Tuesday, April 4, 2023

Meningkatkan Konten Lokal untuk Dunia Digital Indonesia yang Lebih Baik

Konten lokal jika didefinisikan berarti konten yang yang berasal dari lokal, dalam hal ini berarti Indonesia, disimpan di datacenter lokal yang menggunakan server jaringan lokal, dan menggunakan bahasa lokal bahasa Indonesia.

Masyarakat Indonesia merupakan salah satu pengguna internet terbanyak didunia. Menurut situs internetworldstats.com, Indonesia menempati peringkat ke-3 pengguna internet terbanyak di Asia dengan jumlah pengguna sebanyak 171.260.000 orang. Padahal 50,4% pengguna internet didunia berasal dari Asia.




Kita bisa cukup bangga bahwa dengan banyaknya pengguna internet di Indonesia sudah mulai mengakses konten lokal. dari data yang diambil dari alexa (bisa dilihat dalam gambar diatas) situs Okezone menempati peringkat 1 situs yang paling banyak diakses orang Indonesia. selain itu banyak juga media berita Indonesia yang sudah mulai diakses. ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia sudah tidak lagi ketergantungan dengan konten luar yang berarti konten lokal pun memiliki kualitas yang baik pula.


Meningkatkan Konten Lokal untuk Dunia Digital Indonesia yang Lebih Baik
Meningkatkan Konten Lokal untuk Dunia Digital Indonesia yang Lebih Baik


Jadi kenapa kita harus mengakses konten lokal?

Masyarakat Indonesia tidak semua bisa menerjemahkan bahasa asing, sehingga mengakses konten lokal menjadi satu-satunya cara untuk mendapatkan informasi. untuk itu peningkatan konten lokal sangat penting untuk dilakukan.

Seperti yang kita ketahui bahwa konten lokal berasal dari dalam negeri dengan server Web Hosting juga berasal dari dalam negeri. sehingga dengan mengakses konten lokal akan menghemat bandwith negara. bisa jadi dengan bandwith yang hemat, biaya internet akan menjadi lebih murah.

alasan ketiga perlunya mengakses konten lokal adalah keberadaan konten yang lebih cocok dengan kebutuhan kita, dalam artian lebih relevan dengan informasi yang kita cari. daripada mengharapkan konten global yang mana kita perlu menyaringnya lagi.

Alasan keempat, mengakses konten lokal sama saja dengan mengapresiasi konten buatan anak bangsa sekaligus mengkampanyekan mencintai produk dalam negeri. mengapresiasi konten lokal setidaknya akan membuat kreator bertambah semangat untuk terus berkarya dan mengembangkan kretivitasnya dalam memperbaiki produknya. 

Pentingnya Peningkatan Konten Lokal

Meskipun konten lokal sudah dilirik masyarakat Indonesia, sayangnya hanya media berita besar saja yang diakses. padahal publisher konten lokal yang masih berstatus kecil juga tidak kalah berkualitas. meningkatkan potensi konten lokal sangat penting karena mempunyai manfaat yang begitu besar bisa dirasakan masyarakat Indonesia. Lalu apa manfaat meningkatkan konten lokal Indonesia?

Menambah Lapangan Pekerjaan

salah satu manfaat meningkatnya konten lokal adalah menambah lapangan kerja. Bagaimana bisa? contohnya, apabila seseorang membuat sebuah startup baru yang kemudian berubah menjadi skala yang besar tentu saja membutuhkan karyawan atau setidaknya sebuh tim yang tentu saja perlu merekrut dan membayar mereka sehingga dapat mengurangi pengangguran terutama para ahli IT.

Menambah Pendapatan Negara

Jika sebuah startup berkembang menjadi besar, mereka akan membayar pajak ke negara yang berarti akan menambah pendapatan negara. hal lain jika kita mengakses konten luar, apakah mereka akan membayar pajak? tentu saja tidak kan. jadi itulah manfaat kedua meningkatkan potensi konten lokal.

Cara meningkatkan Konten Lokal

untuk menciptakan dunia digital Indonesia yang lebih baik, sudah seharusnya mulai sekarang perlu meningkatkan potensi konten lokal. lalu bagaimana caranya meningkatkan konten lokal?

Mengapresiasi

memberikan apresiasi dapat menciptakan interesting people yang berdampak pada meningkatnya penggunaan konten lokal digital Indonesia. dibandingkan dengan gelontoran dana, apresiasi bisa membuat kreator konten lokal untuk terus berinovasi.

Iklan

Tanpa mengiklankan produk, rasanya mengenalkan konten lokal akan terasa sulit apalagi masih baru. dengan iklan, konten lokal yang diciptakan bisa menjangkau seluruh audiens yang tertarget, dalam hal ini masyarakat Indonesia

Subsidi Modal

Membutuhkan server hosting dan Domain adalah modal awal untuk membuat konten lokal berbasis digital. padahal untuk bisa mendapatkan server dan domain memerlukan biaya. bagi orang yang ingin memulai startup dengan keterbatasan dana tentu saja hal ini menjadi penghambat, untuk itu diperlukan subsidi atau bantuan atau mungkin promo untuk biaya server Hosting Murah dan domain. sebagai wujud dalam mendukung pemberdayaan konten lokal, Indowebsite menyediakan Hosting Gratis untuk meningkatkan konten lokal. Terakhir supaya profesionalisme konten lokal terjaga, Indowebsite juga menyediakan Email Hosting demi menciptakan konten digital Indonesia yang lebih baik.

Featured Post

Karakteristik Meeting Room yang Sesuai untuk Meeting

Karakteristik Meeting Room - Menjamurnya bisnis startup mendorong bermunculannya perusahaan pelayanan coworking space dan private space. Be...