan yang mempromosikan empati, di mana emosi dikelola dengan baik, orang memiliki kesadaran diri, dan keterampilan sosial dipeluk, tim merasa percaya dan merasa nyaman mengambil risiko dan pembelajaran yang sehat berkembang. Di sisi lain, ketika kecerdasan emosional tidak digunakan, anggota tim merasa takut dan cemas; Dua konsep yang bertentangan dengan gagasan komitmen, keberlanjutan, dan efisiensi.

4. Pemimpin yang resonan mendapat respon yang lebih baik selama masa-masa sulit

Berlawanan dengan apa yang mungkin diyakini beberapa orang, ketika ada PHK dan perubahan dalam sebuah organisasi, tim dengan pemimpin resonan merespons dengan lebih baik dan kurang ditekankan oleh perubahan tersebut. Seorang pemimpin berempati, tulus, asli, dan bertindak dengan integritas, anggota tim akan menyadari transparansi dan nilai itu.

Mereka akan merasa dekat dengan orang itu dan menghadapi perubahan bersama. Di tempat kerja, mirip dengan persahabatan, ketika seseorang berada di sana selama masa sulit, Anda menciptakan ikatan dengan orang itu dan Anda akan selalu menemaninya. Inilah sebabnya mengapa pemimpin resonan memiliki tingkat turnover yang lebih rendah, dan tim mereka tampil lebih baik.

5. Pemimpin resonan membangun tim yang berkelanjutan

Pemimpin resonan cenderung menginspirasi orang lain dengan menciptakan dan mempertahankan resonansi. Sebagian besar waktu, saat Anda meninggalkan pertemuan dengan pemimpin yang efisien, Anda merasa dituntut, senang, dan terinspirasi. Manajer juga merasa terpenuhi dan diakui dari percakapan itu, sehingga memasuki lingkaran motivasi dan kepuasan tanpa henti yang akan mengarah pada tim yang berkelanjutan. Pemimpin merasa stres dan kelelahan, jika dia telah melakukan pekerjaan dengan baik di masa lalu, energi dari tim akan kembali kepadanya.

Menjadi Pemimpin yang Resonan

Pertanyaan tentang apakah orang lahir dengan tingkat empati tertentu atau apakah mereka mempelajarinya? Jawabannya adalah keduanya benar. Memang ada unsur genetik pada kecerdasan emosi, tetapi pembelajaran dan penumbuhan juga mempunyai peran besar. Meskipun tingkat awal kemampuan alami masing-masing orang berbeda-beda, tetapi setiap orang bisa belajar untuk meningkatkannya, terlepas dari titik manapun ia memulai. Persoalannya hanyalah sekedar membangun keterampilan yang sudah dimiliki seseorang

Kemampuan menjadi pemimpin resonan bukanlah sesuatu yang Anda dilahirkan. Ini adalah sesuatu yang harus kita pelajari dan praktikkan selama bertahun-tahun; Ini adalah gaya kepemimpinan yang bisa dilatih dan diperoleh melalui kesadaran.Kecerdasan emosional tidak memiliki jenis kelamin. EQ diukur dengan berbagai faktor termasuk kesadaran diri, kemampuan untuk mengelola emosi, inovasi, empati, dan keterampilan sosial Anda, dan sejauh ini, penelitian menunjukkan bahwa pria dan wanita berada dalam rentang EQ yang sangat mirip.

Pemimpin “dilahirkan” sebagai pemimpin karena mereka mendapatkan kekuatan kepemimpinan dengan mudah dan hampir tidak kasat mata, tetapi keduanya tidak lahir sebagai orang yang tahu bagaimana caranya memimpin tim atau mengembangkan kekuatan pada diri orang lain. Merekamempelajarinya.Penelitian menunjukkan bahwa para pemimpin besar diciptakansecara bertahap, sepanjang perjalanan hidup dan kariernya, mereka mendapatkan kompetensi-kompetensi yang menjadikan mereka sangat efektif. Kompetensi bisa dipelajari oleh setiap pemimpin, pada setiap saat dari hidup dan kariernya.

Sifat Kepemimpinan Resonan

Kepemimpinan yang resonan tidak hanya mempromosikan hubungan positif, tapi juga mendorong produktivitas dan meningkatkan keterlibatan karyawan. Berikut adalah lima kualitas utama untuk membantu mengembangkan resonansi dalam gaya kepemimpinan Anda.

1. Kesadaran diri

Penting untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan Anda, dan motif Anda untuk mendorong kemajuan di tempat kerja memiliki niat yang benar. Pemimpin sadar diri jujur ​​tentang keterbatasan mereka, tapi hindari bersikap kritis atau terlalu optimis. Mereka tahu bagaimana mereka menemukan dan bertujuan untuk membangun hubungan yang tulus yang dibangun di atas keterbukaan dan kepercayaan.

2. Keaslian

Menurut pebisnis dan penulis, Bill George, karisma, citra dan gaya telah ada "Diganti dengan karakter, kerendahan hati, dan pelayanan". Persepsi kepemimpinan telah berubah, dan orang tidak lagi membeli gambar kemahatahuan. Karyawan terhubung dengan pemimpin yang menunjukkan sisi kemanusiaannya dan tidak takut menunjukkan bahwa mereka memiliki kelemahan serta kekuatan mereka.

3. Empati

Menurut Goleman, empati memiliki tiga komponen:
  • empati kognitif', yang hanya memiliki kesadaran akan bagaimana perasaan orang.
  • empati emosional, saat kita merasakan perasaan apa yang sedang dialami seseorang. 
  • Perhatian empati, di mana kita dipindahkan untuk membantu orang lain bila dibutuhkan.
Mampu terhubung secara emosional dengan orang lain sangat resonan, karena hal itu memungkinkan orang tahu bahwa Anda memahaminya dan peduli terhadap kesejahteraan mereka.

4. Manajemen hubungan

Kita memberi pengaruh positif pada orang lain, membantu mereka untuk berkembang, mengelola konflik dan perubahan secara efektif, serta membangun kerja tim dan membangun ikatan. Kita semua berkembang dengan koneksi yang sehat dan karena itu anggota tim akan lebih cenderung merespons pemimpin yang mampu memelihara hubungan yang berharga dengan orang lain.

5. Kesadaran sosial

Serta menjalin hubungan dengan orang lain, pemimpin resonan sadar akan bagaimana organisasi mereka berfungsi dan mampu memenuhi kebutuhan klien atau mitra mereka. Mereka melakukan ini dengan menyesuaikan diri dengan perasaan orang, yang memungkinkan mereka mengatakan dan melakukan hal yang benar pada saat yang tepat untuk meredakan frustrasi dan menawarkan ketenangan yang menenangkan.

Indikator Kepemimpinan Resonan

Seberapa baik pemimpin mengelola dan mengarahkan perasaan-perasaan bawahannya, tergantung kepada tingkat kecerdasan emosinya. Bagi pemimpin yang cerdas secara emosi, resonansi akan terjadi secara alamiah. Untuk itu, ada 4 kopentensi dasar yang perlu dimiliki oleh seorang pemimpin resonan ini:

1. Kesadaran Diri

Kesadaran diri memiliki pengertian yang mendalam akan emosi diri, juga kekuatan dan keterbatasan diri, serta nilai-nilai dan motif-motif diri. Orang-orang yang memiliki kesadaran diri yang kuat adalah orang-orang yang realistis ia tidak terlalu mengkritik ataupun penuh harapan terhadap dirinya sendiri. Dan mereka jujurtentang dirinya sendiri kepada dirinya sendiri, bahkan bisa menertawakan kekurangan mereka sendiri. Pemimpin yang sadar diri juga mengerti nilai, tujuan, dan impiannya. Mereka tahu ke mana arah mereka dan mengapa. Orang yang kurang memiliki kesadaran diri akan cenderung membuat keputusan yang memicu kekacauan di dalam dirinya dengan menginjak-injak nilai-nilai yang dipendamnya. Berikut adalah kemampuan bagaimana mengelola kesadaran diri:

a. Kecerdasan diri emosi

Pemimpin yang memiliki kesadaran diri yang emosi yang tinggi bisa mendengarkan tanda-tanda dalam diri mereka sendiri, mengenali bagaimana perasaan mereka mempengaruhi diri dan kinerja mereka. Pemimpin ini bisa tegas dan otentik, mampu bicara terbuka tentang emosinya atau dengan keyakinan tentang visi yang membimbing mereka.

b. Penilaian Diri Yang Akurat

Pemimpin dengan kesadaran diri yang tinggi secara khas akan tahu keterbatasan dan kekuatannya. Penilaian diri yang akurat membuat seorang pemimpin tahu kapan harus meminta bantuan dan dimana ia harus memusatkan perhatian untuk menumbuhkan kekuatan kepemimpinan yang baru.

c. Kepercayaan Diri

Mengetahui kemampuan dengan akurat, memungkinkan pemimpin untuk bermain dengan kekuatannya. Pemimpin yang percaya diri dapat menerima tugas yang sulit. Pemimpin seperti ini seringkali memiliki kepekaan kehadiran dirinya, suatu keyakinan diri yang membuat mereka menonjol di dalam kelompok.

2. Pengelolaan Diri

Kesadaran diri memahami emosi diri dan mengetahui dengan pasti apa tujuan diri, mengalirlah pengelolan diri yaitu dorongan terfokus yang dibutuhkan setiap pemimpin untuk mencapai tujuannya. Seorang pemimpin tidak boleh dikendalikan oleh empati negatif, seperti frustasi dan kemarahan besar atau kecemasan dan panik. Jadi pengelolaan diri adalah komponen kecerdasan emosi yang membebaskan kita dari penjara perasaan kita sendiri. Pengelolaan dirilah yang memungkinkan kejelasan mental dan pemusatan energy yang dituntut oleh posisi kepemimpinan dan yang mencegah gejolak emosi melemparkan kita dari jalan yang semestinya.

Pengelolaan diri juga memungkinkan transparansi, yang bukan saja merupakan kebajikan seorang pemimpin tapi juga sebuah kekuatan organisasional. Transparansi yaitu keterbukaan yang otentik tentang perasaan, keyakinan, dan tindakan seseorang kepada orang lain, memungkinkan integritas, atau perasaan bahwa pemimpin bisa dipercaya. Berikut beberapa aspek dari pengelolaan diri:

a. Pengendalian Diri

Pemimpin yang memiliki kendali diri emosi akan menemukan cara-cara untuk mengelola emosi mereka yang sedang terganggu dari dorongan-dorongan diri, bahkan mampu menyalurkannya dalam cara-cara yang bermanfaat.

b. Transparansi

Pemimpin seperti ini secara terbuka mengakui kesalahannya, ia mengkonfrontasi perilaku yang tidak etis, pada orang lain, dan bukannya pura-pura tidak melihatnya.

c. Kemampuan Menyesuaikan Diri

Pemimpin yang bisa menyesuaikan diri bisa menghadapi berbagai tuntutan tanpa kehilangan fokus atau energi mereka. Pemimpin ini fleksibel dalam menyesuaikan diri dengan tantangan baru, cekatan dalam menyesuaikan perubahan yang cepat, dan berpikiran gesit ketika menghadapi data baru.

d. Prestasi

Pemimpin yang memiliki kekuatan prestasi memiliki standar pribadi yang tinggi yang mendorong mereka untuk terus mencari perbaikan kinerja, baik bagi dirinya sendiri maupun bagi orang-orang yang dipimpinnya. Ciri dari prestasi adalah terus belajar dan mengajar cara-cara untuk melakukan segala sesuatu dengan lebih baik.

e. Inisiatif

Pemimpin mampu menangkap kesempatan bahkan menciptakan peluangm bukan hanya menunggu. Pemimpin seperti ini tidak ragu menerobos halangan atau bahkan menyumpang dari aturan, jika diperlukan untuk menciptakan kemungkinan yang lebih baik untuk masa depan.

f. Optimisme

Pemimpin yang optimis bisa tetap bertahan ditengah kepungan, melihat kesempatan, bukan ancaman di dalam kesulitan. Pemimpin ini melihat orang lain secara positif, mengharap yang terbaik dari mereka.

3. Kesadaran Sosial

Sesudah kesadaran diri dan pengelolaan diri emosi, pemimpin yang resonan membutuhkan kesadaran sosial atau dengan kata lain, empati. Sementara empati mewakili sebuah unsur penting kepemimpinan yang cerdas secara emosi, unsur-unsur lainnya terletak pada kemampuan pemimpin untuk mengungkapkan pesan dengan cara yang mengungkapkan perasaan-perasaannya dengan keyakinan karena emosi-emosi itu jelas otentik, berakar pada nilai-nilai yang digenggamnya.

Kesadaran sosial terutama empati sangatlah penting untuk menggerakkan resonansi yang merupakan tugas primal pemimpin. Dengan mendengarkan perasaan orang lain pada saat itu, seorang pemimpin dapat berkata atau melakukan apa yang tepat, apakah itu menenangkan ketakutan, meredakan kemarahan, atau bergabung dengan kegembiraan. Penyelarasan ini juga memungkinkan pemimpin untuk merasakan nilai dan prioritas bersama yang dapat membimbing kelompok. Kompetensi sosial dari kesadaran sosial dapat berupa:

a. Empati

Pemimpin yang memiliki empati mampu mendengarkan berbagai tanda emosi, membiarkan diri merasakan emosi yang dirasakan. Pemimpin mendengarkan dengan cermat dan bisa menangkap sudut pandang orang lain. Dengan berempati, pemimpin bisa berelasi dengan baik dengan orang-orang dari berbagai latar belakang yang berbeda.

b. Kesadaran Berorganisasi

Pemimpin yang memiliki kesadaran sosial yang tinggi bisa cerdas secara politis, mampu mendeteksi jaringan kerja sosial yang krusial da membaca adanya relasi-relasi yang penting.

c. Pelayanan

Pemimpin yang memiliki kompetensi pelayanan yang tinggi mampu menumbuhkan iklim emosi yang membuat orang-orangnya berkontak langsung dengan pelanggan, akan menjaga relasi di jalan yang benar. Pemimpin seperti ini memantau secara kontinu kepuasan pelanggan.

4. Pengelolaan Relasi

Pengelolaan relasi ini terdapat perangkat kepemimpinan yang paling kasat mata, diantaranya adalah persuasi, pengelolaan konflik, dan kolaborasi. Kepawaian dalam pengelolaan relasi bermuara pada bagaimana menangani emosi orang lain. Pada gilirannya, ini mensyaratkan pemimpin untuk mampu mengenali emosinya sendiri dan dengan bantuan empati, menyelaraskan diri dengan orang-orang yang dipimpinnya. Pengelolaan relasi adalah keramahan yang bertujuan menggerakan orang ke arah yang benar, baik itu kesepakatan dalam hal strategi pemasaran atau antusiasme terhadap sebuah proyek baru.

Tugas kepemimpinan semakin kompleks dan bersifat kerjasama, maka keterampilan berelasi menjadi semakin penting. Dan ini berarti membangun relasi yang erat dan lancar sehingga setiap orang dapat saling membagi informasi dengan mudah dan berkoordinasi secara efektif. Secara kompetensi di ringkas menjadi 6 hal, sebagai berikut:

a. Inspirasi

Pemimpin yang menginspirasi akan menciptakan resonansi serta menggerakkan orang dengan visi yang menyemangati atau misi bersama.

b. Pengaruh

Pemimpin yang mahir mempengaruhi akan memiliki kemampuan membujuk, dan melibatkan orang lain dalam otgansasi, ketika menghadapi suatu kelompok.

c. Mengembangkan Orang Lain

Pemimpin ini mampu menumbuhkan kemampuan orang lain dengan menunjukkan minat yang murni kepada orang yang dibantunya. Mereka mampu memahami tujuan-tujuan, kekuatan serta kelemahan orang yang dibantunya.

d. Katalisator Perubahan

Pemimpin ini mampu mengenali kebutuhan akan perubahan, menantang status quo, dan memenangkan aturan baru. Mereka mampu menemukan cara-cara praktis untuk mengatasi hambatan dalam perubahan.

e. Pengelolaan Konflik

Pemimpin yang pandai mengelola konflik, mampu untuk mengumpulkan semua pihak, mengerti sudut pandang yang berbeda, kemudian mencari jalan keluar bersama yang disepakati oleh pihak yang bertikai.

f. Kerja Tim Dan Kolaborasi

Pemimpin yang mampu bermain dalam tim akan menumbuhkan suasana kekerabatan yang ramah sekaligus memberikan contoh memberikan penghargaan, sikap bersedia membantu, dan bekerja sama. Mereka meluangkan waktu untuk menumbuhkan dan mempererat relasi yang akrab, lebih jauh dari sekedar kewajiban pekerjaan.

Empat kompetensi dasar tersebut, diharapkan pemimpin mempunyai kecakapan emosi yang baik. Kecakapan emosi inilah yang pada gilirannya nanti akan diaplikasikan dalam melaksanakan tugas kepemimpinan nantinya. Pemimpin akan lebih peka terhadap perasaan dan harapan-harapan bawahannya. Di bawah bimbingan pemimpin yang cerdas emosi, orang-orang akan merasakan tingkat kenyamanan yang saling menguntungkan. Mereka saling berbagi ide, dan saling belajar satu sama lain. Disamping itu, mereka membuat keputusan bersama dan berkomitmen untuk meyelesaikan tugas bersama.

Popular posts from this blog

Dream of My Heart

Duhai dewiku yang lembut.... Dengarlah sapaan hatiku.... Masuklah engkau ke tungku asmaraku.... kan kubakar engkau dengan senyum cintaku...... ... ahhh..... Matamu yang sayu, bibirmu yang lembut mengguncang rinduku.... Hoooaaammmhhh……. Aku terbangun dari mimpiku.... Banyumas, 22 Agustus 2011 Dacho Darsono

MENANGGAPI MARAKNYA MINI MARKET

Kurang lebih 10 tahun yang lalu, saya bersama salah satu rekan kerja saya yang berprofesi sebagai guru membicarakan perihal peluang usaha yang sebenarnya masih terbentang luas di negeri ini. Berhubung kami tinggal di kampung, maka kamipun membicarakan peluang-peluang usaha yang bisa kami jalankan di kampung. Nah, waktu itu belum banyak mini market-mini market seperti saat ini. Kemudian timbul ide, kenapa tidak mendirikan mini market saja, bahkan kalau bisa super market? Apa bisa? Lha wong namanya juga ide... Maka dalam ide kami itupun tentu saja sangat bisa untuk mendirikan mini market. Pokok permasalahan awalnya adalah pada dana. Dari mana dananya? Nah lho.... Marilah kita berhitung dengan cara yang bodoh saja.... Hehehe... Misalkan dalam satu kampung ada 3.000 WARGA... lalu setiap warga "urunan" 1.000 rupiah saja, sudah berapa dana yang didapat? 3.000 x 1.000 = 3.000.000 TIGA JUTA RUPIAH Itu baru "urunan" seribuan ... Bagaimana jika 10.000? Tingal kalikan saja...

Supplier Marmer Berkualitas di Indonesia

Mempunyai tempat tinggal dan hunian mewah tentu menjadi idaman setiap orang, selain indah untuk dilihat juga terasa nyaman untuk ditinggali. mempercantik sebuah hunian banyak cara dilakukan oleh setiap orang. agar terlihat wah, biasanya digunakan beragam pernak pernik untuk menghias, seperti batu, keramik, bahkan marmer. Bicara mengenai Marmer, di Indonesia ada sebuah perusahaan bernama Fagetti yang merupakan perusahaan supplier marmer berkualitas yang sudah malang melintang diberbagai proyek besar di banyak kota di Indonesia. Supplier Marmer Berkualitas di Indonesia Sekilas Mengenai Fagetti Didirikan oleh Ferdinand Gumanti, satu-satunya orang di Asia yang menerima gelar "Master of Art Stone" oleh Antica Libera Corporazione Dell'Arte Della Pietra yang bergengsi di Italia, komitmen Fagetti adalah untuk memberikan yang terbaik kepada pelanggan, menyediakan peralatan dengan kualitas terbaik , manufaktur, bahan dan layanan batu. Di pabrik dan gudang seluas 23 hektar di Cibit