Friday, September 4, 2020

Digital Marketing, Solusi Mengembangkan Bisnis dimasa Pandemi

Pandemi Covid-19 membawa dampak buruk bagi dunia bisnis, karena hampir semua aktivitas dilakukan dari rumah. namun bagi orang yang kreatif dan mau memanfaatkan teknologi, dampak pandemi tidaklah menjadi halangan untuk terus mengembangkan bisnisnya.

Di era digital sekarang hampir semua bisnis mulai beralih kearah digitalisasi. untuk itu memanfaatkan teknologi menjadi hal yang tepat dalam mengembangkan bisnis di masa pendemi sekarang ini. salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mengembangkan bisnis di masa pandemi adalah dengan Digital Marketing

Apa itu Digital Marketing ?

Digital marketing atau Pemasaran Digital adalah pemasaran produk maupun jasa yang dilakukan melalui media digital dan jaringan internet. Tujuan dari pemasaran digital ini adalah untuk menjangkau sebanyak-banyaknya target customer secara efektif, efisien, personal dan relevan. Pemasaran digital ini memadukan teknik, dan strategi, serta pengetahuan dalam psikologi pasar dan teknologi. Tidak seperti pemasaran tradisional yang memasang iklan secara konvensional lewat baliho, pamflet, atau koran, pemasaran digital ini menggunakan berbagai platform digital seperti media sosial dan website sebagai media pemasarannya.

 

Digital Marketing Sebagai Kunci Sukses dimasa Pandemi
Digital Marketing, Solusi Mengembangkan Bisnis dimasa Pandemi

 

Mengapa Harus Menggunakan Digital Marketing dimasa pandemi ?

Bagi pebisnis meningkatkan bisnisnya diera pandemi memang membutuhkan metode baru dengan digital marketing. Mengapa? simak alasannya.
 
Alasan pertama harus beralih ke metode digital marketing adalah di masa pandemi ini hampir semua orang berkativitas dari rumah sehingga kebanyakan orang kecenderungan memanfaatkan alat komunikasi mereka seperti smartphone untuk mencari informasi maupun melakukan sesuatu. untuk itu menggunakan cara digital marketing menjadi sesuatu yang pas.

Alasan kedua, masyarakat sudah mulai ketergantungan dengan teknologi. ya, alasan ini sudah tidak bisa dipungkiri lagi. hampir semua orang tentu mempunyai barang elektronik semacam hp atau laptop. yang tentunya selalu digunakan untuk sekedar chat, browsing, dll. karena selalu terhubung ddengan jaringan internet, digital marketing menjadi metode yang sangat efisien dalam mengembangkan bisnis.

Alasan Ketiga, metode tradisional yang bersifat konvensional sudah tidak efektif lagi. Kenapa? ya hal tersebut berkaitan dengan alasan pertama dan kedua, karena semua sudah tergantikan dengan kecanggihan teknologi informasi dan jaringan internet. orang-orang mengakses apapun lewat internet. jadi metode konvensional sudah dinilai ketinggalan jaman.


Apa saja cara Digital Marketing yang Bisa Dilakukan

Setelah mengetahui beberapa alasan mengapa perlu menggunakan digital marketing, sekarang kita beralih ke cara apa saja yang bisa dilakukan lewat digital marketing

Promosi Media Sosial

Digital Marketing melalui media sosial bisa dilakukan dengan membuat akun bisnis anda atau fanspage. Ingat bahwa semua orang mempunyai media sosial dan disitu peluang digtal marketing sangat ampuh untuk menggaet pelanggan. Pernahkan anda melihat iklan saat sedang asik bersosmed ria? jika pernah, iklan itu merupakan salah satu teknik digital marketing melalui media sosial. selain iklan teknik digital marketing melalui media sosial bisa dilakukan dengan memfollow banyak orang kemudian share berbagai macam informasi tentang bisnis anda yang dikemas dengan konten dan infografis yang menarik.

kemudian bisa juga memanfaatkan aplikasi messenger seperti whatsapp melalui whatsapp business. alasannya adalah pengguna website di Indonesia bahkan di dunia sangat banyak dan whatsapp busness memang disediakan untuk keperluan bisnis.

Membuat Website

Rasanya kurang jika dalam digital marketing tidak menyebutkan website. Ya, memang website menjadi pondasinya digital marketing. dengan membuat website untuk bisnis anda, berarti anda sudah menciptakan pusat kegiatan bisnis anda sendiri, tidak hanya sebatas sebagai identitas online semata, namun juga membangun reputasi online yang baik dan professional. 
 
Teknik digital marketing yang bisa dilakukan melalui website biasanya meliputi:
  1. SEO, adalah teknik mengoptimasi website supaya muncul dihalaman pertama penelusuran mesin pencari. sehingga produk anda mudah ditemukan konsumen saat konsumen tersebut sedang mencari produk anda di Internet
  2. SEM, adalah Search Engine Marketing, istilah ini hampir sama dengan iklan. saat sedang browsing kadang anda menemukan sebuah halaman website dengan tulisan iklan. nah itulah yang disebut teknik SEM. Selain melalui iklan, teknik SEM juga bisa dilakukan melalui Google Bisnis.
  3. Copywriting, Merupakan teknik menulis persusif dan menarik supaya konsumen membeli produk yang ditawarkan

Sekarang ini tidaklah sulit membuat website, sudah banyak penyedia jasa membuat website dengan harga terjangkau. anda bisa memanfaatkan itu.

Menyewa Influencer

Apakah anda tahu influencer? influencer merupakan orang ditunjuk bekerja untuk mempengaruhi konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan melalui media online tertentu semisal youtube, blog, bahkan media sosial.


Digital Marketing Sebagai Kunci Sukses dimasa Pandemi

Tiga alasan menggunakan digital marketing diatas dirasa sudah cukup untuk bisa memberikan bukti bahwa di masa pandemi ini Digital Marketing menjad sebuah kunci sukses untuk bisnis.  Jadi mulailah mengembangkan bisnis anda dengan digital marketing yang baik, efektif, dan efisien untuk bisa terus mengembangkan bisnis anda dan menjaga bisnis anda tetap hidup di masa pandemi ini dan seterusnya. bagi anda yang ingin belajar mengenai Digital Marketing bisa coba kursus di Codeva Academy

Featured Post

Karakteristik Meeting Room yang Sesuai untuk Meeting

Karakteristik Meeting Room - Menjamurnya bisnis startup mendorong bermunculannya perusahaan pelayanan coworking space dan private space. Be...