Friday, April 14, 2023

Pengertian Kepemimpinan Spiritual

Mengenal Kepemimpinan Spiritual

Kepemimpinan spiritual melibatkan banyak prinsip yang sama seperti kepemimpinan umum,kepemimpinan spiritual memiliki kualitas khas tertentu yang harus dipahami dan dipraktekkan jika pemimpin spritual ingin berhasil.
  • Tugas dari pemimpin spiritual adalah memindahkan orang dari dimana mereka berasal ke tempat dimana Tuhan ingin menjadikan mereka seperti apa. Ini adalah pengaruh. Setelah pemimpin spiritual memahami kehendak Allah, mereka membuat setiap usaha untuk memindahkan pengikut mereka dari mengikuti agenda mereka sendiri untuk mengejar tujuan Tuhan.
  • Pemimpin Spiritual tergantung pada Roh Kudus / Roh Suci. pemimpin spiritual bekerja dalam sebuah paradoks, Tuhan memanggil mereka untuk melakukan itu, namun pada kenyataannya, hanya Tuhan yang dapat melakukannya. Akhirnya, pemimpin spiritual tidak dapat menghasilkan perubahan spiritual pada orang; hanya Roh Kudus dapat mencapai hal inikepemimpinan spiritual melibatkan pekerja intrinsik motivasi dan inspirasi melalui harapan / iman dalam visi pelayanan kepada pemangku kepentingan utama dan budaya perusahaan berdasarkan nilai-nilai cinta altruistik untuk menghasilkan tenaga kerja yang sangat termotivasi, berkomitmen dan produktif. Tujuan kepemimpinan spiritual adalah untuk kebutuhan mendasar bagi kedua pemimpin dan pengikut untuk kesejahteraan spiritual untuk menciptakan visi dan nilai keselarasan seluruh individu.

Apa yang dimaksud dengan Organisasi Belajar?

kepemimpinan spiritual adalah model untuk organisasi pembangunan / transformasi yang dirancang untuk menciptakan sebuah organisasi belajar yang termotivasi secara intrinsik yang memaksimalkan triple bottom line. Organisasi belajar memiliki keterampilan untuk membuat, memperoleh, dan transfer pengetahuan, juga memodifikasi perilaku untuk mencerminkan pengetahuan dan wawasan baru. Dalam organisasi belajar karyawan diberdayakan untuk mencapai visi organisasi diartikulasikan secara jelas. Kualitas produk dan layanan yang melebihi harapan juga mencirikan organisasi belajar. Ini baru belajar paradigma organisasi secara radikal berbeda dari apa yang telah terjadi sebelumnya: itu adalah pelanggan / klien-terobsesi, tim-mendasar, datar (dalam struktur), fleksibel (dalam kemampuan), beragam (dipersonil make-up) dan jaringan (bekerja dengan banyak organisasi lain dalam hubungan) dalam aliansi dengan pemasok, pelanggan / klien dan bahkan pesaing.

Karyawan organisasi pembelajaran ditandai dengan menjadi risktakers terbuka dan murah hati yang mampu berpikir dalam tim dan memotivasi orang lain untuk sukses. Selanjutnya, mereka harus mampu meninggalkan aliansi lama dan membangun yang baru, melihat kesalahan yang jujur yang diperlukan untuk belajar dan mengapresiasi hal yang mulia, sementara menunjukkan sikap "do-what- ittakes" terhadap sikap "bukan urusanku". Para pemimpin yang berkomitmen di semua tingkat bertindak sebagai pelatih yang terus-menerus berusaha untuk mendengarkan, percobaan, meningkatkan, berinovasi, dan menciptakan pemimpin baru. Tantangan utama bagi organisasi belajar adalah mengembangkan, memimpin, memotivasi, mengorganisir, dan mempertahankan orang agar berkomitmen untuk organisasi visi, tujuan, dan budaya.

Gunakan waktu satu menit dan lihat jika perusahaan Anda adalah sebuah organisasi belajar dengan menjawab pertanyaan-

pertanyaan berikut:

a. Apakah Anda memiliki ikatan emosional dengan stakeholder anda?

Perusahaan yang berhasil dalam jangka panjang menyebarkan kasih sayang asli untuk pelanggan mereka dan karyawan dengan memberikan perasaan pada keanggotaan supaya individu merasa difahami dandihargai.

b. Anda tempat yang menyenangkan untuk bekerja?

Perusahaan yang paling produktif cenderung untuk menjadi orang yang palingbermainyang menghibur. Anda tidak harus dihantam mau Kuajar. Orang berkomitmen untuk sebuahorganisasi di mana mereka merasa seperti bagian dari keluarga dan sangat dianggap olehkepemimpinan.

c. Anda dibangun untuk mengubah?

Satu-satunya keniscayaan dalam bisnis saat ini adalah perubahan yang harusmenjadi sebuah kemampuan inti di organisasi yang beruntung dalam jangka panjang.Organisasi-organisasi yang terbaik mungkin tampak untuk masa lalu sebagai sumber inspirasi, tetapi mereka tidak memungkinkan untukmenjadi alasan bagi kurangnya perubahan. Sebaliknya, mereka mengejar produktivitas masa depanmelalui pelaksanaan strategi yang inovatif.

d. Anda merangkul nilai-nilai?

Saat ini, lebih dari sebelumnya, permintaan pihakuntuk mengetahui; tentang nilai-nilai yang anda berdiri untuk? Perusahaan dengan pengertian paling jelastujuan menang. Jantung dari kesuksesan organisasi harus menyertakan altruistic kasih – rasakeutuhan, keselarasan, dan kesejahteraan merangkul melalui care, kekhawatiran, danpenghargaan terhadap kedua, dan lain-lain. diri

e. Anda sebagai berdisiplin sebagai anda semakin kreatif?

Dalam organisasi berhasil tidak adapertentangan antara eksekusi dan kreativitas. Memang,perusahaan yang paling inovatif cenderung untuk menjadi orang yang paling berdisiplin melalui visi yang jelas dan menarik.

f. Menggunakan teknologi untuk mengubah ekspektasi dan membentuk kembali usaha?

Internet telah menjadi alat bantu yang paling kuat untuk business percobaan selama-lamanya. Iamengubah organisasi belajar - bagaimana orang bekerja bersama dan organisasi-organisasi bagaimana berinteraksi dengan pelanggan. Tidak ada harapan/iman dalam perekonomian sebuahorganisasi terganggu oleh rasa takut-led, jajaran birokrasi hirarki, yang tidak dapat mengejar ketinggalan dalamkeadaan kacau lingkungan kendali-Internet.

g. Apakah Anda telah dibangun sebuah perusahaan pemimpin?

Organisasi dengan merasa yakindan para pemimpin berkomitmen, kelam di barisan - Menang! Organisasi-organisasi belajar membuatdikuatkan tim dan memberikan mereka sumber-sumber daya dan kebebasan untuk bermanuver di luardidirikan hierarki. Ia mendorong kewenangan pengambilan keputusan dalam ke dalam barisan yangmemberikan karyawan dengan rasa tujuan dan rasa memiliki. Dalam melakukan itu semua orang memilikikesempatan untuk membawa ke titik yang perbezaan antara pemimpin pengikut danmenjadi dikaburi.

Apa tempat kerja Spiritualty dan bagaimana itu cocok denganagama?

Seseorang Roh adalah prinsip vital atau menghidupkan kekuatan tradisional diyakini menjadi gaya tidak berwujud, meneguhkan hidup dalam semua manusia. Ini adalah keadaan hubungan intim dengan batin dari nilai-nilai yang lebih tinggi dan moralitas serta pengakuan kebenaran sifat batin orang lain. Hari ini banyak individu sedang berjuang dengan apa mereka spiritualitas sarana untuk pekerjaan mereka karena ini adalah mana mereka menghabiskan sebagian besar jam bangun mereka. Kantor adalah dimana semakin banyak orang makan, latihan, tanggal, drop anak-anak mereka, dan bahkan tidur siang. Banyak melihat organisasi mereka sebagai sebuah pusat komunal karena mereka kurangkontinuitas dan koneksi yang ditemukan di pengaturan lainnya. Selain itu, jajak pendapat terbaru telah menemukan bahwaAmerika manajer dan pemimpin ingin rasa lebih dalam makna dan pemenuhan pada pekerjaan-bahkan lebih dari yang mereka inginkan uang dan waktu.

Sebuah panggilan untuk kerja spiritualitas

Karena ini, perubahan besar sedang terjadi dalam kehidupan pribadi dan professionalpemimpin karena banyak dari mereka lebih dalam mengintegrasikan spiritualitas mereka dan pekerjaan mereka. Banyak setujubahwa integrasi ini mengarah ke perubahan yang sangat positif dalam hubungan mereka dan merekaefektivitas. Ada juga bukti bahwa kerja spiritualitas program tidak hanya mengakibatkanhasil pribadi yang menguntungkan seperti kepuasan kerja meningkat, dan komitmen, tetapi bahwamereka juga memberikan peningkatan produktivitas dan mengurangi absensi dan pergantian. Karyawanyang bekerja untuk organisasi yang mereka anggap rohani kurang takut, lebih etis,danlebih berkomitmen. Dan ada bukti Mount tempat kerja yang lebih manusiawi lebihproduktif, fleksibel dan kreatif. Yang paling penting untuk efektivitas organisasi adalahpenelitian muncul bahwa itu spiritualitas tempat kerja bisa menjadi yang paling kompetitifkeuntungan. Karena ini, ada muncul dan mempercepat panggilan untuk spiritualitastempat kerja.Tempat kerja spiritualitas adalah bukan tentang agama atau konversi, atau menerima sebuah keyakinan tertentusistem. Spiritualitas di tempat kerja adalah tentang pemimpin dan pengikut yang memahami diri mereka sebagaimakhluk-makhluk rohani yang memiliki rasa panggilan yang memberikan makna dan tujuan untuk hidup mereka.Hal ini juga tentang keanggotaan yang mana orang mengalami rasa memiliki, keterhubungan untuksatu sama lain dan komunitas tempat kerja mereka. Tempat kerja ini dimulai dengan pengakuan bahwa orang-orangmemiliki batin dan kehidupan luar dan yang dapat menghasilkan makanan hiduplebih bermakna dan produktif

Agama dan Spiritualita

Spiritualitas diwujudkan melalui kualitas, ini memberikan dasar bagi sebagian besar tradisi spiritual dan agama di dunia. Kedua praktik spiritual non-denominasi dan agama-agama dunia semua secara fundamental didasarkan pada harapan / iman. Ini menjelaskan tentang seseorang dan organisasi (misalnya, Alcoholics Anonymous) ketika mereka mengklaim untuk menjadi spiritual dan tidak religius. Akibatnya, kepemimpinan spiritual bisa dilaksanakan dan dipraktekkan dengan atau tanpa teori agama, keyakinan, dan praktik. dalam bekerja pada kepemimpinan kita telah memilih untuk menggunakan spiritualitas istilah untuk memungkinkan aplikasi untuk organisasi yang tertarik dalam menerapkan spiritualitas tempat kerja.

Pengertian Kepemimpinan Spiritual
Pengertian Kepemimpinan Spiritual

Bagaimana Model Kepemimpinan Spiritual bekerja?

Kepemimpinan spiritual merupakan paradigma yang muncul dalam konteks yang lebih luas dari tempat kerja. spiritualitas dirancang untuk menciptakan sebuah organisasi termotivasi secara intrinsik, belajar. Rohani kepemimpinan terdiri dari nilai-nilai, sikap, dan perilaku yang diperlukan untuk intrinsik memotivasi diri seseorang dan memenuhi kebutuhan mendasar untuk spiritual kesejahteraan melalui memanggil keanggotaan, yang positif mempengaruhi kesejahteraan karyawan, keberlanjutan dan perusahaan tanggung jawab sosial, dan kinerja keuangan

Hal yang penting untuk kepemimpinan spiritual adalah:
  1. Membuat sebuah visi dimana pemimpin dan pengikut mengalami rasa terpanggil sehinggahidup mereka memiliki tujuan, makna dan membuat perbedaan, dan
  2. Membangun budaya organisasi berdasarkan nilai-nilai altruistik cinta dimana pemimpin dan pengikut memiliki rasa keanggotaan, merasa dimengerti dan dihargai, dan memiliki kepedulian, dan penghargaan untuk KEDUA diri dan orang lain

Pribadi vs Kepemimpinan Spiritual Organisasi

Sebuah perbedaan penting dalam kepemimpinan spiritual adalah antara kepemimpinan spiritual personal dan kepemimpinan spiritual organisasi. Personal yang bersangkutan dengan pengembangan pemimpin kepemimpinan spiritual pribadi (PSL) di mana penekanannya adalah pada pengetahuan individu, dan keterampilan dan kemampuan yang terkait dengan kepemimpinan formal peran, serta pengaruh arah pemimpin di pengikut.

Kepemimpinan berkaitan dengan pengembangan kepemimpinan spiritual organisasi (OSL) di mana fokusnya adalah pada proses pengaruh sosial kolektif yang melibatkan semua orang dan memungkinkan kelompok orang untuk bekerja sama. Kepemimpinan Spiritual Organisasi.

Menekankan pendekatan yang kurang pemimpin-sentris, berfokus pada melibatkan semua anggota kelompok untuk memenuhi kebutuhan spiritual dan meningkatkan komitmen organisasi dan kinerja. Dengan cara ini, masing-masing orang yang melaksanakan pengaruh positif meningkatkan panggilan, keanggotaan kelompok, dan kinerja pemimpin. kepemimpinan spiritual baik sebab dan akibat sebagai anggota kelompok berinteraksi dan berbagai pemimpin formal dan informal dalam kelompok.

Komponen Model kepemimpinan rohani

Kepemimpinan rohani, dengan kehidupan batin sebagai sumber, muncul dari interaksi, harapan/iman,penglihatan, dan cinta altruistik.

Kepemimpinan Spiritual Penglihatan:
  • Banding untuk Stakeholder kunci
  • Mendefinisikan arah dan tujuan
  • Mencerminkan Cita-cita tinggi
  • Mendorong Harapan / Iman
  • Menetapkan Standar mutu
Altruistik Cinta
  • Kepercayaan / Loyalitas
  • Pengampunan / Penerimaan / Syukur
  • Integritas
  • Kejujuran
  • Keberanian
  • Kerendahan hati
  • Kebaikan
  • Keharuan
  • Kesabaran / Kelemahlembutan / Ketahanan
  • Keunggulan
  • Kesenangan

Harapan / Iman
  • Daya Tahan
  • Ketekunan
  • Sasaran Peregangan
  • Harapan penghargaan / kemenangan
  • Keunggulan

Kehidupan batin

Sebuah kehidupan batin atau latihan rohani adalah penting dalam proses memungkinkan spiritual pribadikepemimpinan dan memfasilitasi pekerjaan yang bermakna dan mengambil tempat dalam kontekskomunitas. Cordon Bleu-Tomasso korporasi mendirikan ruang batinkeheningan. Australia dan New Zealand Banking Group Ltd (ANZ) telah mengembangkan pelatihanprogram-program yang berfokus pada "Kinerja tinggi" pikiran teknik dan "tenang" bagi individulatihan spiritual. Missouri's kenaikan kesehatan berkomitmen untuk tempat kerja yang memperdalampribadi spiritualitas melalui adopsi etis penegasan proses yang menumbuhkan self-refleksi. Organisasi-organisasi ini dan banyak orang lain menyadari bahwa karyawan memiliki rohanikebutuhan (yaitu, kehidupan batin) sama seperti mereka memiliki fisik, mental, dan kebutuhan emosional, dan tidak adakebutuhan ini yang tersisa di pintu ketika mereka tiba di tempat kerja.

Kepemimpinan spiritual

  1. Harapan / Iman. Harapan adalah keinginan dengan harapan pemenuhan. Iman menambahkan kepastian harapan. Secara bersama-sama, Harapan / Iman adalah keyakinan yang teguh terhadap sesuatu yang tidak ada bukti
  2. Penglihatan. Penglihatan mengacu pada gambaran masa depan dengan beberapa komentar implisit atau eksplisit tentang mengapa orang harus berusaha untuk menciptakan masa depan itu.
  3. Altruistik Cinta. Untuk kepemimpinan spiritual, cinta altruistik didefinisikan sebagai rasa keutuhan,harmoni, dan baik-diproduksi melalui perawatan, perhatian, dan penghargaan untuk kedua diri dan lain.

Spiritual Kesejahteraan

  1. Panggilan. Panggilan mengacu pada pengalaman transendensi atau bagaimana seseorang membuat perbedaan melalui pelayanan kepada orang lain dan, dalam melakukannya, menemukan makna dan tujuan hidup
  2. Keanggotaan. Keanggotaan meliputi rasa memiliki dan masyarakat; budaya dan struktur sosial kita tenggelam dalam dan melalui mana kita mencari, apa William James, pendiri psikologi modern disebut kebutuhan paling mendasar manusia - harus dipahami dan dihargai.

Budidaya kepemimpinan rohani pribadi

Ada pepatah lama yang mengatakan bahwa Anda tidak dapat memimpin orang lain jika Anda tidak dapat memimpin diri sendiri. Oleh karena itusulit, jika tidak mustahil, menerapkan kepemimpinan rohani organisasi tanpa kuatkepemimpinan rohani pribadi. Seperti ditunjukkan di bawah, memerlukan kepemimpinan rohani pribadipraktik kehidupan batin yang sumber harapan/iman dalam visi pelayanan orang lain melaluinilai-nilai pribadi berdasarkan kasih altruistik. Dengan berkomitmen untuk visi pelayanan kepada kunci kamipemangku kepentingan, kita menemukan panggilan untuk membuat perbedaan dalam kehidupan orang lain dan, karenanya,memiliki rasa bahwa kehidupan memiliki makna dan tujuan. Dalam hidup nilai-nilai altruistik cintamelalui perawatan, perhatian, dan penghargaan diri sendiri dan orang lain, kita mengalamikeanggotaan dan rasa milik dan menjadi dipahami dan dihargai. Gabunganpengalaman panggilan dan keanggotaan adalah inti dari kesejahteraan rohani, yangsumber hasil individu dari kepemimpinan rohani pribadi-komitmen pribadi danproduktivitas, kesehatan manusia yang positif, kesejahteraan psikologis, dan kepuasan hidup.

Langkah Menjelajahi Kepemimpinan Spiritual Pribadi Anda

Langkah Satu:Menumbuhkan Satu Pusat Hidup Melalui Kesadaran

Budidaya kehidupan batin seseorang adalah proses pemahaman dan memanfaatkan, lebih besar kekuasaan dari diri kita sendiri bersama dengan cara menggambar pada kekuasaan itu untuk menjalani kehidupan luar yang lebih memuaskan. Ini berbicara dengan perasaan individu memiliki tentang arti fundamental mereka, apa yang mereka lakukan, dan kontribusi mereka. kehidupan batin adalah sumber kedua Kepemimpinan Spiritual Pribadi yang meliputi praktek individu (misalnya, meditasi,doa, yoga, journal, dan berjalan di alam) dan Kepemimpinan Spiritual Organisasi yang mendukung konteks (misalnya,di kamar untuk berdiam dan refleksi) yang membantu individu untuk menjadi lebih sadar atau sadar diri dan sadar dari waktu ke waktu

Langkah Dua : Pernyataan Misi Pribadi : Kepemimpinan spiritual dalam kegiatan sehari-hari

Pernyataan misi pribadi yang efektif memerlukan visi, misi dan nilai yang berdasar pada etika dan nilai-nilai altruistik. Ini mengidentifikasi pemangku kepentingan dan harapan mereka. Masalah yang berkaitan dengan harapan yang belum terpenuhi oleh pemangku kepentingan,menjadi tujuan dan strategi untuk mengatasi masalah ini. Program spiritual dan pernyataan misi pribadi bersama-sama memberikan rasa perdamaian dan keamanan serta mengetahui bahwa visi dan nilai-nilai dalam keadaan bebas, dan tidak berubah.

Nilai-nilai Altruistik

Nilai-nilai ini mendefinisikan sebagai nilai yang memberikan dasar untuk model kepemimpinan spiritual, karena ingin melebihi harapan dari pemangku kepentingan utama.
  1. kejujuran → Didalam nilai ini yang dicari adalah kebenaran dan suka cita yang mendasar pada tindakan kita.
  2. Integritas → Kita harus mengatakan apa yang kita lakukan dan melakukan apa yang kita katakan dan jika tidak bisa melakukan hal tersebut harus berterus terang.
  3. Kerendahan hati → bersikap sopan, sederhana, dan tidak sombong
  4. Keberanian → memiliki kekuatan mental dan moral serta keteguhan pikiran dan berani menghadapi ancaman, bahaya, kesulitan, dan rasa takut.
  5. Kebaikan → peduli terhadap sesama dan simpati terhadap orang lain
  6. Empati → merasakan secara mendalam apa yang dirasakan oleh orang lain
  7. Kesabaran/ Ketahanan → tetap bertahan dan tidak putus asa dalam menghadapi rintangan untuk mencapai tujuan
  8. Kepercayaan/ Loyalitas → keyakinan bahwa orang lain tempat kita bergantung akan memenuhi harapan-harapan kita
  9. Pengampunan/ penerimaan → lebih baik menerima semua hal dengan rasa syukur karena hal ini akan menghindarkan kita dari tindak kejahatan, kebencian, rasa dendam.
  10. Pengampunan/ penerimaan → melalukan apa yang diperlukan untuk mendapatkan pekerjaan serta berusaha memenuhi kebutuhan dan harapan orang yang kami layani melalui inovasi dan perbaikan terus-menerus.
  11. Kesenangan → Rasa senang akan memberi dampak positif pada setiap aktivitas, serta dapat merangsang pikiran, meningkatkan kreativitas dan membawa kebahagian di tempat seseorang bekerja.

Bagaimana kepemimpinan spiritual memaksimalkan Triple Bottom Line ?

Organisasi berkelanjutan yang berfokus pada pengukuran kinerja strategis merupakan gerakan untuk memaksimalkan Triple Bottom Line. Mengukur kinerja organisasi dengan cara ini membutuhkan pendekatan stakeholder. Organisasi perlu merangkul berbagai pihak eksternal dan internal yang memiliki strategi di dalam organisasi. Pemangku kepentingan ini memiliki nilai, kepentingan dan harapan yang berbeda maupun hubungan antara individu, kelompok dan organisasi lainnya. Tujuan utama dari pendekatan stakeholder adalah untuk bersama menentukan keadaan organisasi, memenuhi kebutuhan dan menjaga hak-hak berbagai pemangku kepentingan. Dengan mencapai keselarasan anatara pelanggan, pekerja, harapan pemangku kepentingan lainnya. Para pemimpin akan meningkatkan profit perusahaan bukan mengurangi.

Kepemimpinan spiritual seimbang dengan model bisnis

Model kepemimpinan spiritual bisnis balanced scorecard ditunjukan pada gambar 1 merupakan perkembangan terbaru dari pendekatan Balanced Scorecard dan Baldrige untuk mengukur kinerja. Dengan menekankan kepuasan dari stakeholder dan model kepemimpinan spiritual sebagai kunci untuk memaksimalkan Triple Bottom Line. Pemimpin strategis bertanggung jawab menciptakan visi dan nilai yang selaras di semua tingkatan organisasi. Pada gambar paling atas menampilkan proses manajemen strategis yang dimulai dengan visi dan misi yang diikuti analisis eksternal dan internal, yang menghasilkan tujuan dan rencana strategis. Tujuan ini merupakan dasar leading indicators dan outcome indicators yang dipilih sebagai kunci dari kategori balanced scorecard.

Leading indicator dan managing metrics digunakan untuk mengukur kinerja operasional terus menerus, yang digambarkan pada output/input. Umumnya, semakin strategis tingkat scorecard di bagan organisasi yang lebih berorientasi yang dilaporkan ke scorecard. Yang terdiri dari kualitas, pelanggan, kepuasan stakeholder, dan kategori kenerja keuangan balanced scorecard. Misalnya, kualitas produk dan pelayanan perusahaan adalah output yang merupakan leading indicators kepuasan pelanggan yang berubah menjadi leading indicators dari kinerja keuangan. Namun, kualitas juga merupakan lagging indicators dariefisiensi dan efektifitas kunci proses produksi organisasi.

Pada bagian bawah, pembelajaran dan pertumbuhan merupakan pusat kategori kinerja balanced scorecard, yang didorong oleh proses kepemimpinan spiritual. Hal ini karena pembelajaran dan pertumbuhan adalah indikator utama dan mendorong kategori kinerja lainnya. Seperti yang ditunjukkan garis putus-putus dari pembelajaran dan pertumbuhan untuk proses, karyawan yang memiliki rasa kesejahteraan dan komitmen, produktif, dan bertanggung jawab secara sosial akan berusaha meningkatkan proses organisasi dan menghasilkan produk berkualitas, layanan yang memuaskan pelanggan dan stakeholder lain yang akhirnya mendorong kinerja keuangan.Pembelajaran dan pertumbuhan merupakan hasil dari komitmen dan produktivitas, kesejahteraan karyawan, dan tanggung jawab sosial yang didorong oleh proses kepemimpinan spiritual. Seperti yang ditunjukkan garis putus-putus antara manajemen strategis dan proses kepemimpinan spiritual, pemimpin strategis harus memberikan dukungan untuk model kepemimpinan spiritual untuk beroperasi secara efektif antara individu, tim, dan tingkat organisasi.

Triple Bottom Line

People

Manusia. Sebuah perusahaan didirikan oleh seorang manusia dengan memekerjakan manusia & untuk memberikan dampak positif bagi manusia pada perusahaan itu & manusia disekitarnya. Artinya, fokus utama dari pendirian sebuah perusahaan adalah manusianya, bukan gedung perusahaannya, bukan keuntungan semata, ataupun yang lainnya. Dalam arti lain, bisnis berkelanjutan adalah bisnis yang memanusiakan manusia atau sebuah bisnis yang berorientasi sosial.

Planet (lingkungan)

Organisasi berdasarkan harapan dalam visi pelayangan kepada stakeholder melalui nilai altruistik yang didesikasikan untuk bertanggung jawab secara sosial. Tanggung jawab sosial perusahaan membutuhkan pencapaian yang konsisten dari organisasi dan para pekerja secara keseluruhan dalam masyarakat. Ketika anggota organisasi memiliki rasa memiliki dan komitmen untuk tujuan yang sama melalui kepemimpinan spiritual, secara keseluruhan organisasi lebih berhasil dalam memenuhi semua harapan stakeholder, termasuk yang berfokus pada keberlanjutan dan tanggung jawab sosial perusahaan.

Profit (keuntungan)

Kinerja yang baik telah mengisyaratkan perlunya melebihi laporan keuangan seperti laba dan pertumbuhan penjualan untuk kinerja non financial seperti kepuasan pelanggan, output organisasi seperti kualitas dan pengiriman, komitmen dan pertumbuhan karyawan. Komitmen karyawan adalah indikator pusat pada kategori kinerja lainnya. Dengan kata lain kepemimpinan spiritual berpengaruh positif:
  • Komitmen organisasi → sikap yang mencerminkan sejauh mana seseorang individu mengenal dan terikat pada organisasinya.
  • Produktivitas dan perbaikan secara terus-menerus → Orang yang memiliki harapan didalan visi organisasi dan akan melalukan apa yang diperlukan dalam mengejar visi untuk terus meningkat dan lebih produktif.

Bagaimana cara menerapkan organisasi kepemimpinan spiritual

Hal yang perlu dilakukan untuk melaksanakan organisasi model kepemimpinan spiritual adalah :
  1. Survey kepemimpinan spiritual
  2. Melakukan analisis stakeholder dengan tim
  3. Membuat dialog bersama untuk visi/misi/tujuan organisasi
  4. Mengidentifikasi keefektifan stakeholder
  5. Mengembangkan sistem informasi untuk mengukur efektivitas stakeholder
  6. Melakukan intervensi pengembangan organisasi dan pelatihan keterampilan 
  7. Permberdayaan tim
  8. Kolaboratif, pengambilan keputusan berdasarkan konsensus
  9. Mengelola konflik
  10. Mengelola dan mengatasi resistensi terhadap perubahan

Survey Organisasional Kepemimpinan Spiritual dan Analisis Efektivitas Visi/ Stakeholder

a. Intervensi Pengembangan Organisasi dan Pelatihan Keterampilan

Pengembangan organisasi adalah pengembangan yang direncanakan, peningkatan, dan penguatan strategi, struktur, dan proses menuju efektivitas organisasi. Umumnya, pengembangan organisasi meliputi unsur pemeberdayaan tim, kolaboratif, pengambilan keputusan berdasarkan konsensus, mengelola konflik, mengelola dan mengatasi resistensi terhadap perubahan, dan mengatasi kemarahan, kebencian, ketakutan melalui penerimaan, dan rasa syukur. Akhirnya, perubahan ini harus selaras dengan variable organisasi.

b. Pemberdayaan tim

Pembagian kekuasaan melalui pendelegasian kekuasaan dan otoritas. Karyawan diberdayakan agar lebih berkomitmen kepada organisasi melalui kepercayaan, harapan dalam visi dan nilai-nilai organisasi.

c. Mengelola Konflik

Konflik melingkupi kehidupan sehari-hari. Para manajer menghabiskan banyak waktu dan energi untuk menangani konflik. Upaya penanganan konflik sangat penting dilakukan, karena setiap jenis perubahan dalam suatu organisasi cenderung mendatangkan konflik. jika konflik tidak ditangani secara baik dan tuntas, maka akan mengganggu keseimbangan sumberdaya, dan menegangkan hubungan antara orang-orang yang terlibat. Kegagalan dalam menangani konflik dapat mengarah pada akibat yang mencelakakan. Konflik dapat menghancurkan organisasi melalui penciptaan dinding pemisah di antara rekan sekerja, menghasilkan kinerja yang buruk, dan bahkan pengunduran diri.

d. Kolaboratif dan Pengambilan Keputusan berbasis konsensus

Dalam memaksimalkan Triple Bottom Line melalui kepemimpinan spirirtual, proses kolaboratif dan proses yang berdasarkan konsensus adalah keadaan di mana masing-masing memiliki pikiran yang terbuka, jujur, bertanggung jawab dan berpartisipasi dalam memuaskan kebutuhan kedua belah pihak.

e. Mengatasi Resistensi Perubahan

Salah satu masalah terbesar yang dihadapi organisasi saat ini adalah kegagalan beradaptasi dengan perubahan lingkungan dan teknoligi yang cepat. Pemimpin harus melayani dengan visi, nilai dan motivasi untuk membantu organisasi beradaptasi dengan ancaman eksternal. Untuk memprakarsai perubahan yang berhasil, harus ada pemahaman bersama tengtang proses perubahan dan komitmen manajer puncak untuk memberdayakan karyawan.

f. Mengatasi Kebencian, Kemarahan, Rasa Takut Melalui Penerimaan dan Rasa Syukur

Kemarahan, kebencian dan ketakutan merupakan emosi yang merugikan kehidupan pribadi setiap orang. Hal tersebut muncul ketika seseorang memiliki perasaan frustasi tentang masa lalu ataupun masa depan. Jika karyawan mengalami hal tersebut maka perlu penekanan pada nilai-nilai budaya, selalu menerima dan rasa syukur.

Menyelaraskan organisasi desain variabel

Sebuah organisasi akan perlu untuk fokus pada menyelaraskan variabel kunci desain organisasi menerapkan perubahan. Ide dasar dibalik desain organisasi adalah bahwa ada beberapakunci variabel-struktur, tugas, teknologi informasi, orang, dan sistem penghargaan-yangharus cocok atau berada dalam keselarasan bagi suatu organisasi untuk melaksanakan visi, nilai-nilai, tujuan, danstrategi. Perubahan dalam salah satu variabel desain akan memanggil untuk penyesuaian lainkarena mereka semua harus membentuk terpadu seluruh atau sistem. Nilai-nilai yang terdiri dariorganisasi budaya membentuk gelar sistem. Pada akhirnya, perubahan adalah sepenuhnyaditerima dan dilaksanakan ketika ini adalah direndam dalam budaya organisasi dan menjadi "cara kita melakukan hal-hal di sekitar sini." Sampai perilaku baru yang berakar dalam norma-norma sosial dannilai-nilai bersama, organisasi akan ngelantur segera setelah tekanan untuk perubahan akan dihapus.Tahap ini mensyaratkan bahwa para pemimpin membuat sebuah upaya sadar untuk berkomunikasi bagaimana barupendekatan, perilaku dan sikap telah meningkatkan kinerja organisasi. Itu jugamemerlukan bahwa manusia dan memberi upah sistem variabel desain disesuaikan sehingga berikutnyagenerasi pemimpin benar-benar mencerminkan Orde Baru. Ini adalah di mana banyak, jika tidak sebagian besar,perubahan organisasi upaya gagal.

Featured Post

Karakteristik Meeting Room yang Sesuai untuk Meeting

Karakteristik Meeting Room - Menjamurnya bisnis startup mendorong bermunculannya perusahaan pelayanan coworking space dan private space. Be...