Monday, April 3, 2023

Tips Menempati Halaman Pertama Hasil Pencarian Google

Mungkin banyak teman-teman yang belum mengetahui tips agar artikel kita nikung website gede di halaman pertama hasil pencarian mesin pencari (SERP).

Sebenarnya teknik ini terbilang jadul tapi masih sangat worth it untuk digunakan. Perlu teman-teman ketahui, kunci utama artikel bisa berada di halaman pertama atau page one adalah kualitas konten.

Mungkin kalian sudah sering mendengar istilah CONTENT IS KING, namun kamu tidak mengetahui makna dari kalimat tersebut. Content is king adalah konten yang berkualitas tinggi, dan memiliki pembahasan lengkap dan padat.

Tips Menempati Halaman Pertama Hasil Pencarian Google
Tips Menempati Halaman Pertama Hasil Pencarian Google



Unsur-unsur konten berkualitas hanya 2 menurut saya. Yaitu;
  1. Gaya bahasa yang mudah di mengerti, dan
  2. Konten yang memberikan informasi secara lengkap dan akurat

Perlu di garis bawahi, yang saya tuliskan diatas adalah unsur konten berkualitas. Bukan unsur SEO pada konten. Lalu... Bagaimana cara membuat artikel kita berada di halaman pertama search engine seperti Google?

Cara yang saya gunakan antara lain;
  1. Tentukan topik pembahasan yang ingin kamu bahas
  2. Lakukan riset 1/1 artikel yang menempati posisi 1-15 pada serp.
  3. Buatlah kesimpulan, mulai dari kekurangan artikel, dan poin poin penting apa saja yang perlu kamu masukkan di dalam artikel.

Setelah ketiga cara tersebut, mulailah menentukan judul artikel yang dapat mengandung klik bait yang berpotensi untuk di klik.

Kemudian, buatlah deskripsi konten secara padat dan jelas, agar para pembaca yakin bahwa konten dari blog-mu merupakan konten yang pembahasannya paling relevan dan paling lengkap. Jika sudah menentukan judul dan deskrìpsi. Langkah selanjut-nya adalah menyusun kerangka artikel.

Sebernanya cuman 300 kata saja sudah menjadi sebuah artikel, namun, jika kamu membuat artikel dengan 300 kata saja. Sedangkan para penguasa page one yang membahas konten yang sama memiliki jumlah kata lebih dari 1000 kata dalam 1 artikel.

Maka sudah ditentukan artikel yang kamu buat akan tenggelam. Tentunya kamu bisa menggunakan 3 cara yang sudah saya jelaskan diatas. Usahakan kamu membuat konten yang lebih padat, jelas dan akurat. Agar mesin pencari dapat mengindentifikasikan artikel kamu adalah artikel yang paling relevan.

Sekian dan terimakasih. semoga artikel diatas bisa bermanfaat

Sumber: Salah satu member Grup Blogger Indonesia

Featured Post

Karakteristik Meeting Room yang Sesuai untuk Meeting

Karakteristik Meeting Room - Menjamurnya bisnis startup mendorong bermunculannya perusahaan pelayanan coworking space dan private space. Be...