Thursday, September 3, 2020

Tips Ngemil yang Baik Agar Bermanfaat

Siapa yang nggak tau Camilan?
Camilan adalah sejenis makanan ringan yang biasanya dikonsumsi di antara waktu makan. Makan camilan biasa kita menyebutnya dengan ngemil. Dengan memilih camilan yang pas, aktivitas ngemil bisa memberikan manfaat yang bagus bagi tubuh dan juga pikiran. Bahkan bukan cuma orang dewasa saja loh yang bisa meraih manfaat dari camilan, tapi seluruh seluruh anggota keluarga termasuk anak-anak juga bisa mendapatkan manfaatnya.

Ngemil juga bisa menjadi aktivitas bersama keluarga disaat santai, menguatkan bonding dan membangun memori indah untuk anak-anak. Baik itu dari kegiatan memilih camilan yang baik untuk tubuh sampai ngemil bareng di saat santai bersama seluruh anggota keluarga. 


Tips Ngemil yang Baik Agar Bermanfaat
Tips ngemilbijak

Manfaat Ngemil

Walaupun aktivitas ngemil sering kali dicap sebagai kegiatan yang mempunyai dampak buruk, namun nyatanya ngemil juga bisa bermanfaat lho! simak saja beberapa hal baik yang bisa didapatkan dari ngemil.

1. Menahan Lapar

Tahukah kamu bahwa pada dasarnya perut harus terisi setiap empat atau lima jam sekali? Sebab, ada atau tidaknya makanan di dalam perut, semua organ pencernaan  harus terus bekerja. Sehingga jangan heran jika terdengar suara ‘keroncongan’ dari perut, itu adalah tanda bahwa perut kamu sedang bekerja walaupun dalam keadaan kosong, yang berarti menjadi tanda bahwa kamu sedang lapar.

Dengan mengonsumsi camilan kamu bisa menahan lapar. Kebiasaan ngemil akan membuat perut selalu terisi, sehingga tidak ada lagi bunyi perut keroncongan saat perut kosong akibat lapar. Kamu bisa memakan buah-buahan yang bervitamin pada waktu-waktu tertentu seperti waktu menjelang makan siang serta waktu setelah makan siang menjelang makan malam.

2. Menstabilkan Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Terkadang aktivitas yang berat dapat menguras energi serta gula dalam darah Anda dan camilan mampu menolong Anda jika hal tersebut terjadi. Kebiasaan ngemil ini bahkan dapat membantu para penderita diabetes mellitus untuk terus menjaga kadar gula darahnya tetap terkontrol.

Penderita diabetes rentan mengalami gula darah yang naik turun dan hal tersebut cukup berbahaya untuk kesehatannya. Namun, bagi para penderita diabetes, pastikan dulu bahwa camilan yang Anda makan adalah camilan yang sehat seperti buah-buahan dan kacang-kacangan dan alangkah baiknya konsultasikan hal ini ke ahli gizi dan dokter terlebih dahulu

3. Nafsu Makan Terkendali

Kebiasaan ngemil bisa membuat kamu terhindar dari makan yang terlalu berlebihan dan banyak yang berdampak buruk. Karena, camilan membuat perut kamu selalu terisi sehingga nafsu makan yang seharusnya ada akibat perut yang kosong pun berkurang.

Selain itu, ketika waktu makan datang, Kamu masih merasa kenyang akibat sudah ada makanan yang masuk sebelumnya. Hal ini akan membuat Kamu mengambil porsi makan sedikit dan makan dengan terkendali. jadi kamu bisa melakukan diet dengan baik. 

4. Menambah Gizi

Bila Kamu makan camilan yang sehat, tentunya Kamu akan semakin banyak zat gizi yang Kamu dapatkan. Misalnya Kamu menjadikan buah-buahan atau rotu sebagai camilan Kamu, maka sekali makan buah atau roti saja kamu sudah mendapat beragam vitamin dan mineral. Oleh karena itu sebaiknya jenis buah yang kamu konsumsi bermacam-macam supaya kamu bisa mendapatkan lebih banyak zat gizi dari camilan tersebut.


3 Tips NgemilBijak

Walaupun ngemil memang membawa manfaat yang baik bagi tubuh dan juga pikiran, namun kamu tetap tidak boleh sembarangan ngemil. berikut tips ngemil bijak agar bisa mendapatkan manfaatnya
  1. Kenali isyarat tubuh mengapa Anda ingin ngemil, misalnya apakah karena lapar ataukah perlu untuk mengembalikan mood.
  2. Kemudian Anda bisa memilih apa camilan yang tepat berdasarkan isyarat tubuh tersebut, tentunya dengan memperhatikan porsi camilan dan waktu ketika Anda ngemil.
  3. Perhatikan bagaimana Anda ngemil, Kenali tubuh anda dengan memaksimalkan semua indera, karena Anda akan dapat mengenali isyarat tubuh, kapan waktunya ngemil dan kapan harus berhenti ngemil.

Apa Saja Pilihan Camilan Sehat yang Bisa Dikonsumsi?

Supaya bisa menjadikan kebiasaan ngemil Kamu bermanfaat bagi tubuh dan pikiran, maka pilihlah camilan yang bisa dikonsumsi seperti:
  • Buah dan sayur, seperti salad, jus, smoothies
  • Kacang-kacangan, seperti kacang edamame, kacang almond atau hazelnut 
  • Gandum, seperti sereal, roti, coockies, dan selai 
Selain itu, selalu perhatikan juga waktu ngemil Kamu. Ada baiknya aktivitas ngemil dilakukan 2 jam sebelum makan siang, 3 jam setelah makan siang, dan 2 jam sebelum tidur malam.

Nah itu saja tentang Tips ngemilbijak, semoga bisa bermanfaat..


Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Ngemil Bijak yang diadakan oleh Ibu-Ibu Doyan Nulis https://bit.ly/lombablogngemilbijak

Featured Post

Karakteristik Meeting Room yang Sesuai untuk Meeting

Karakteristik Meeting Room - Menjamurnya bisnis startup mendorong bermunculannya perusahaan pelayanan coworking space dan private space. Be...