Saturday, April 8, 2023

Pengen Ngeblog? Simak Alasan Kamu Jangan jadi Blogger

Alasan jangan jadi blogger

Revolusi industri 4.0 telah membawa perubahan dalam segala sektor, tidak ketinggalan juga disektor bisnis yang beralih ke bisnis online. Salah satu kegiatan bisnis di revolusi industri 4.0 adalah ngeblog, sebuah kegiatan menulis yang bisa menghasilkan uang. Karena itu banyak sekali blogger mencoba peruntungan menjadi blogger. Namun setiap bisnis yang kita lakukan tentu punya syarat-syarat yang harus dipenuhi agar sukses. Banyak juga faktor alasan yang bisa berpengaruh terhadap kesuksesan mendalami dunia blogging. Kali ini penulis ingin mengulas alasan mengapa jangan jadi blogger. 
 
Alasan jangan jadi blogger
Alasan jangan jadi blogger

1. Males Menulis

Apa gunanya kamu menjadi blogger tapi malas menulis? Percuma kan. Bisa juga sih kalian copy paste artikel orang, tapi apa ada yang bisa dibanggakan dari menjiplak karya orang lain? penulis rasa tidak. Malas menulis merupakan dasar kamu jangan menjadi blogger, karena kegiatan ngblog adalah menulis.

2. Tidak bisa menghargai proses

Pengen cepet sukses lewat blog? Pengen cepet bisa menghasilkan dari blog? Pengen semuanya serba cepat dan instan? Eits.. hal itu bisa membuatmu berhenti ngeblog ditengah jalan. Ngeblog itu butuh proses yang gak sebentar dan butuh usaha yang maksimal, tidak bisa dilakukan secara instan. Bagi kalian yang ingin cara instan dan tidak bisa menikmati proses, mulai sekarang berhentilah ngeblog.

3. Persaingan ketat

Sekarang menjadi blogger itu sudah punya banyak sekali pesaing entah dari luar maupun dalam negeri, ditambah lagi blog berita yang isinya semua topik ada, ini mampu menggerus kejayaan para blogger dan memupus harapan blogger pemula karena persaingan yang begitu ketatnya. Bagi kalian yang tidak ingin tantangan sebaiknya jangan mengharapkan sukses menjadi blogger.

4. Susah mendatangkan visitor

Bisa jadi ini merupakan imbas dari point nomer 4, dimana semua hal dikuasai blog berita yang notabene punya banyak pengunjung setia, kalo sudah begini blog-blog yang bertebaran disitus pencarian google mendatangkan visitor dari mana? Kalo blog yang udah besar dan punya nama mungkin masih ada pengunjung loyal dan penggemarnya. lalu bagaimana dengan blog baru? mungkin akan tenggelam didasar jurang yang paling dalam hehe..

Friday, April 7, 2023

Kesalahan yang Sering Dilakukan Blogger Pemula

Beberapa Kesalahan yang harus dihindari Blogger Pemula

Kesalahan yang sering dilakukan blogger peemula - Setiap manusia tentu tidak bisa luput dari yang namanya kesalahan karena ini memang kodrat manusia itu sendiri. Disadari atau tidak kesalahan itu merupakan sebuah batu pijakan menuju kesuksesan bagi mereka yang mau memperbaiki diri.

Bagi seorang yang baru mengenal dan terjun di dunia blogging atau biasa disebut blogger pemula sudah pasti sering melakukan kesalahan entah disadari atau tidak karena jelas masih minim pengetahuan tentang dunia blogging.

Berikut penulis akan sedikit mengulas kesalahan apa saja yang biasa dilakukan blogger pemula. Tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi penulis dan beberapa referensi sumber lain. 

Kesalahan yang sering dilakukan blogger peemula
Kesalahan yang sering dilakukan blogger peemula

1. Terburu-buru

Kita tentu sudah tahu bahwa dari blog kita bisa menghasilkan uang dengan cara salah satunya menjadi publisher Google Adsense. Kesalahan yang sering dilakukan blogger pemula adalah terburu-buru mendaftarkan blognya ke Google Adsense walaupun umur blog masih baru dan artikel belum banyak. Hal ini tidaklah salah, tapi darimana profitnya?

Solusi : cobalah menaikkan visitor atau pengunjung terlebih dahulu, karena biasanya blog baru masih sepi pengunjung. Earning akan meningkat apabila pengunjung juga banyak.

2. Tidak konsisten

Banyak blogger pemula yang jarang update konten artikelnya atau update artikel tidak teratur. Banyak yang awalnya semangat, kemudian down dalam menulis artikel. Kalian tidak harus membuat dan mengupdate artikel tiap hari yang penting teratur dan konsisten.

Solusi : mungkin bisa dilakukan dengan menyusun jadwal kapan akan update artikel. Misal seminggu sekali. Yang penting tentukan jadwal free kalian

3. Membuat konten untuk mesin pencari

Terkadang kita lupa bahwa kita menulis untuk dibaca para pencari informasi. Mesin pencari akan memilah artikel untuk menjadi yang teratas. Sehingga kita mungkin berpikir untuk memasang dan menumpuk keyword sebanyak banyaknya di artikel. Hal ini justru akan merusak komposisi tulisan kita karena bisa jadi kita mengulang ulang kata kunci yang sama agar SEO On Page menjadi maksimal

Solusi : buatlah artikel untuk pengunjung. Maksudnya adalah sesuai apa yang dibutuhkan dan dicari pengunjung, intinya tulisan anda mengandung informasi yang berguna. Perhatikan juga tulisan kita apakah enak dibaca atau tidak

4. Tidak mau belajar

Dalam dunia blog banya yang harus dipelajari agar blog kita berkembang dan sukses. Namun faktor ini banyak sekali diabaikan oleh banyak blogger pemula. Hal ini mungkin wajar karena dunia blog itu luas.

Solusi : perbanyaklah membaca artikel artikel tentang dunia blogging, konsultasi dengan para blogger yang telah sukses atau lebih tahu, Belajar mengenai seo, bangun jaringan dengan blogger lain, dll.

5. Fokus pada hal teknis

Hal teknis sebenarnya pun perlu diperhatikan namun jangan terlalu fokus, misalnya kita sering otak atik atau sering sekali mengganti template, mengotak atik menu, dll. Hal ini dapat mengganggu fokus kita dalam membuat konten.

Solusi : ingat, konten adalah raja. Utamakan fokus menulis artikel dan nomer duakan hal hal teknis semacam itu. Bisa juga dengan memantapkan dahulu dalam membangun tampilan blog kemudian fokuslah menulis.

6. Kurang menghargai proses

Banyak sekali yang menginginkan cara instan agar blognya cepat sukses. Padahal biasanya cara ini kurang efektif untuk perkembangan blog jangka panjang, contoh menggunakan trafik exchange, copas artikel, dll. Padahal dengan melalui proses bertahap yang benar kita akan mendapatkan berbagai pengalaman berharga, selain itu dapat membuat kita terus belajar sesuatu yang belum kita mengerti

Solusi : sabar, dan bila kita berhasil kita sendiri akan bangga dengan jerih payah yang pernah kita lakukan selama prose.

7. Copas artikel

Memang copas artikel membuat kita tidak perlu repot membuat konten, tapi bisakah dengan copas membuat kita belajar? Entah itu belajar menulis artikel, belajar menemukan ide baru, dll. Kalo hanya copas kita tidak bisa mengembangkan kreativitas kita dalam membuat konten. Yang ada hanyalah konten sampah bertebaran di blog kita.

Solusi : banyak membaca, bolehlah kita menggunakan tulisan orang lain sebagai referensi. Tapi setelah itu kembangkan dan tulislah dengan kalimat kalian sendiri.

8. Terlalu memikirkan trafik

Blog yang sepi memang membuat blogger menjadi stress kalo terlalu dipikirkan

Solusi : belajar seo, perbanyak jaringan dengan blogger lain, share ke media sosial, promosikan postingan, dll.

Nah mungkin itu beberapa kesalahan yang sering dilakukan blogger pemula. Apabila ada masukan silahkan berkomentar dan mari saling berdiskusi.

Thursday, April 6, 2023

Lingkungan Politik Hukum dan Regulasi Pemasaran Global

Setiap pemerintahan nasional di dunia ini mengatur perdagangan dan perniagaan dengan negara lain dan mencoba mengendalikan akses dari perusahaan asing terhadap sumber daya nasional. Setiap negara mempunyai keunikan sistem hukum dan regulasi sendiri yang mempengaruhi operasi dan aktifitas perusahaan global, termasuk kemampuan pemasar global untuk mengenali peluang pasar yang ada. Hukum dan regulasi memaksa perpindahan produk, jasa, orang, uang, dan keahlian melintasi batas-batas negara. Pemasar global harus mencoba untuk menelusuri rangkaian hambatan nasional ini dan dalam beberapa hal untuk suatu kawasan. Upaya-upaya ini dihalangi oleh kenyataan bahwa hukum dan regulasi kadang-kadang ambigius dan terus-menerus berubah. 

Lingkungan Politik

Aktifitas pemasaran global mengambil tempat dalam lingkungan politik institusi pemerintah, partai politik, dan organisasi melalui orang-orang dan aturan negara dengan menggunakan kekuatan. Setiap perusahaan yang menjalankan bisnis di luar negara asalnya harus hati-hati mempelajari struktur pemerintahan di negara yang menjadi sasarannya dan menganalisis isu-isu yang menyolok yang timbul dari lingkungan politik. Hal ini termasuk sikap pihak pemerintah terhadap kedaulatan, risiko politik, pajak, ancaman pencairan saham. dan penyitaan.

Negara Kebangsaan dan Kedaulatan

Kedaulatan dapat didefinisikan sebagai otoritas politik yang tertinggi dan independen. Seabad yang lalu, Ketua Mahkamah Agung A.S. Justice Fuller mengatakan, "Setiap negara berdaulat terikat untuk menghormati kemerdekaan kedaulatan negara lain, dan pengadilan di satu negara tidak akan bersidang mengadili tindakan yang dilakukan pemerintah negara lain di dalam wilayahnya." Baru-baru ini, Richard Stanley memberikan definisi singkat berikut:

Sebuah negara berdaulat dinyatakan bebas dan merdeka. Negara tersebut mengatur perdagangan, mengelola arus masuk dan keluarnya orang-orang dan batas wilayah negaranya, dan menggunakan hak hukum yang tidak terpisah atas semua orang dan barang yang berada dalam wilayahnya. Negara mempunyai hak otoritas, dan kemampuan untuk memimpin urusan-urusan domestiknva tanpa campur-taiigan pihak luar dan menggunakan kekuatan dan penganait internasionalnya dengan penuh kebijaksanaan.

Tindakan pemerintah atas nama kedaulatan terjadi dalam konteks dua criteria yang penting: tahap perkembangan suatu negara serta system politik dan ekonomi yang diterapkan di negara tersebut.

Banyak pemerintah di negara-negara berkembang mengendalikan perkembangan perekonomian nasional mereka dengan melakukan proteksi melalui hukum dan regulasi. Sasarannya adalah untuk mendorong perkembangan ekonomi dengan memproteksi industri perintis dan industri strategis. Sebaliknya, ketika banyak negara mencapai tahap perkembangan ekonomi yang tinggi, pemerintah mereka mengumumkan (paling tidak, dalam teori) bahwa setiap praktik atau kebijakan yang menghambat perdagangan bebas itu adalah ilegal. Undang-undang dan regulasi antitrust dibuat untuk menggiatkan persaingan yang adil. Hukum di negara maju sering ditetapkan dan dipertahankan menjadi aturan sosial suatu bangsa; hukum dapat memperluas tingkah laku politik, budaya, dan bahkan aktifitas intelektual dan sosial.

Kebanyakan perekonomian dunia menggabungkan elemen-elemen sistem perintah dan pasar, kekuatan politik kedaulatan dalam suatu perekonomian yang mengutamakan perintah cukup jauh mencapai umur ekonomis suatu negara. Sebaliknya, di negara-negara kapitalis, demokrasi yang berorientasi pasar. kekuatan tersebut cenderung lebih banyak menjadi hambatan. Fenomena global terkini di dalam struktur perintah dan pasar cenderung mengacu pada swastanisasi. yaitu. tindakan-tindakan pemerintah dirancang untuk mengurangi keterlibatan langsung pemerintah dalam perekonomian sebagai pemasok barang dan jasa. Intinya, setiap tindakan swastanisasi itu memperkecil porsi perintah dari bauran sistem ekonomi.

Risiko Politik

Risiko politik, risiko perubahan kebijakan pemermtah yang pengaruhnya akan merugikan kemampuan perusahaan untuk beroperasi secara efektif dan kemampuan labaannya, dapat menghalangi perusahaan yang ingin berinvestasi di luar negeri. Apabila tingkat risiko politik dirasa lebih rendah, sebuah negara kemungkinan lebih menarik untuk tempat berinvestasi. Tingkat risiko pofink proporsional dengan tahap perkembangan ekonomi sebuah negara: Yang lain semuanva adalah sama, semakin kecil perkembangan di suatu negara, semakin besar risiko politiknya.

Pajak

Tidak jarang sebuah perusahaan didaftarkan di sebuah negara, melakukan bisnis di negara lain, dan mempunyai kantor pusat di negara ketiga. Kegiatan yang tersebar secara geografi ini memerlukan pemikiran khusus untuk pembayaran pajak. Banyak perusahaan yang melakukan usaha-usaha untuk meminimkan kewajiban pajaknya dengan memindahkan lokasi pendapatannya. Sebagai contoh, diperkirakan pengelakan pajak oleh perusahaan-perusahaan asing yang menjalankan bisnisnya di Amerika Serikat membebani pemerintah A.S. beberapa miliar dolar setiap tahunnya akibat hilangnya pendapatan. Salah satu pendekatan yang dilakukan, disebut earning stripping, di mana perusahaan- perusahaan asing mengurangi pendapatan dengan memberikan pinjaman kepada afiliasi A.S. daripada melakukan investasi langsung untuk membiayai kegiatan mereka di A.S. Anak perusahaan di A.S. dapat mengurangi bunga yang harus dibayarkan terhadap pinjaman tersebut, dengan cara itu akan mengurangi beban pajaknya.

Tidak ada hukum internasional universal yang mengatur pungutan pajak atas perusahaan yang melakukan bisnis melintasi batas-batas nasional. Untuk memberikan perlakuan adil kepada perusahaan, banyak negara melakukan negosiasi bilateral terhadap perjanjian pajak untuk memberikan pengurangan pajak bagi pajak yang sudah dibayar di luar negeri. Amerika Serikat mempunyai lusinan perjanjian semacam itu yang sekarang sedang berlaku. Pada umumnya, perusahaan asing dikenai pajak oleh negara tuan rumah §ampai tingkat yang dibebankan di negara asal, suatu pendekatan yang tidak menambah beban pajak total kepada perusahaan tersebut.

Kontrol atas Saham

Tekanan politik terhadap kendali nasional dari perusahaan asing merupakan bagian dari lingkungan bisnis global di negara-negara yang pendapatannya lebih rendah. Tujuan terpenting dari pemerintah nasional adalah untuk melindungi hak kedaulatan nasional, khususnya dalam segala aspek kegiatan bisnis domestik. Pemerintah setempat kadang- kadang mencoba untuk mengendalikan kepemilikan perusahaan yang dipunyai asing yang beroperasi di dalam batas wilayah mereka. Di negara-negara berkembang, tekanan politik kadang-kadang menyebabkan perusahaan mengambil mitra lokal.

Peraturan yang mengharuskan perusahaan untuk mencairkan sahamnya tidak pernah disukai dalam ruang rapat direksi sekalipun demikian konsekuensi dari peraturan seperti itu sering kali secara mengherankan terayata menguntungkan. Mereka mengidentifikasi ada empat buah pilihan yang tersedia bagi perusahaan yang menghadapi ancaman pencairan saham:
  1. Mengikuti isi undang-undang yang beriaku.
  2. Meninggalkan negara itu. 
  3. Melakukan negosiasi di bawah undang-undang itu. 
  4. Mengambil tindakan yang mendahului.
Studi yang dilakukan Encarnation dan Vachani mengajarkan beberapa hal penting.
  1. Pertama, telitilah berbagai kemungkinan.
  2. Gunakanlah undang-undang untuk mencapai tujuan Anda sendiri 
  3. Antisipasilah perubahan kebijakan pemerintah. 
  4. Dengarkanlah apa yang dikatakan oleh manajer setempat.

Penyitaan

Ancaman pokok yang dapat diajukan pemerintah terhadap perusahaan adalah penyitaan. Penyitaan mengacu pada tindakan pemerintah untuk menghapuskan sebuah perusahaan.

Kompensasi umumnya diberikan kepada investor asing meskipun tidak selalu dengan cara yang "cepat, efektif, dan memadai” dengan standar internasional. Nasionalisasi terjadi jika kepemilikan barang atau aset yang dipermaslahkan dialihkan kepada tuan rumah pemerintahan. Kalau kompensasi tidak dilakukan, maka tindakan itu lebih tepat disebut konfiskasi (confiscation).

Secara singkat dalam penyitaan atau nasionalisasi langsung, istilah penyitaan yang merambat telah diterapkan untuk membatasi kegiatan ekonomi dari perusahaan asing di negara-negara berkembang tertentu. Ini termasuk pembatasan pada pengiriman laba, dividen, royalti, atau honorarium atas bantuan teknik dari investasi lokal atau pengaturan teknologi, ditambah dengan meningkatnya persyaratan kandungan lokal, kuota untuk mempekerjakan warga setempat, pengendalian harga, dan pembatasan lain yang mempengaruhi pengembalian investasi. Perusahaan global juga dirugikan karena diskriminasi hambatan tarif dan nontarif yang membatasi pemasukan pasar (market entry) dari barang industri dan konsumen tertentu, seperti halnya undang-undang diskriminatoris mengenai paten dan merek dagang. Pembatasan hak milik intelektual mempunyai pengaruh praktis yang menghilangkan atau mengurangi secara drastis perlindungan terhadap produk-produk farmasi. 

Lingkungan Politik Hukum dan Regulasi Pemasaran Global
Lingkungan Politik Hukum dan Regulasi Pemasaran Global

Hukum Internasional

Hukum intemasional dapat didefinisikan sebagai perainran dan prinsip-prinsip yang dipandang sebagai mengikat oleh berbagai negara dan bangsa. Ada dua kategori hukum intemasional: hukum publik, atau hukum intemasional; dan hukum perdagangan intemasional. Hukum intemasional menyangkut bidang perdagangan dan bidang lain yang secara tradisional berada di bawah yurisdiksi dari masing-masing bangsa.

Hukum internasional masih tetap mempunyai fungsi penegak peraturan, meskipun dalam pengertian yang lebih luas ketimbang masalah-masalah yang dihadapi yang timbul akibat peperangan. Pertama, hukum internasional pada dasarnya merupakan campuran dari pakta, perjanjian, kode, dan kesepakatan. Karena perdagangan di antara negara-negara terus berkembang, aturan dalam urusan perdagangan diasumsikan mengalami peningkatan yang penting. Sementara hukum.tersebut pada dasarnya hanya berlaku bagi bangsa-bangsa sebagai kesatuan, suatu kumpulan badan hukum telah berkembang untuk menolak ide tersebut, yaitu hanya negara yang berkepentingan terhadap hukum internasional tersebut.

Hukum Adat Versus Hukum Perdata (Code Law)

Hukum perdata internasioaal (private internasional law) merupakan badan hukum yang berlaku bila tafsiran dan perselisihan terjadi akibat transaksi perdagangan antar perusahaan dari negara yang berbeda-beda. Sebagai catatan, undang-undang perdagangan pemerintah muncul secara bertahap.

Sekarang inij mayoritas negara-negara mempunyai sistem hukum berdasarkan tradisi-tradisi kode (perdata)-sipil, meskipun begitu jumlah negara yang memadukan konsep-konsep itu meningkat, dan sistem-sistem cangkokan pun muncul. Undang-undang disusun pada tingkat nasional, federal, atau negara bagian; undang-undang administratif mula-mula berasal dari badan dan komunitas lokal; dan perkara hukum merupakan produk dari sistem peradilan.

Di bawah hukum sipil atau hukum perdata, sistem peradilan dibagi ke dalam hukum sipil, perdagangan. dan kriminal. Jadi, hukum perdagangan mempunyai struktur administratif sendiri. Sebagai contoh, hak properti ditetapkan dengan registrasi formal terhadap properti tersebut pada pengadilan perdagangan. Hukum kode (perdata) menggunakan kodifikasi, norma tertulis, yang dilengkapi dengan keputusan pengadilan. Di lain pihak, hukum adat dibentuk melalui tradisi dan sesuatu yang bisa dijadikan teladan, yang merupakan putusan-putusan dari kasus terdahulu; sampai sekarang ini, hukum perdagangan tidak diakui sebagai suatu kesatuan khusus. Perbedaan- perbedaannya termasuk definisi "takdir Tuhan"; yang berdasarkan hukum adat ungkapan ini dapat hanya mengacu pada banjir, badai, dan bencana alam lainnya kecuali kalau diperluas melalui perjanjian. Di negara yang menganut hukum perdata, suatu "gangguan yang dapat dihindari dengan perbuatan" dapat dilihat sebagai takdir Tuhan. Di negara yang menganut hukum perdata, hak kepemilikan intelektual harus didaftarkan, sementara di negara yang menganut hukum adat, beberapa—seperti misalnya merek dagang tidak dipatenkan—ditentukan oleh penggunaan sebelumnya.

Sistem hukum negara tuan rumah—yaitu, baik hukum adat dan hukum perdata—langsung mempengaruhi keseluruhan bentuk hukum bisnis yang akan diambil. Di negara-negara yang menganut hukum adat, perusahaan mendapat jaminan dari otoritas publik. Di negara yang menganut hukum perdata, perusahaan didirikan agar bisa beroperasi berdasarkan kontrak antara dua atau lebih pihak yang sepenuhnya bertanggung jawab atas tindakan-tindakan yang diambil oleh perusahaan. 

Mengelakkan Permasalahan Hukum : Isu Bisnis yang Penting

Sudah jelas, lingkungan hukum global itu sangat dinamis dan kompleks. Oleh karena itu, cara yang terbaik untuk diikuti adalah meminta bantuan pakar hukum. Namun, pemasar yang cerdik dan proaktif dapat berbuat banyak untuk mencegah situasi yang menimbulkan konflik, khususnya isu yang menyangkut pendirian, yurisdiksi, paten dan merek dagang, antitrust, lisensi dan rahasia dagang, serta penyuapan.

Pendirian

Untuk menjalankan bisnis, warga negara dari suatu negara harus mendapat jaminan bahwa mereka akan diperlakukan secara adil di negara lain. Sebagai contoh, di Eropa Barat, pencanangan Pasar Ihnggal sekarang menjamin warga negara dari negara anggota memperoleh perlakuan yang adil dalam hal bisnis dan kegiatan ekonomi yang mereka lakukan dalam Pasar Bersama. Perumusan aturan pemerintah yang mengatilr kegiatan perdagangan, bisnis, dan ekonomi di Uni Eropa menyediakan pokok tambahan bagi hukum intemasional.

Amerika Serikat telah menandatangani perjanjian persahabatan, perdagangan, dan navigasi dengan lebih dari 40 negara. Perjanjian ini memberikan hak kepada warga negara A.S. untuk memperoleh perlakuan nondiskriminasi dalam melakukan kegiatan perdagangan, hak timbal-balik untuk mendirikan bisnis, dan, khususnya, untuk berinvestasi. Perjanjian perdagangan rfiemberikan hak istimewa, untuk terlibat dalam kegiatan bisnis di negara lain selain negaranya sendiri. Hal ini dapat menciptakan masalah bagi manajer bisnis yang mungkin masih di bawah kekuasaan hukum mereka ketika mereka keluar dari negara asalnya. Sebagai contoh, warga negara A.S. dilarang oleh Foreign Corrupt Practices Act untuk menyuap pejabat dari pemerintah asing atau partai politik, meskipun menyuap merupakan kebiasaan di negara tersebut untuk bisa menjalankan bisnis di negara itu.

Yurisdiksi

Karyawan perusahaan yang bekerja di luar negeri seharusnya memahami segala hal yang menyangkut yurisdiksi dari sistem peradilan negara setempat: Perusahaan asing yang beroperasi di Amerika Serikat harus memahami bahwa pengadilan mempunyai yurisdiksi terhadap tingkat di mana perusahaan tersebut dapat ditunjuk untuk "menjalankan bisnis" di negara bagian tempat pengadilan itu b'erada. Pengadilan dapat memeriksa apakah perusahaan asing itu mempunyai kantor, menjalankan bisnis, mempunyai rekening bank atau properti lainnya, atau mempunyai agen atau karyawan lainnya di negara tersebut yang bermasalah.

Masing-masing pihak harus mencapai kesepakatan atas permasalahan dan hukum negara mana yang akan digunakan harus secara spesifik disebutkan dalam klausul yurisdiksional. Ada beberapia alternatif pilihan dari: hukum yang ada di tempat domisili atau kantor pusat bisnis salah satu pihak, tempat kontrak dibuat, atau tempat kontrak dilaksanakan. Bila terjadi perselisihan dengan kontrak semacam itu, hal itu harus diperiksa dan diputuskan oleh pihak yang netral seperti pengadilan atau badan arbritasi. Jika kedua belah pihak gagal menetapkan peraturan negara mana yang berlaku, ada serangkaian peraturan kompleks yang mengatur "konflik hukum" yang diterapkan oleh pengadilan atau pengadilan arbitrase. Kadang-kadang, hasilnva ditentukan dengan bantuan "skala keadilan," di mana kriteria dari masing-masing pihak berada di sisi yang berbeda dalam skala itu.

Hak Intelektual: Paten dan Merek Dagang

Hak paten dan merek dagang yang dilindungi di satu negara belum tentu dilindungi di negara lain, jadi pemasar global harus memastikan bahwa hak paten'dan merek dagangnya didaftarkan di setiap negara di mana bisnis mereka berada. Di Amerika Serikat, di mana hak paten, merek dagang, dan hak cipta didaftarkan pada Federal Patent Office, pemegang hak paten tetap menguasai hak cipta untuk umur paten itu meskipun produk tersebut tidak diproduksi atau dijual. Perlindungan terhadap hak paten dan merek dagang di Amerika Serikat sangat baik, dan undang-undang Amerika mengandalkan pada jurus prudensi kasus-kasus yang diputuskan pengadilan sebelumnya sebagai pedoman. Kadang-kadang perusahaan menemukan cara untuk memanfaatkan jalan keluar atau peluang unik lainnya yang ditawarkan oleh undang-undang paten dan merek dagang di masing-masing negara.

Pelanggaran merek dagang dan hak cipta merupakan persoalan kritis di dalam pemasaran global dan hal itu dapat dalam beragam bentuk. Pemalsuan (counterfeiting) merupakan pengkopian atau menghasilkan suatu produk secara tidak sah. Pemalsuan tidak penuh, atau peniruan, dengan menggunakan nama produk yang sedikit berbeda dari merek yang sudah terkenal tetapi cukup dekat untuk membuat konsumen mengasosiasikannya dengan produk yang asli. Tipe ketiga dari pemalsuan ini adalah pembajakan (piracy), mempublikasikan atau memproduksi ulang suatu karya cipta secara tidak sah. Pembajakan khususnya merugikan di industri hiburan dan software-, program komputer, videotapes, kaset, dan compact discs yang umumnya mudah untuk diduplikat secara ilegal.

Antitrust

Undang-undang antitrust dirancang untuk melawan praktik bisnis terbatas di Amerika Serikat dan mendorong persaingan. Undang-undang antitrust Amerika merupakan warisan dari zaman "krisis kepercayaan" di abad ke 19 di A.S. dan ditujukan untuk memperbaiki persaingan bebas dengan membatasi konsentrasi kekuatan ekonomi. Undang-undang ini berlaku bagi perusahaan asing yang menjalankan bisnis di Amerika Serikat dan diperluas untuk aktifitas perusahaan-perusahaan A.S. di luar batas-batas A.S., sama halnya jika perusahaan tersebut mempertimbangkan untuk memiliki suatu pengaruh pada perdagangan A.S. yang berlawanan dengan hukum. Hukum yang sama juga memberikan peningkatan yang penting di luar Amerika Serikat.

Lisensi dan Rahasia Dagang

Lisensi merupakan perjanjian kontraktual di mana lisensor mengizinkan pemegang lisensi untuk menggunakan hak paten, merek dagang, rahasia dagang, teknologi, atau aset tak berwujud lainnya sebagai ganti atas pembayaran royalti atau bentuk kompensasi lainnya. Lamanya perjanjian lisensi dan jumlah royalti yang dapat diterima perusahaan merupakan masalah negosiasi komersial antara pemberi dan penerima lisensi. dan tidak ada pembatasan atas pengiriman royalti ke luar negeri. Dan di banyak negara. elemen-elemen dari lisensi ini diatur oleh lembaga pemerintah.

Pertimbangan penting dalam memberikan lisensi termasuk analisis mengenai aset apa (hak milik) yang akan dnawaikan perusahaan untuk dilisensi, berapa harga aset tersebut. apakah hanya memberikan hak untuk "membuat" produk atau memberikan hak untuk "menggunakan" dan "menjual" produknya juga. Hak untuk memberikan sublisensi merupakan isu penting lainnya. Seperti halnya dengan persetujuan distribusi. keputusan juga harus dibuat untuk hal-hal yang menyangkut pengaturan eksklusif atau noneksklusif dan besarnya kewenangan penerima lisensi.

Untuk melindungi pemegang lisensi dari penggunaan teknologi yang dilensikan untuk bersaing secara langsung dengan pemberi lisensi, lisensor mungkin mencoba membatasi pemegang lisensi untuk hanya menjual di negara asalnya saja. Pemberi lisensi mungkin juga mengikat secara kontraktual pemegang lisensi untuk tidak terus menggunakan teknologi tersebut setelah kontrak tersebut berakhir.

Rahasia dagang merupakan informasi atau pengetahuan rahasia yang mempunyai nilai komersial, yang berada dalam lindungan hak cipta, dan yang mana untuk itu dibuat langkah-langkah untuk tetap menjaga kerahasiannya. Rahasia dagang termasuk proses manufacturing, formula, rancangan, dan daftar pelanggan. Untuk melindungi penyingkapannya lisensi rahasia dagang yang tidak dipatenkan harus dihubungkan dengan setiap karyawan yang mempunyai akses ke informasi yang Serikat, rahasia dagang dilindungi oleh undang-undang negara bagian daripada undang-undang federal.

Suap dan Korupsi: Isu-isu Hukum dan Etika

Sejarah tidak mencatat meledaknya kehebohan intemasional ketika Charles M. Scwab menghadiahkan kalung berlian dan mutiara senilai; $200,000 kepada kekasih kemenakan laki-laki Czar Alexander. Sebagai gantinya, Betlehem Steel memenangkan kontrak untuk mensuplai rel kereta api lintas Siberia. Saat ini, di era pasca Sovyet, perusahaan- perusahaan Barat kembali tergoda dengan munculnya peluang di Eropa Timur. Di sini, seperti di Timur Tengah dan di bagian-bagian lainnya di dunia ini, perusahaan-perusahaan Barat tersebut menemukan bahwa suap merupakan suatu cara hidup dan korupsi menyebar luas. Perusahaan Amerika, khususnya) dibatasi dalam respons mereka terhadap situasi seperti itu oleh kebijakan pemerintah A. S. pasca era Watergate. 

Pemecahan Konflik, Penyelesaian Perselisihan, dan Proses Pengadilan

Berbagai negara mempunyai cara yang berbeda dalam penanganan ke arah pemecahan konflik. Amerika Serikat mempunyai lebih banyak pengacara dibandingkan negara mana pun di dunia ini dan tidak diragukan lagi paling banyak menyelenggarakan proses pengadilan di dunia. Ini mencerminkan sifat dasar budaya Amerika yang berkonteks rendah, semangat persaingan yang konfrontasional, dan tidak adanya satu dari prinsip yang penting dalam peraturan perundang-undangan: Orang yang kalah membayar semua biaya sidang bagi semua pihak.

Konflik tidak mungkin dihindari akan muncul dalam bisnis di mana pun,khususnya apabila budaya yang berbeda bertemu untuk membeli, menjual, mendirikan usaha patungan, bersaing. dan bekerja sama di pasar global. Bagi perusahaan Amerika, perselisihan dengan pihak asing seringkali dalam hal yusrisdiksi negara asalnya. Masalah tersebut dapat diajukan ke pengadilan Amerika Serikat, di mana perusahaan dan pengacaraiiya dapat menikmati keuntungaii atas "proses pengadilan negaranya". Namun, proses pengadilan yang terjadi di pengadilan negara asing menjadi sangat kompleks, karena bukan saja ada perbedaan bahasa, sistem hukum, mata uang, dan kebiasaan Serta pola bisnis tradisional. Intinya. penemuan adalah proses mencari fakta untuk membuktikan tuntutan dan menentukan bukti mana yang dapat diterima di negara tertentu dan dalam kondisi yang bagaimana. Untuk semua alasan ini, banyak negara yang lebih suka melakukan arbitrase sebelum proses pengadilan dijalankan.

Alternatif terhadap Proses Pengadilan untuk Penyelesaian Perselisihan

Penyelesaian di luar pengadilan (extrajudicial) merupakan alternatif pendekatan yang memberikan cara yang lebih cepat, lebih mudah, dan lebih murah untuk menyelesaikan perselisihan perdagangan daripada melalui proses pengadilan. Sesungguhnya, alternatif pendekatan tersebut mempunyai tradisi yang sudah berabad-abad umurnya. Kamar dagang mula-mula mendengarkan dan menyelesaikan perselisihan seperti itu ketika perdagangan teijadi antara suku bangsa atau bangsa yang berbeda. Penyelesaian perselisihan perdagangan modern dalam pasar global mempunyai berbagai bentuk dan diwujudkan di banyak tempat. Arbitrase adalah suatu bentuk penyelesaian dalam perselisihan bisnis internasional formal yang dilakukan di luar pengadilan yang mendengarkan semua pihak yang terlibat sebelum mendengarkan dari tiga anggota juri. Biasanya, hasilnya merupakan suatu keputusan di mana pihak-pihak yang bersengketa setuju untuk patuh. Pengadilan Arbitrase telah lama ada di London dan Zurich.

Lingkungan Pengaturan

Lembaga pengatur dalam pemasaran global terdiri dari beragam agensi, baik dari pihak pemerintah maupun yang non-pemerintah, yang menjalankan undang-undang atau menetapkan garis pedoman untuk memimpin bisnis. Sejumlah lembaga agensi yang ditujukan untuk permasalahan-permasalahan pemasaran yang sangat luas, termasuk hal-hal berikut: pengendalian harga, penetapan nilai impor dan ekspor, praktik perdagangan, pemberian label, pengaturan makanan dan obat-obatan, kondisi tenaga kerja, tawar-menawar kolektif, isi iklan, praktik persaingan, dan sebagainya. Keputusan IEOs mengikat dan dijalankan oleh negara-negara yang menjadi anggotanya

Organisasi Ekonomi Regional: Contoh Uni Eropa

Perjanjian Roma telah membentuk Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE), pelopor terbentuknya UE. Perjanjian itu terdiri dari ratusan pasal, beberapa di antaranya secara langsung dapat dipakai untuk perusahaan global dan pemasar global. Pasal 30 sampai 36 menetapkan kebijakan umum yang mengacu sebagai "Arus Bebas dari Barang, Orang, Modal, dan Teknologi" di antara negara-negara anggotanya. Pasal 85-86 berisi peraturan mengenai persaingan yang diamendir oleh berbagai pengarahan dari Komisi Uni Eropa. Pasal-pasal ini dan pengarahannya berisi undang-undang dasar komunitas, yang setara dengan hukum federal A.S.

Pengadilan Peradilan Eropa yang berbasis di Luksemburg, mendengarkan perselisihan yang terjadi di antara 15 negara Uni Eropa yang menjadi anggotanya atas permasalahan perdagangan seperti merger, monopoli, dan hambatan perdagangan. Pengadilan itu juga berwenang untuk memecahkan konflik antara undang-undang nasional dan undang-undang UE, yang di kebanyakan kasus, akhirnya menggantikan undang-undang nasional dari masing-masing negara Eropa.

Organisasi Perdagangan Dunia

Organisasi Perdagangan Dunia (World Trade Organization—WTO, sebelumnya GATT) merupakan badan pengatur dengan pengaruh yang sangat luas dalam kegiatan pemasaran global. Lebih dari 120 pemerintah negara yang menandatangani perjanjian GATT dalam usaha untuk menciptakan hubungan perdagangan intemasional yang teratur dan dapat diprediksi. Terdapat tiga prinsip dasar dalarh GATT. Yang pertama mengacu pada nondiskriminasi, setiap negara anggota harus memperlakukan perdagangan dari semua negara anggota dengan cara yang sama. Prinsip kedua adalah pasar terbuka yang didorong oleh GATT lewat larangan segala bentuk proteksi kecuali tarif bea-cukai. Prinsip ketiga adalah perdagangan yang adil, yang melarang subsidi ekspor atas produk manufaktur dan membatasi penggunaan subsidi ekspor untuk produk primer. Dalam kenyataannya, tak satu pun dari prinsip-prinsip ini yang diwujudkan sepenuhnya, meskipun banyak kemajuan yang telah dilakukan selama putaran Uruguay. Penghalang non-tarif, proteksi atas hak kepemilikan intelektual, dan subsidi pemerintah tetap menjadi batU sandungan besar.

Isu Etis

Etika, seperti lingkungan hukum, bervariasi di seluruh dunia. apa yang dapat diterima di suatu negara dapat dianggap tidak etis di negara lain. di samping pertanyaan-pertanyaan moral nyata, perusahaan dapat menderita bila publikasi negatif dihasilkan. contoh kasusnya adalah penggunaan tenaga kerja anak atau dugaan penggunaannya untuk melakukan hal yang benar tetapi juga menghasilkan publisitas yang baik, perusahaan dapat melakukan pendekatan aktif terhadap isu-isu etis.

Wednesday, April 5, 2023

Tips meningkatkan alexa rank

Sebelumnya penulis telah membahas seberapa penting alexa rank untuk sebuah blog atau website. Dan sekarang kita akan membahas bagaimana cara meningkatkan alexa rank. Kita tahu bahwa semakin kecil angka alexa rank maka blog atau website tersebut semakin bagus.

Alexa rank merupakan perankingan dari alexa yang merupakan perusahaan di bawah Amazon yang bergerak di bidang seo analizer. Dimana situs alexa menyediakan trafik pengunjung, keyword research tool, ranking website secara global, popularitas website secara nasional, dan lain lain.

Alexa rank masih dipercaya sebagai SEO tool yang kredibel dan akurat untuk melakukan perangkingan suatu website. Maka banyak para penggiat internet berusaha untuk merampingkan alexa rank nya agar terlihat bagus di mata mesin pencari. Konon katanya website dengan alexa rank yang ramping lebih disukai google dan diprioritaskan oleh mesin pencari.

Lalu bagaimana cara meningkatkan alexa rank? Berikut ulasan strategi meningkatkan alexa rank.

Tips meningkatkan alexa rank
Tips meningkatkan alexa rank

Teknik Meningkatkan Alexa rank

Setidaknya ada 3 cara yang sudah berhasil penulis rangkum mengenai cara meningkatkan alexa rank

1. Memperbanyak visitor atau pengunjung

Dalam menentukan ranking, alexa rank mempertimbangkan banyaknya pengunjung dan page view blog yang bersangkutan. Jadi tips nya adalah :

a. Memperbanyak artikel berkualitas dan menarik secara rutin

Artikel yang berkualitas dan menarik tentu akan membuat pengunjung tertarik untuk berkunjung lagi dan tidak menutup kemungkinan konten tersebut akan di share oleh visitor.

b. Mempelajari cara seo

Mengoptimalkan konten agar beada dihalaman teratas bisa berdampak pada banyaknya pengunjung yang datang

c. Share ke media sosial

Media sosial merupakan salah satu media untuk memperbanyak pengunjung, buat thumnail dan judul menarik biasanya akan memikat para pengguna media sosial

2. Memahami cara kerja Alexa Rank

Nomer satu merupakan salah satu cara kerja alexa rank. Selain itu menginstal alexa toolbar di browser kalian dan merekomendasikan alexa toolbar kepada orang lain dapat meningkatkan alexa rank. Jangan lupa juga untuk mendapatkan kode verifikasi alexa guna meyakinkan alexa tentang kepemilikan website anda.

3. Backlink

Backlink merupakan salah satu indikator yang dipertimbangkan Alexa Rank. Backlink disini tentunya harus berkualitas. Backlink berkualitas tentunya backlink yang tidak dianggap sebagai backlink spam. Caranya dengan menjalin partner blog, berkomentar di forum, perbanyak share, menjalin tukar backlink dengan orang lain, dan lain-lain.

Mungkin itu saja cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan alexa rank. Apabila ada masukan silahkan berkomentar dan mari saling berdiskusi

Tuesday, April 4, 2023

Meningkatkan Konten Lokal untuk Dunia Digital Indonesia yang Lebih Baik

Konten lokal jika didefinisikan berarti konten yang yang berasal dari lokal, dalam hal ini berarti Indonesia, disimpan di datacenter lokal yang menggunakan server jaringan lokal, dan menggunakan bahasa lokal bahasa Indonesia.

Masyarakat Indonesia merupakan salah satu pengguna internet terbanyak didunia. Menurut situs internetworldstats.com, Indonesia menempati peringkat ke-3 pengguna internet terbanyak di Asia dengan jumlah pengguna sebanyak 171.260.000 orang. Padahal 50,4% pengguna internet didunia berasal dari Asia.




Kita bisa cukup bangga bahwa dengan banyaknya pengguna internet di Indonesia sudah mulai mengakses konten lokal. dari data yang diambil dari alexa (bisa dilihat dalam gambar diatas) situs Okezone menempati peringkat 1 situs yang paling banyak diakses orang Indonesia. selain itu banyak juga media berita Indonesia yang sudah mulai diakses. ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia sudah tidak lagi ketergantungan dengan konten luar yang berarti konten lokal pun memiliki kualitas yang baik pula.


Meningkatkan Konten Lokal untuk Dunia Digital Indonesia yang Lebih Baik
Meningkatkan Konten Lokal untuk Dunia Digital Indonesia yang Lebih Baik


Jadi kenapa kita harus mengakses konten lokal?

Masyarakat Indonesia tidak semua bisa menerjemahkan bahasa asing, sehingga mengakses konten lokal menjadi satu-satunya cara untuk mendapatkan informasi. untuk itu peningkatan konten lokal sangat penting untuk dilakukan.

Seperti yang kita ketahui bahwa konten lokal berasal dari dalam negeri dengan server Web Hosting juga berasal dari dalam negeri. sehingga dengan mengakses konten lokal akan menghemat bandwith negara. bisa jadi dengan bandwith yang hemat, biaya internet akan menjadi lebih murah.

alasan ketiga perlunya mengakses konten lokal adalah keberadaan konten yang lebih cocok dengan kebutuhan kita, dalam artian lebih relevan dengan informasi yang kita cari. daripada mengharapkan konten global yang mana kita perlu menyaringnya lagi.

Alasan keempat, mengakses konten lokal sama saja dengan mengapresiasi konten buatan anak bangsa sekaligus mengkampanyekan mencintai produk dalam negeri. mengapresiasi konten lokal setidaknya akan membuat kreator bertambah semangat untuk terus berkarya dan mengembangkan kretivitasnya dalam memperbaiki produknya. 

Pentingnya Peningkatan Konten Lokal

Meskipun konten lokal sudah dilirik masyarakat Indonesia, sayangnya hanya media berita besar saja yang diakses. padahal publisher konten lokal yang masih berstatus kecil juga tidak kalah berkualitas. meningkatkan potensi konten lokal sangat penting karena mempunyai manfaat yang begitu besar bisa dirasakan masyarakat Indonesia. Lalu apa manfaat meningkatkan konten lokal Indonesia?

Menambah Lapangan Pekerjaan

salah satu manfaat meningkatnya konten lokal adalah menambah lapangan kerja. Bagaimana bisa? contohnya, apabila seseorang membuat sebuah startup baru yang kemudian berubah menjadi skala yang besar tentu saja membutuhkan karyawan atau setidaknya sebuh tim yang tentu saja perlu merekrut dan membayar mereka sehingga dapat mengurangi pengangguran terutama para ahli IT.

Menambah Pendapatan Negara

Jika sebuah startup berkembang menjadi besar, mereka akan membayar pajak ke negara yang berarti akan menambah pendapatan negara. hal lain jika kita mengakses konten luar, apakah mereka akan membayar pajak? tentu saja tidak kan. jadi itulah manfaat kedua meningkatkan potensi konten lokal.

Cara meningkatkan Konten Lokal

untuk menciptakan dunia digital Indonesia yang lebih baik, sudah seharusnya mulai sekarang perlu meningkatkan potensi konten lokal. lalu bagaimana caranya meningkatkan konten lokal?

Mengapresiasi

memberikan apresiasi dapat menciptakan interesting people yang berdampak pada meningkatnya penggunaan konten lokal digital Indonesia. dibandingkan dengan gelontoran dana, apresiasi bisa membuat kreator konten lokal untuk terus berinovasi.

Iklan

Tanpa mengiklankan produk, rasanya mengenalkan konten lokal akan terasa sulit apalagi masih baru. dengan iklan, konten lokal yang diciptakan bisa menjangkau seluruh audiens yang tertarget, dalam hal ini masyarakat Indonesia

Subsidi Modal

Membutuhkan server hosting dan Domain adalah modal awal untuk membuat konten lokal berbasis digital. padahal untuk bisa mendapatkan server dan domain memerlukan biaya. bagi orang yang ingin memulai startup dengan keterbatasan dana tentu saja hal ini menjadi penghambat, untuk itu diperlukan subsidi atau bantuan atau mungkin promo untuk biaya server Hosting Murah dan domain. sebagai wujud dalam mendukung pemberdayaan konten lokal, Indowebsite menyediakan Hosting Gratis untuk meningkatkan konten lokal. Terakhir supaya profesionalisme konten lokal terjaga, Indowebsite juga menyediakan Email Hosting demi menciptakan konten digital Indonesia yang lebih baik.

Monday, April 3, 2023

3 Cara Optimasi Seo Supaya bisa Bersaing di SERP

Banyak yang nanya kenapa si blog saya ga muncul di google ? kenapa si saya udah buat artikel bagus tapi ga muncul di google ? kenapa si saya ga copas tapi artikel ga muncul di google ??

Google itu search engine bro dia punya algoritma sendiri yang selalu update , tapi google sudah kenal dengan blog blog besar seperti kompas , tribun , jalantikus dll. Ibaratnya kamu orang baru tapi udah mau dikenal orang banyak , ya jangan ngimpi ketinggian dong hehe.

ada beberapa hal penting yang harus dilakukan saat pertama ngeblog . Mulai dari nama blog, kontent blog dan yang paling penting tentunya ya Optimasi SEO . SEO ada 2 jenis , SEO OFF PAGE dan SEO ON PAGE .

 
3 Cara Optimasi Seo Supaya bisa Bersaing di SERP
3 Cara Optimasi Seo Supaya bisa Bersaing di SERP

SEO ON PAGE

Seo ON PAGE itu Semua implementasi optimasi yang dilakukan di dalam website. mulai dari konten, tema , meta tag , meta tittle , meta desc ,kesesuaian judul blog dengan isi konten, keyword density dalam sebuah artikel ,kecepatan blog dan lainnya . Optimasi SEO ON PAGE bisa dibilang lebih sulit daripada OFF PAGE namun ON PAGE Lebih membutuhkan sedikit modal dibandingkan OFF PAGE . Dalam membuat artikel juga ga sembarangan Keyword bisa dipake , makannya perlu riset keyword , ini yang lumayan susah menurut ane . Dalam melakukan riset keyword kita bisa nyari tingkat persaingan keyword yang kita ambil itu rendah , sedang atau tinggi . ya kalo ente punya blog udah segede kompas not problem ambil keyword dengan tingkat persaingan tinggi . bayangin aja platform lo masih blogspot mau nyaingin kompas apalagi blog baru dibuat mimpi lu kejauhan bro hehehe.

SEO OFF PAGE

SEO OFF PAGE Itu memerlukan sedikit modal, perlu beli backlink , perlu beli guest post dan sebagainya . Fungsi backlink itu ibaratnya tetangga lu ngomongin tentang kebaikan2 lu akhirnya kan lama kelamaan banyak yang kenal lu ibarat nya nyalon kades , caleg dsb pasti butuh modal kan hehe .

TIPS Riset Keyword

ane sendiri riset keyword make moz , yang bisa didapatkan dengan cara berbayar karena itu layanan premium. caranya lu masuk ke https://moz.com/products/pro/keyword-research lalu cari keyword yang mau dibuat untuk bikin artikel, nah waktu riset keliatan tuh ada tingkat kesulitan keyword alias difficulity keyword . ada juga lawan2 keyword yang mau dibuat artikel , nah tips dari ane cari yang dif nya kecil dan saingannya masih situs2 kecil / sesama blogspot

kesimpulan

kalo beneran mau jadi blogger itu ga gampang , perlu modal buat beli ini itu dan pasti ga singkat , butuh waktu lama ga cukup 1-2 bulan buat jadi seorang expert blogger.

thank maaf kalo ada kesalahan dalam penulisan atau dalam asumsi saya, semoga artikelnya bermanfaat

Sumber: salah satu member Grup Blogger

Tips Menempati Halaman Pertama Hasil Pencarian Google

Mungkin banyak teman-teman yang belum mengetahui tips agar artikel kita nikung website gede di halaman pertama hasil pencarian mesin pencari (SERP).

Sebenarnya teknik ini terbilang jadul tapi masih sangat worth it untuk digunakan. Perlu teman-teman ketahui, kunci utama artikel bisa berada di halaman pertama atau page one adalah kualitas konten.

Mungkin kalian sudah sering mendengar istilah CONTENT IS KING, namun kamu tidak mengetahui makna dari kalimat tersebut. Content is king adalah konten yang berkualitas tinggi, dan memiliki pembahasan lengkap dan padat.

Tips Menempati Halaman Pertama Hasil Pencarian Google
Tips Menempati Halaman Pertama Hasil Pencarian Google



Unsur-unsur konten berkualitas hanya 2 menurut saya. Yaitu;
  1. Gaya bahasa yang mudah di mengerti, dan
  2. Konten yang memberikan informasi secara lengkap dan akurat

Perlu di garis bawahi, yang saya tuliskan diatas adalah unsur konten berkualitas. Bukan unsur SEO pada konten. Lalu... Bagaimana cara membuat artikel kita berada di halaman pertama search engine seperti Google?

Cara yang saya gunakan antara lain;
  1. Tentukan topik pembahasan yang ingin kamu bahas
  2. Lakukan riset 1/1 artikel yang menempati posisi 1-15 pada serp.
  3. Buatlah kesimpulan, mulai dari kekurangan artikel, dan poin poin penting apa saja yang perlu kamu masukkan di dalam artikel.

Setelah ketiga cara tersebut, mulailah menentukan judul artikel yang dapat mengandung klik bait yang berpotensi untuk di klik.

Kemudian, buatlah deskripsi konten secara padat dan jelas, agar para pembaca yakin bahwa konten dari blog-mu merupakan konten yang pembahasannya paling relevan dan paling lengkap. Jika sudah menentukan judul dan deskrìpsi. Langkah selanjut-nya adalah menyusun kerangka artikel.

Sebernanya cuman 300 kata saja sudah menjadi sebuah artikel, namun, jika kamu membuat artikel dengan 300 kata saja. Sedangkan para penguasa page one yang membahas konten yang sama memiliki jumlah kata lebih dari 1000 kata dalam 1 artikel.

Maka sudah ditentukan artikel yang kamu buat akan tenggelam. Tentunya kamu bisa menggunakan 3 cara yang sudah saya jelaskan diatas. Usahakan kamu membuat konten yang lebih padat, jelas dan akurat. Agar mesin pencari dapat mengindentifikasikan artikel kamu adalah artikel yang paling relevan.

Sekian dan terimakasih. semoga artikel diatas bisa bermanfaat

Sumber: Salah satu member Grup Blogger Indonesia

Featured Post

Karakteristik Meeting Room yang Sesuai untuk Meeting

Karakteristik Meeting Room - Menjamurnya bisnis startup mendorong bermunculannya perusahaan pelayanan coworking space dan private space. Be...