Wednesday, April 5, 2023

Tips meningkatkan alexa rank

Sebelumnya penulis telah membahas seberapa penting alexa rank untuk sebuah blog atau website. Dan sekarang kita akan membahas bagaimana cara meningkatkan alexa rank. Kita tahu bahwa semakin kecil angka alexa rank maka blog atau website tersebut semakin bagus.

Alexa rank merupakan perankingan dari alexa yang merupakan perusahaan di bawah Amazon yang bergerak di bidang seo analizer. Dimana situs alexa menyediakan trafik pengunjung, keyword research tool, ranking website secara global, popularitas website secara nasional, dan lain lain.

Alexa rank masih dipercaya sebagai SEO tool yang kredibel dan akurat untuk melakukan perangkingan suatu website. Maka banyak para penggiat internet berusaha untuk merampingkan alexa rank nya agar terlihat bagus di mata mesin pencari. Konon katanya website dengan alexa rank yang ramping lebih disukai google dan diprioritaskan oleh mesin pencari.

Lalu bagaimana cara meningkatkan alexa rank? Berikut ulasan strategi meningkatkan alexa rank.

Tips meningkatkan alexa rank
Tips meningkatkan alexa rank

Teknik Meningkatkan Alexa rank

Setidaknya ada 3 cara yang sudah berhasil penulis rangkum mengenai cara meningkatkan alexa rank

1. Memperbanyak visitor atau pengunjung

Dalam menentukan ranking, alexa rank mempertimbangkan banyaknya pengunjung dan page view blog yang bersangkutan. Jadi tips nya adalah :

a. Memperbanyak artikel berkualitas dan menarik secara rutin

Artikel yang berkualitas dan menarik tentu akan membuat pengunjung tertarik untuk berkunjung lagi dan tidak menutup kemungkinan konten tersebut akan di share oleh visitor.

b. Mempelajari cara seo

Mengoptimalkan konten agar beada dihalaman teratas bisa berdampak pada banyaknya pengunjung yang datang

c. Share ke media sosial

Media sosial merupakan salah satu media untuk memperbanyak pengunjung, buat thumnail dan judul menarik biasanya akan memikat para pengguna media sosial

2. Memahami cara kerja Alexa Rank

Nomer satu merupakan salah satu cara kerja alexa rank. Selain itu menginstal alexa toolbar di browser kalian dan merekomendasikan alexa toolbar kepada orang lain dapat meningkatkan alexa rank. Jangan lupa juga untuk mendapatkan kode verifikasi alexa guna meyakinkan alexa tentang kepemilikan website anda.

3. Backlink

Backlink merupakan salah satu indikator yang dipertimbangkan Alexa Rank. Backlink disini tentunya harus berkualitas. Backlink berkualitas tentunya backlink yang tidak dianggap sebagai backlink spam. Caranya dengan menjalin partner blog, berkomentar di forum, perbanyak share, menjalin tukar backlink dengan orang lain, dan lain-lain.

Mungkin itu saja cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan alexa rank. Apabila ada masukan silahkan berkomentar dan mari saling berdiskusi

Tuesday, April 4, 2023

Meningkatkan Konten Lokal untuk Dunia Digital Indonesia yang Lebih Baik

Konten lokal jika didefinisikan berarti konten yang yang berasal dari lokal, dalam hal ini berarti Indonesia, disimpan di datacenter lokal yang menggunakan server jaringan lokal, dan menggunakan bahasa lokal bahasa Indonesia.

Masyarakat Indonesia merupakan salah satu pengguna internet terbanyak didunia. Menurut situs internetworldstats.com, Indonesia menempati peringkat ke-3 pengguna internet terbanyak di Asia dengan jumlah pengguna sebanyak 171.260.000 orang. Padahal 50,4% pengguna internet didunia berasal dari Asia.




Kita bisa cukup bangga bahwa dengan banyaknya pengguna internet di Indonesia sudah mulai mengakses konten lokal. dari data yang diambil dari alexa (bisa dilihat dalam gambar diatas) situs Okezone menempati peringkat 1 situs yang paling banyak diakses orang Indonesia. selain itu banyak juga media berita Indonesia yang sudah mulai diakses. ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia sudah tidak lagi ketergantungan dengan konten luar yang berarti konten lokal pun memiliki kualitas yang baik pula.


Meningkatkan Konten Lokal untuk Dunia Digital Indonesia yang Lebih Baik
Meningkatkan Konten Lokal untuk Dunia Digital Indonesia yang Lebih Baik


Jadi kenapa kita harus mengakses konten lokal?

Masyarakat Indonesia tidak semua bisa menerjemahkan bahasa asing, sehingga mengakses konten lokal menjadi satu-satunya cara untuk mendapatkan informasi. untuk itu peningkatan konten lokal sangat penting untuk dilakukan.

Seperti yang kita ketahui bahwa konten lokal berasal dari dalam negeri dengan server Web Hosting juga berasal dari dalam negeri. sehingga dengan mengakses konten lokal akan menghemat bandwith negara. bisa jadi dengan bandwith yang hemat, biaya internet akan menjadi lebih murah.

alasan ketiga perlunya mengakses konten lokal adalah keberadaan konten yang lebih cocok dengan kebutuhan kita, dalam artian lebih relevan dengan informasi yang kita cari. daripada mengharapkan konten global yang mana kita perlu menyaringnya lagi.

Alasan keempat, mengakses konten lokal sama saja dengan mengapresiasi konten buatan anak bangsa sekaligus mengkampanyekan mencintai produk dalam negeri. mengapresiasi konten lokal setidaknya akan membuat kreator bertambah semangat untuk terus berkarya dan mengembangkan kretivitasnya dalam memperbaiki produknya. 

Pentingnya Peningkatan Konten Lokal

Meskipun konten lokal sudah dilirik masyarakat Indonesia, sayangnya hanya media berita besar saja yang diakses. padahal publisher konten lokal yang masih berstatus kecil juga tidak kalah berkualitas. meningkatkan potensi konten lokal sangat penting karena mempunyai manfaat yang begitu besar bisa dirasakan masyarakat Indonesia. Lalu apa manfaat meningkatkan konten lokal Indonesia?

Menambah Lapangan Pekerjaan

salah satu manfaat meningkatnya konten lokal adalah menambah lapangan kerja. Bagaimana bisa? contohnya, apabila seseorang membuat sebuah startup baru yang kemudian berubah menjadi skala yang besar tentu saja membutuhkan karyawan atau setidaknya sebuh tim yang tentu saja perlu merekrut dan membayar mereka sehingga dapat mengurangi pengangguran terutama para ahli IT.

Menambah Pendapatan Negara

Jika sebuah startup berkembang menjadi besar, mereka akan membayar pajak ke negara yang berarti akan menambah pendapatan negara. hal lain jika kita mengakses konten luar, apakah mereka akan membayar pajak? tentu saja tidak kan. jadi itulah manfaat kedua meningkatkan potensi konten lokal.

Cara meningkatkan Konten Lokal

untuk menciptakan dunia digital Indonesia yang lebih baik, sudah seharusnya mulai sekarang perlu meningkatkan potensi konten lokal. lalu bagaimana caranya meningkatkan konten lokal?

Mengapresiasi

memberikan apresiasi dapat menciptakan interesting people yang berdampak pada meningkatnya penggunaan konten lokal digital Indonesia. dibandingkan dengan gelontoran dana, apresiasi bisa membuat kreator konten lokal untuk terus berinovasi.

Iklan

Tanpa mengiklankan produk, rasanya mengenalkan konten lokal akan terasa sulit apalagi masih baru. dengan iklan, konten lokal yang diciptakan bisa menjangkau seluruh audiens yang tertarget, dalam hal ini masyarakat Indonesia

Subsidi Modal

Membutuhkan server hosting dan Domain adalah modal awal untuk membuat konten lokal berbasis digital. padahal untuk bisa mendapatkan server dan domain memerlukan biaya. bagi orang yang ingin memulai startup dengan keterbatasan dana tentu saja hal ini menjadi penghambat, untuk itu diperlukan subsidi atau bantuan atau mungkin promo untuk biaya server Hosting Murah dan domain. sebagai wujud dalam mendukung pemberdayaan konten lokal, Indowebsite menyediakan Hosting Gratis untuk meningkatkan konten lokal. Terakhir supaya profesionalisme konten lokal terjaga, Indowebsite juga menyediakan Email Hosting demi menciptakan konten digital Indonesia yang lebih baik.

Monday, April 3, 2023

3 Cara Optimasi Seo Supaya bisa Bersaing di SERP

Banyak yang nanya kenapa si blog saya ga muncul di google ? kenapa si saya udah buat artikel bagus tapi ga muncul di google ? kenapa si saya ga copas tapi artikel ga muncul di google ??

Google itu search engine bro dia punya algoritma sendiri yang selalu update , tapi google sudah kenal dengan blog blog besar seperti kompas , tribun , jalantikus dll. Ibaratnya kamu orang baru tapi udah mau dikenal orang banyak , ya jangan ngimpi ketinggian dong hehe.

ada beberapa hal penting yang harus dilakukan saat pertama ngeblog . Mulai dari nama blog, kontent blog dan yang paling penting tentunya ya Optimasi SEO . SEO ada 2 jenis , SEO OFF PAGE dan SEO ON PAGE .

 
3 Cara Optimasi Seo Supaya bisa Bersaing di SERP
3 Cara Optimasi Seo Supaya bisa Bersaing di SERP

SEO ON PAGE

Seo ON PAGE itu Semua implementasi optimasi yang dilakukan di dalam website. mulai dari konten, tema , meta tag , meta tittle , meta desc ,kesesuaian judul blog dengan isi konten, keyword density dalam sebuah artikel ,kecepatan blog dan lainnya . Optimasi SEO ON PAGE bisa dibilang lebih sulit daripada OFF PAGE namun ON PAGE Lebih membutuhkan sedikit modal dibandingkan OFF PAGE . Dalam membuat artikel juga ga sembarangan Keyword bisa dipake , makannya perlu riset keyword , ini yang lumayan susah menurut ane . Dalam melakukan riset keyword kita bisa nyari tingkat persaingan keyword yang kita ambil itu rendah , sedang atau tinggi . ya kalo ente punya blog udah segede kompas not problem ambil keyword dengan tingkat persaingan tinggi . bayangin aja platform lo masih blogspot mau nyaingin kompas apalagi blog baru dibuat mimpi lu kejauhan bro hehehe.

SEO OFF PAGE

SEO OFF PAGE Itu memerlukan sedikit modal, perlu beli backlink , perlu beli guest post dan sebagainya . Fungsi backlink itu ibaratnya tetangga lu ngomongin tentang kebaikan2 lu akhirnya kan lama kelamaan banyak yang kenal lu ibarat nya nyalon kades , caleg dsb pasti butuh modal kan hehe .

TIPS Riset Keyword

ane sendiri riset keyword make moz , yang bisa didapatkan dengan cara berbayar karena itu layanan premium. caranya lu masuk ke https://moz.com/products/pro/keyword-research lalu cari keyword yang mau dibuat untuk bikin artikel, nah waktu riset keliatan tuh ada tingkat kesulitan keyword alias difficulity keyword . ada juga lawan2 keyword yang mau dibuat artikel , nah tips dari ane cari yang dif nya kecil dan saingannya masih situs2 kecil / sesama blogspot

kesimpulan

kalo beneran mau jadi blogger itu ga gampang , perlu modal buat beli ini itu dan pasti ga singkat , butuh waktu lama ga cukup 1-2 bulan buat jadi seorang expert blogger.

thank maaf kalo ada kesalahan dalam penulisan atau dalam asumsi saya, semoga artikelnya bermanfaat

Sumber: salah satu member Grup Blogger

Tips Menempati Halaman Pertama Hasil Pencarian Google

Mungkin banyak teman-teman yang belum mengetahui tips agar artikel kita nikung website gede di halaman pertama hasil pencarian mesin pencari (SERP).

Sebenarnya teknik ini terbilang jadul tapi masih sangat worth it untuk digunakan. Perlu teman-teman ketahui, kunci utama artikel bisa berada di halaman pertama atau page one adalah kualitas konten.

Mungkin kalian sudah sering mendengar istilah CONTENT IS KING, namun kamu tidak mengetahui makna dari kalimat tersebut. Content is king adalah konten yang berkualitas tinggi, dan memiliki pembahasan lengkap dan padat.

Tips Menempati Halaman Pertama Hasil Pencarian Google
Tips Menempati Halaman Pertama Hasil Pencarian Google



Unsur-unsur konten berkualitas hanya 2 menurut saya. Yaitu;
  1. Gaya bahasa yang mudah di mengerti, dan
  2. Konten yang memberikan informasi secara lengkap dan akurat

Perlu di garis bawahi, yang saya tuliskan diatas adalah unsur konten berkualitas. Bukan unsur SEO pada konten. Lalu... Bagaimana cara membuat artikel kita berada di halaman pertama search engine seperti Google?

Cara yang saya gunakan antara lain;
  1. Tentukan topik pembahasan yang ingin kamu bahas
  2. Lakukan riset 1/1 artikel yang menempati posisi 1-15 pada serp.
  3. Buatlah kesimpulan, mulai dari kekurangan artikel, dan poin poin penting apa saja yang perlu kamu masukkan di dalam artikel.

Setelah ketiga cara tersebut, mulailah menentukan judul artikel yang dapat mengandung klik bait yang berpotensi untuk di klik.

Kemudian, buatlah deskripsi konten secara padat dan jelas, agar para pembaca yakin bahwa konten dari blog-mu merupakan konten yang pembahasannya paling relevan dan paling lengkap. Jika sudah menentukan judul dan deskrìpsi. Langkah selanjut-nya adalah menyusun kerangka artikel.

Sebernanya cuman 300 kata saja sudah menjadi sebuah artikel, namun, jika kamu membuat artikel dengan 300 kata saja. Sedangkan para penguasa page one yang membahas konten yang sama memiliki jumlah kata lebih dari 1000 kata dalam 1 artikel.

Maka sudah ditentukan artikel yang kamu buat akan tenggelam. Tentunya kamu bisa menggunakan 3 cara yang sudah saya jelaskan diatas. Usahakan kamu membuat konten yang lebih padat, jelas dan akurat. Agar mesin pencari dapat mengindentifikasikan artikel kamu adalah artikel yang paling relevan.

Sekian dan terimakasih. semoga artikel diatas bisa bermanfaat

Sumber: Salah satu member Grup Blogger Indonesia

Sunday, April 2, 2023

Dasar dasar Korespondensi Bisnis

Korespondensi merupakan salah satu bentuk komunikasi verbal yang digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan bisnis maupun non bisnis kepada pihak lain. Pada umumnya, kegiatan korespondensi berkaitan dengan suatu proses penyampaian pesan-pesan bisnis maupun non bisnis baik dalam bentuk memo, surat, proposal, agenda, maupun dalam bentuk laporan yang dilakukan oleh seseorang atau lembaga kepada orang atau lembaga lain untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Oleh karena itu, korespondensi bisnis merupakan bentuk korespondensi yang dilakukan oleh suatu lembaga atau organisasi bisnis dengan harapan untuk mencapai tujuan bisnis.salah satu tujuan bisnis adalah memperoleh profit atau keuntungan.

Untuk memberikan gambaran yang lebih lengkap tentang berbagai hal yang berkaitan dengan korespondensi bisnis, maka dalam bab ini akan dibahas antara lain pengertian surat dan surat-surat bisnis, fungsi surat bisnis, pengelompokkan surat, bagian dan bentuk surat, bahasa surat, dan beberapa contoh surat bisnis.

Pengertian Surat dan Surat bisnis

Bagi masyarakat umum istilah surat bukanlah sesuatu yang baru (asing). Surat digunakan oleh seseorang sebagai sarana penyampaian pesa tertulis untuk berbagai kepentingan, baik pribadi, kedinasan mauoun bisnis dari seseorang kepada orang atau pihak lain. Seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang begitu pesat, penulisan dan penyampaian suatu pesan dari satu pihak kepada pihak lain dapat dilakukan bukan saja dengan kertas, tetapi juga melalu surat elektronik (electronic mail/e-mail).

Menurut Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Surat adalah sarana komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan informasi tertulis oleh suatu pihak kepada pihak lain baik yang berkaitan dengan kegiatan bisnis ataupun nonbisnis.

Sedangkan Surat Bisnis adalah surat yang digunakan orang atau organisasi untuk menyampaikan informasi tertulis dalam kaitannya dengan penyelenggaraan kegiatan bisnis.

Korespondensi dapat diartikan dengan berkirim-kiriman surat. Ini berarti bahwa korespondensi adalah kegiatan berkomunikasi dengan menggunakan surat sebagai sarana. Orang yang berkomunikasi dengan menggunakan surat disebut koresponden.

Berdasarkan informasi di atas, dapat dikatakan bahwa korespondensi merupakan salah satu jenis komunikasi tulis. Korespondensi dapat terjadi antara seseorang dengan orang lain, antara seseorang dengan instansi atau sebaliknya, antara organisasi dengan organisasi, dan sebagainya.

Dari uraian di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa korespondensi adalah komunikasi antara seseorang dengan orang lain, antara seseorang dengan instansi atau sebaliknya, antara seseorang dengan organisasi atau sebaliknya, antara instansi dengan instansi, antara organisasi dengan organisasi, dan sebagainya dengan menggunakan surat sebagai sarana. Aktivitas berkorespondensi tentunya melalui suatu proses, yaitu penulisan, pengiriman, dan penerimaan surat.

Dari penjelasan diatas, korespondensi bisnis adalah suatu kegiatan korespondensi antara satu pihak dengan pihak yang lain baik secara perorangan maupun lembaga yang berkaitan dengan dunia bisnis..

Fungsi Surat Bisnis

Meskipun teknologi informasi dan komunikasi berekembang begitu cepat dengan adanya telepon, telepon genggam, televise, radio, telegram, faksimail, dan computer, surat masih merupakan sarana penghubung/komunikasi yang sangat penting bagi seseorang,kelompok, maupun organisasi pemerintah dan bisnis.

Selain sebagai sarana komunikasi, surat bisnis juga memiliki berbagai fungsi sebagai berikut:
  • Surat bisnis berfungsi sebagai wakil atau duta begi pengirim surat. Dalam kaitanya dengan dunia bisnis, surat bisnis berfungsi sebagi pembawa pesan-pesan bisnis dari pengirim pesan kepada pihak lain.
  • Alat untuk menyampaikan pemberitahuan, permintaan atau permohonan, buah pikir atau gagasan yang berkaitan dengan masalah-masalh bisnis. 
  • Alat bukti tertulis (dokumen tertulis) 
  • Alat untuk mengingat 
  • Bukti sejarah (historis) 
  • Pedoman kerja 
  • Media promosi bagi pengirim surat
Dasar dasar Korespondensi Bisnis
Dasar dasar Korespondensi Bisnis

Pengelempokan Surat

Secara umum, surat dapat dikelompokkan dalam beberapa kelompok, yaitu pengelompokan surat menurut wujudnya, pemakaiannya, banyaknya sasaran yang dituju, isi dan maksudnya, sifatnya, dan menurut urgensi pemakaiannya.

Pengelompokan Surat Menurut Wujudnya

Menurut wujudnya, surat surat dapat dikelompokkan dalam beberapa kelompok.

Surat Bersampul

Surat Bersampul (surat tertutup) adalah surat yang dikirimkan oleh seseorang kepada orang yang terdiri atas kertas dan sampul (amplop) dengan berbagai ukuran.

Kartu Pos

Kartu pos adalah bentuk surat terbuka yang digunakan untuk mnyampaikan pesan-pesan singkat/pendek dan praktis, yang berbentuk kartu kecil dengan ukuran10cm x 15 cm yang dikeluarkan oleh PT pos Indonesia.

Warkat Pos

Warkat pos adalah surat yang wujudnya berupa gabungan kertas surat dan amplop. Kertas warkat pos dibuat sedemikian rupa, sehingga apabila kertas tersebut dilipat akan membuat amplop.

Telegram dan Teleks

Telegram disebut juga sebagai surat kawat. Istilah telegram berasal dari kata tele yang berarti jauh, sedangkan gram (graf) berarti tanda tang tercetak.

Memorandum (Memo) dan Nota

Memo adalah surat yang digunakan oleh pimpinan untuk menyampaikan suatu pesan-pesan singkat yag berupa pemberitahuaan, permintaan atau hal-hal lain dalam suatu organisasi (internal Organisasi.

Surat Tanda Bukti

Surat tanda bukti adalah surat yang memiliki fungsi sebagai tanda bukti pengkuan sah atas suatu pembayaran tertentu antara satu pihak kepada pihak lain.

Pengelompokan Surat Menurut Pemakaiannya

Menurut pemakaiannya, surat dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis, yaitu:

Surat Pribadi

Surat pribadi (personal letter) adalah surat yang dibuat oleh seseorang yang isinya menyangkut kepentingan atau hal-hal yang sifatnya personal atau pribadi.

Surat Dinas

Surat dinas atau surat resmi (formal letter) adalah surat yang isinya berkaitan dengan kepentingan tugas dan kegiatan dinas instansi pemerintah.

Surat Bisnis

Surat bisnis (business letters) adalah surat yang digunakan orang atau badan yang menyelenggarakan kegiatan usaha bisnis.

Surat Sosial

Surat sosial (social letters) adalah surat yang digunakan oleh organisasi atau lembaga-lembaga sosial kemasyarakatan untuk berbagai kepentingan sosial bagi masyarakat pada umumnya.

Pengelompokan Surat menurut Banyaknya (Jumlah) Sasaran yang Dituju

Menurut Banyaknya (Jumlah) Sasaran yang Dituju, surat dapat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu:

Surat Biasa

Surat biasa adalah surat yang dibuat oleh seseorang atau organisasi yang ditujukan kepada seseorang atau organisasi lain yang berisi suatu informasi yang bersifat umum dan bukan bersifat pribadi atau privasi.

Surat Edaran

Surat edaran adalah surat pemberitahuan secara tertulis yang ditujukan kepada seorang atau suatu lembaga yang ditujukan kepada orang atau lembaga lain dalam jumlah yang banyak.

Surat Pengumuman

Surat pengumuman adalah surat yang berisi pemberitahuan tentang suatu hal yang perlu diketahui oleh pegawai atau karyawan suatu organisasi atupun masyarakat luas.

Pengelompokan Surat Menurut Sifatnya

  1. Surat Biasa, Surat biasa adalah surat yang isinya bersifat biasa (bukan rahasia), dapat beramplop dan tanpa amplop.
  2. Surat Konfidensial (terbatas), Surat konfidensial adalah surat yang termasuk rahasia, terbatas untuk kalangan tertentu. 
  3. Surat Rahasia, Surat rahasia adalah surat yang isinya hanya boleh dibuka dan dibaca oleh orang/pejabat tertentu.

Pengelompokan Surat Menurut Urgensi Penyelesaian

  1. Surat Biasa. Surat biasa adalah surat yang penanganannya diperlukan biasa saja atau tidak ada suatu perlakuan khusus atas surat tersebut. 
  2. Surat Segera. Surat segera adalah surat yang memang memerlukan penanganan secepat mungkin atau dilakukan dengan segera, meskipun tingkat penanganannya tidak secepat surat kilat. 
  3. Surat Kilat. Surat kilat adalah surat yang memerlukan penanganan dengan sangat segera, harus didahulukan, dan memperoleh perlakuan khusus daripada surat-surat yang lainnya.

Pengelompokan Surat Menurut Isi dan Maksudnya

Pengelompokkan surat menurut isi dan maksudnya sangat tergantung dari maksud dan tujuan pengirim surat. Oleh karena itu, maksud dan tujuan pengiriman surat antara yang satu dengan yang lain berbeda, jenis suratnyapun sangat bervariasi.

Bagian Surat dan Bentuk Surat

Secara umum, bagian surat baik untuk surat dinas maupun surat bisnis mencakup beberapa komponen penting, antara lain: (1) kepala surat/kop surat (letterhead), (2) tanggal surat (date), (3) nomor, lampiran, dan perihal/hal (number, enclosed, subject), (4) alamat tujuan (inside address),(5) salam pembuka (salutation),(6) paragraf pembuka (firsh paragraph),(7) paragraf isi (body paragfaph),(8) paragraf penutup (close paragraph), (9) salam penutup (complimentary close), (10) tanda tangan (signature), (11) nama jelas penanda tangan (name and titlle), (12) tembusan (notation), (13) inisial (initial)

Bahasa Surat

Format atau bentuk lipatan surat yang baik merupakan bagian dari etika berkorespondensi dalam dunia bisnis. Bentuk lipatan surat yang terkesan asal-asalan akan memberikan kesan atau citra yang kurang baik bagi pengirimnya.

Format Lipatan Surat

Ada beberapa bentuk lipatan surat yang lazim digunakan dalam dunia korespondensi bisnis, antara lain ;
  • Lipatan baku (Standard fold)
  • Lipattan setengah baku (semi standard fold) 
  • Lipatan akordeon (accordion fold) 
  • Lipatan setengah akordeon (semi accordion fold) 
  • Lipatan tunggal (single fold) 
  • Lipatan ganda/paralel (paralle/double fold) 
  • Lipatan model prancis (french fold) 
  • Lipatan model baron (baronial fold)

Amplop dapat dikelompokkan berdasarkan wujudnya, ukurannya, dan penggunaannya.

Berdasarkan wujudnya, amplop dapat dibedakan menjadi
  1. Amplop biasa
  2. Amplop berjendela
Berdasarkan ukurannya, amplop dapat dibedakan menjadi
  • Amplop resmi
  • Amplop kartu 
  • Amplop bisnis 
  • Amplop pendek 
  • Amplop panjang 
  • Amplop lebar 
  • Amplop katalog 
  • Amplop mata berkait 
  • Amplop mata bertali
Berdasarkan wujudnya, amplop dapat dibedakan menjadi
  • Amplop katalog
  • Amplop mata berkait 
  • Amplop kancing bertali

Contoh-contoh Surat Bisnis

Surat Pemesanan

Surat pemesanan (order letters) merupakan salah satu surat bisnis yang lazim dijumpai dalam dunia bisnis, baik pada perusahaan yang bergerak pada proses pengolahan (manufacturing), perdagangan (trade), maupun jasa (service).

Surat Konfirmasi

Surat konfirmasi (confirmation letters) addalah surat yang berisi tentang penjelasan tertentu yang lebih berfungsi sebagai pemberitahuan, penegasan atau meyakinkan atas sesuatu.

Surat Pengaduan

Surat pengaduuan adalah surat yang berisi pengaduan pelanggan kepada pihak lain dengan cara-cara yang baik karena pelanggan merasa dirugikan atau dikecewakan, agar memperoleh solusi terbaik bagi kedua belah pihak.

Surat Permintaan Informasi

Surat permintaan informasi adalah surat yang dikirimkan oleh seseorang, kelompok, atau lembaga untuk meminta berbagai informasi penting kepada pihak lain baik perseorangan atau lembaga.

Surat Ucapan Selamat

Surat ucapan selamat adalah surat yang dikirimkan oleh perorangan, kelompok, maupun lembaga yang berisi pemberian ucapan selamat atas keberhasilan seseorang.

Surat Pemberitahuan

Surat pemberitahuan adalah surat yang dibuat oleh perorangan atau organisasi yang berisi pemberitahuan kepada pihak lain baik perorangan maupun organisasi.

Surat Penagihan

Surat penagihan adalah surat yang digunakan untuk menagih hutang pihak lain yang telah melampaui waktu yag telah ditentukan.

Surat Peringatan

Surat peringatan adalah surat yang ditulis oleh seseorang atau organisasi yang ditujukan kepada pihak lain baik seseorang maupun organisasi yang berisi peringatan atas sesuatu hal.

Surat Perintah Kerja

Surat perintah kerja (SPK) adalah surat yang ditulis oleh pimpinan suatu perusahaan kepada pihak lain, yang berisi perintah untuk mengerjakan suatu pekerjaan dalam kurun waktu tertentu sesuai dengan prosedur dan persyaratan yangg telah diseepakati.

Surat Pengumuman

Surat pengumuman adalah surat yang digunakan oleh seseorang atau organisasi untuk mengumumkan sesuatu kepada pihak lain baik seseorang atau organisasi, yang dilakukan dengan cara-cara tertentu.

Surat Undangan RUPS

RUPS merupakan salah satu forum tertinggi dalam suatu organisasi bisnis yang sangat strategis bagi pengambilan keputusan strategis.

Surat Kuasa

Surat kuasa adalah surat pelimpahan kekuasaan yang dilakukan oleh kedua pihak, yaitu pihak pertama sebagai orangg yang memberikan kuasa kepada pihak lain sebagai orang yang menerima kuasa untuk melakukan dan bertindak sesuatu atas nama pemberi kuasa.

Surat Perjanjian

Surat perjanjian adalah surat yang berisi perjanjian yang dilakukan antara pihak yang satu kepada pihak yang lain tentang suatu hal.

Kesimpulan

Korespondensi bisnis merupakan suatu kegiatan korespondensi yang dilakukan dalam dunia bisnis, baik dalam bentuk surat, memo, proposal, agenda, maupun laporan bisnis. Surat merupakan alat komunikasi tertulis yang disampaikan oleh suatu pihak kepada pihak lain dengan menggunakan media tertentu. Hal yang membedakan surat bisnis dengan surat biasa adalah tujuan penulisannya.

Melalui surat seseorang dapat menyampaikan informasi penting kepada orang lain sebagai alat bukti tertulis, alat mengingat-ingat, alat bukti historis, dan untuk pedoman kerja.

Friday, March 31, 2023

Ingin Lebih Hemat dalam Bertransaksi, Gunakan Aplikasi BebasBayar

Perkembangan teknologi membuat kebutuhan manusia semakin beragam. Kecepatan dan kemudahan melakukan segala hal, menjadi budaya yang sudah melekat dalam kehidupan modern saat ini. Adanya Aplikasi BebasBayar bisa memudahkan pembayaran transfer uang antar bank, menjadi udara segar bagi sebagian besar masyarakat.

Apa itu Aplikasi BebasBayar?

Sebelum membahas lebih lanjut penting mengetahui terkait definisinya. Aplikasi BebasBayar merupakan sebuah layanan yang dapat membantu segala jenis pembayaran. Anda juga dapat melakukan transfer uang tanpa ATM, hal ini memudahkan masyarakat saat melakukan transaksi.

Logo dari aplikasi ini adalah orang dengan tangan terangkat ke atas, serta terdapat tulisan bebas bayar. Tentu ada makna khusus dari pemilihan desain tersebut sebagai ungkapan harapan developer. Fungsi platform yang memudahkan pembayaran, kemungkinan salah satu filosofinya.
Logo Aplikasi BebasBayar

Secara garis besar tangan yang mengarah ke atas, melambangkan orang yang merasa bebas dari segala kesulitan, dalam hal ini adalah transaksi pembayaran. Adanya tulisan BebasBayar membuktikan prediksi tersebut. Alasannya adalah dengan satu aplikasi dapat melakukan pembayaran mudah.

BebasBayar adalah Aplikasi Keuangan Digital Serba Bisa yang telah dipercaya oleh lebih dari dari 1.6 Juta Pengguna. BebasBayar merupakan produk dari PT. Bimasakti Multi Sinergi.

Tampilan Aplikasi BebasBayar

Tampilan aplikasi BebasBayar sangat menarik, hal tersebut tentu akan memudahkan penggunanya dalam memahami serta mengoperasikannya. Layanan lengkap dengan latar berwarna putih dapat membuat menu lebih menonjol dan terlihat jelas. Berikut lebih lengkapnya:

1. Perpaduan warna

Tampilan saat awal membuka aplikasinya, Anda akan melihat biru langit yang dapat mencerahkan pandangan. Masuk pada menu utamanya, warna putih mendominasi yang lengkap dengan aplikasi tersusun rapi membentuk kesan simpel namun tetap berkelas. 




Aplikasi BebasBayar memilih biru dan orange kekuningan sebagai warna logo, yang secara kasat mata itu adalah tada langit dan matahari, melambangkan yang selalu dibutuhkan serta menjadi wadah berbagai macam jenis layanan. Merah sendiri menunjukkan keberanian melakukan inovasi baru.

2. Tampilan menu

Beragam menu dapat Anda akses dengan mudah. Tersedia sekitar sembilan belas fitur transaksi yang lengkap, seperti TV channel, pembelian tiket kereta, pulsa reguler, bayar tagihan PLN, dan masih banyak lainnya. Selain layanan tersebut juga terdapat berbagai promo menarik. 

Tampilan menu Aplikasi BebasBayar


Tampilan menu tertata rapi membentuk persegi panjang. Warna biru dan putih mendominasi yang membuat indah saat memandangnya. Terdapat lambang yang mudah untuk mengerti pada tampilan menu-menu, sehingga tidak kebingungan memahaminya.

Cara Bergabung pada Layanan BebasBayar

Daftar aplikasi multifungsi satu ini sangat simpel dan mudah. Berbagai kemudahan transaksi dapat menghemat waktu serta dapat Anda lakukan di rumah. Cara bergabung sangat mudah hanya dengan smartphone yaitu:
  • Download dan instal terlebih dahulu aplikasi BebasBayar.
  • Lakukan pendaftaran dengan cara klik menu daftar, kemudian isi data sesuai arahan sistem. 
  • Periksa email setelah melakukan pengisian data selesai, simpan informasi yang ada pada pesan tersebut. Anda dapat login, dan menikmati segala fitur yang terdapat dalam aplikasi termasuk transfer uang dengan mudah. 

Mengapa Harus Menggunakan Aplikasi BebasBayar?

Layanan aplikasi bebas bayar sangat memudahkan penggunanya dalam proses transaksi. Promo menarik bisa Anda dapatkan dengan mudah. Hanya dalam satu platform yang multi fungsi, juga dapat membeli tiket kereta api dan pesawat tanpa perlu datang langsung ke tempatnya.

Lupa membayar tagihan karena kesibukan tentu dapat menyebabkan hal yang tidak baik, karena itu, aplikasi ini menyediakan fitur bayar otomatis dan realtime hanya dengan hitungan detik, pembayaran akan langsung masuk ke rekening tujuan. Keuntungan lain yang bisa pengguna dapatkan adalah pelayanan 24 jam nonstop. 

Fitur Aplikasi BebasBayar


Perusahaan terpercaya selama lebih dari 7 tahun, ini membuktikan bahwa masyarakat banyak yang puas dengan segala pelayanannya. Penggoperasiannya pun terbilang sangat mudah dan simpel, sehingga bagi pemula tidak khawatir kebingungan.

Aplikasi BebasBayar memiliki fitur yang memudahkan penggunanya untuk melakukan berbagai aktivitas pembayaran tanpa harus repot ke tempatnya langsung. Dengan Aplikasi BebasBayar Anda bisa transfer kapan saja dan dimana saja tanpa perlu antri. 

Bagi Anda yang tidak memiliki ATM sangat penting untuk menggunakan platform satu ini, selain memudahkan transaksi dan pembayaran seperti Top up e-money, pulsa, token PLN, PDAM, BPJS, Cicilan, Voucher game hingga transfer uang ke seluruh bank di Indonesia, biaya admin transfer pun terbilang paling murah, hanya Rp.2.500,- saja

Untuk lebih jelas tentang bagaimana melakukan transfer antar bank dengan aplikasi bebas bayar, bisa lihat video verikut:


Nah itu dia review singkat mengenai aplikasi BebasBayar yang bisa digunakan untuk transfer uang. sudah seharusnya untuk memanfaatkan teknologi yang bisa memudahkan aktivitas Anda, sekian semoga bermanfaat.

3 unsur SEO yang bisa membuat artikel abadi di halaman pencarian google

Layaknya mencari pasangan yang SEMPURNA buat kita itu mustahil di dapatkan. Begitupun juga SEO. Berbicara tentang SEO tidak pernah ada habisnya. Karena ada banyak sekali teori dan perdebatan di antara sang pakar SEO tentang teknik yang benar-benar bisa mendopbrak sebuah situs web/ blog agar menempati posisi tertinggi di hasil pencarian search engine.

3 unsur SEO yang bisa membuat artikel abadi di halaman pencarian google
3 unsur seo


Namun, di antara semua perdebatan tersebut. Ada 3 unsur yang benar-benar di yakini oleh semua pakar SEO.

Apa saja ke 3 unsur SEO tersebut?

Konten/ Artikel

Hal pertama yaitu konten/ artikel yang di bahas. Mungkin anda sering mendengar konten is king. Sebuah website bisa menempati posisi ter-atas di search engine karena konten/ artikel. Bukan sembarang artikel, Melainkan Artikel berkualitas! Konten atau artikel yang berkualitas adalah artikel yang di buat dengan mengikuti aturan dan pedoman SEO yang ada.

Ciri-ciri konten berkualitas;
  • Mudah di mengerti
  • Dapat menjawab dan memenuhi ke-inginan pembaca
  • Mengikuti aturan SEO seperti: permalink, judul, deskripsi, dan hal-hal lainnya.

Optimasi SEO

Tentunya melakukan Optimasi SEO merupakan hal pokok yang wajib di lakukan ketika membuat sebuah blog. Ada banyak sekali perdebatan tentang hal ini. Mulai dari cara bermain SEO Type Black hat dan White Hat. Namun, ada 2 teknik optimasi yang benar-benar bekerja untuk meningkatkan ranking sebuah website yaitu
  1. On Page SEO
  2. Off Page SEO
Ke-dua teknik ini sering di gunakan para pakar SEO. Sedangkan Ciri-ciri SEO yang baik adalah;
  • Tampilan/ Tema yang enak di pandang
  • Website yang memiliki kecepatan loading di bawah 2 dtk
  • Website tidak memiliki broken links
  • Website menerapkan inbound dan outbound link dengan achor text yang sesuai dengan pembahasan, dan
  • Masih banyak lagi

Backlinks

Hal terakhir yang bisa membuat sebuah website berada di halaman pertama search engine yaitu Backlinks. Seperti yang sudah saya jabarkan di atas. Ada 2 type pengguna SEO yaitu Black hat SEO dan White hat SEO. Ke-2 type pengguna SEO tersebut sangat berlawanan dan memiliki fungsi yang sama. Yaitu membuat website berada di halaman pertama.

Untuk membangun backlinks pun terbilang sangat susah. Karena banyak hal yang perlu anda cek terlebih dahulu seperti;
  • DA (Domain Authority)
  • PA (Page Authority)
  • TB (Total Backlink)
  • QB (Quality Backlink)
  • SS (Spam Score)
  • ANCHOR TEXT
  • INBOUND DAN OUTBOUND LINK
  • BROKEN LINK
Ciri-ciri backlinks yang berkualitas;
  1. DA PA TINGGI
  2. SS Kecil
  3. Tidak memiliki anchor text yang berbau sara/konten dewasa
  4. Perhatikan semua backlinks yang mengarah ke website tersebut. Apakah baik atau tidak.
  5. Tidak memiliki broken link
  6. Penggunaan inbound dan outbound link yang tepat di anchor text
Jika ke-3 unsur di atas sudah anda terapkan dengan baik dan benar. Maka website/ blog yang anda kelola akan mendaki ke puncak. Melakukan ke-3 hal di atas tidaklah mudah seperti yang anda bayangkan, karena memakan waktu yang terbilang cukup lama.

Tetapi hal tersebut akan membuahkan hasil yang sangat baik untuk website anda di mata search engine.

Dan...

Jangan pernah bermain black hat SEO jika anda belum memiliki pengetahuan yang mendalam tentang SEO. Karena akan membuat website anda terjun bebas 😂.

Sekian dan semoga bermanfaat..

Sumber: salah satu member grup blogger indonesia

Thursday, March 30, 2023

Selalu Update Informasi Penting dengan Flowreader

Ini waktunya kembali ke sekolah dan mengikuti informasi penting terbaru. Salah satu masalah jika menggunakan Web adalah Tidak peduli seberapa keras Anda mencoba mengingat semua blog, podcast, dan umpan berita yang ingin Anda ikuti. Kemungkinan Anda akan kehilangan beberapa pembaruan tersebut.




Dengan sekolah perlahan-lahan kembali normal - dan banyak yang masih menawarkan setidaknya beberapa pembelajaran jarak jauh - mengikuti situs menyenangkan dan pendidikan lebih penting dari sebelumnya. Dan RSS dapat membantu Anda melakukannya secara efisien dengan mengirimkan konten langsung kepada Anda saat dipublikasikan.
Sesuatu
 

5 alasan lain untuk mencoba Flowreader hari ini

  • Flowreader memberi Anda lebih dari sekadar blog. Bersama kami, Anda juga dapat mengikuti umpan sosial, termasuk Twitter, YouTube, Reddit, dan Pinterest
  • Kesempatan untuk mengatur feed Anda berdasarkan kategori sesuai dengan topik (atau bahkan kebiasaan membaca)
  • Plus pilihan untuk datang dengan folder apa pun bekerja untuk Anda: Berita, Tidak dapat melewatkan, Untuk Fun
  • Bagikan postingan favorit yang Anda temukan langsung dari dalam Flowreader ke Twitter atau akun Facebook Anda
  •  Atau klik tab Simpan untuk Nanti sehingga Anda dapat kembali dan membaca sesuatu yang hebat yang Anda temukan


Jika Anda belum menggunakan Flowreader!, mulai sekarang adalah waktu yang tepat agar tidak ketinggalan informasi

Ada lebih banyak pertanyaan bagi kita tentang FlowReader? Hubungi kami kapan saja melalui forum umpan balik kami atau di Facebook. Anda juga dapat menciak kepada kami langsung @flow_reader.

4 Macam Jenis Optimasi SEO

Mengenal dan mengetahui berbagai macam jenis optimasi seo, bagi orang yang sudah lama terjun dalam dunia blog, website, ataupun internet marketing tentu sudah tahu dasar penerapannya. akan tetapi bagi yang masih baru atau istilahnya newbie, untuk menerapkan dasar-dasar seo jelas akan kesulitan jika belum paham mengenai jenis optimasi seo yang ada.

Melakukan optimasi SEO merupakan langkah jangka panjang yang dilakukan terus menerus, bukan hanya hasil instan. Mempelajari dasar dasar optimasi seo menjadi kunci utama untuk memenangkan persaingan di hasil pencarian Search Engine. memahami jenis optimasi seo menjadi sangat penting, Untuk itu dibawah ini akan dijelaskan mengenai berbagai macam jenis optimasi seo yang perlu diketahui.



SEO Teknis

SEO teknis adalah bentuk teknik seo yang memastikan bahwa mesin pencari dapat merayapi, menjelajah dan mengindeks sebuah website/blog tanpa masalah. memang seo jenis ini Cenderung lebih dekat dengan SEO On Page, namun perbedaannya lebih ke teknis seperti pembuatan sitemap untuk blog atau website, RSS feed, penggunaan webmastertool, Robots txt, dan Tag header.

SEO Content

Optimasi SEO konten merupakan optimasi yang diterapkan dalam konten yang akan dipublikasikan. cara optimasi seo konten adalah membuat konten yang benar benar relevan dengan kata kunci yang digunakan. optimasi seo konten meliputi penggunaan judul yang tepat, menyisipkan kata kunci yang relevan, pemberian tag heading, struktur url yang dibuat, internal link, dan semua hal yang berkaitan dengan konten.

SEO On Page

SEO On Page adalah suatu upaya untuk optimasi SEO website yang dapat dilakukan dari sisi website itu sendiri. Dengan kata lain, upaya optimasi SEO yang dilakukan oleh seorang pemilik website atau webmaster dengan mendesain website yang SEO Friendly. Optimasi SEO on page meliputi kecepatan loading website, meta deskripsi, struktur website, penggunaan tema responsif, mobile friendly, seo friendly, penggunaan kategori maupun tag, dan navigasi website yang bagus.

SEO Off Page

Optimasi SEO Off page ialah bentuk optimasi seo yang dilakukan di luar website itu sendiri. meskipun merupakan faktor luar optimasi seo off page tidak bisa dikesampingkan begitu saja. hal hal yang mempengaruhi optimasi seo off page adalah backlink dan inbound link atau link dari website luar yang mengarah ke website kita sebagai rujukan atau referensi. hal ini dapat meningkatkan kepercayaan mesin telusur bahwa website kita benar-benar relevan.

Nah mungkin itu saja penjelasan mengenai jenis optimasi seo, semoga bermanfaat

Thursday, March 16, 2023

Cara Ampuh Menulis Artikel SEO Friendly yang Belum Anda Tahu!

Menulis artikel SEO Friendly tidak semua orang tahu caranya. padahal bagi seorang Internet Marketer, Digital Marketer dan Juga Blogger yang mengutamakan konten artikel menulis artikel seo friendly sangat diperlukan. Kenapa? ya tidak lain tujuan dari menulis artikel SEO Friendly adalah memenangkan hasil pencarian di Search Engine, yang mana dengan memenangkan halaman pertama hasil pencarian mesin telusur akan mendatangkan banyak visitor. nah karena berhubung belum semua orang memahami bagaimana cara membuat artikel yang seo friendly, dibawah ini akan kami bahas cara ampuh menulis artikel seo friendly yang wajib anda ketahui.



 

Utamakan User Experience

User experience atau pengalaman pengguna. Poin ini saya masukkan sebagai poin pertama karena saya anggap sebagai elemen paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak berbuhungan dengan user experience atau biasa disebut UX.

Kenapa user experience ?

Karena sangat susah dimanipulasi. Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dimanipulasi karena diluar kontrol kita sebagai pemilik web. Jadi, tidak heran jika inilah salah satu faktor penting yang digunakan Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di search engine mereka.

Maksud dari user experience di sini adalah aktivitas dan respon user ketika mereka menjelajahi blog kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, bagian-bagian web mana yang mereka klik, dan sebagainya.

Logikanya, semakin lama dan betah mereka di suatu web, maka makin berkualitas isi dari web tersebut. Meski soal ini masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google bisa melacak hampir seluruh aktivitas browsing kita, meski tanpa menggunakan properti mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Temuan dari seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas disini sedikit membuka mata saya soal bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs. Jadi se-expert apapun teknik penulisan artikel SEO Anda, jika tidak memperhatikan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang masuk ke dalam kategori user experience ? Banyak. Konten yang berkualitas adalah salah satunya. Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience misalnya :

Desain Website / Blog yang profesionalNavigasi yang mudahUkuran dan jenis font yang mudah dibacaMeminimalisir kesalahan ejaan (typo)Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)Kecepatan loadingResponsive designdsb.

Inti dari UX adalah, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai sasaran utamanya.

Gunakan Keyword di Judul Artikel

Ini wajib dilakukan jika Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk menentukan topik suatu artikel. Tidak memberi keyword utama di title sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda. Peletakan keyword yang paling baik pada title adalah yang diawal kata. Makin ke kiri (ke awal kata) makin baik.

Tapi hal ini bukan suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tetap enak dibaca dan mengundang klik. Jangan sampai hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi aneh dan susah dibaca. Fenomena yang sering terjadi di website-website lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword utama di dalam title postingan.


20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2020, Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2020 Terbaik!, Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik


Familiar dengan title-title postingan membingungkan seperti diatas ?? Untuk panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter. Batasan ini tidak baku karena tergantung dari jumlah pixel yang dipakai tiap karakter.

Gunakan Judul yang Mengundang Klik

Seperti contoh kasus diatas, kadang ada yang kesulitan dalam membuat judul artikel karena jika dibuat sesuai keyword yang dibidik, akan tampak canggung dan kaku ketika dibaca. Namun jika dibuat menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.

Untuk masalah diatas, saya ada solusi.

Bagi Anda pengguna wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang berfungsi untuk me-rewrite judul artikel. Jadi, Anda punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk search engine. Untuk jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, agar tidak terpotong di halaman pencarian.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb. Usahakan juga judul untuk search engine ini tetap enak dibaca karena nantinya pengunjung dari search engine pasti membaca judul dan deskripsi tulisan Anda (snippet) di search engine sebelum masuk ke blog. Jika judul Anda kaku dan tidak enak dibaca maka akan mengurangi CTR di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di page one tapi kok jarang yang ngeklik, ini pasti tulisannya tidak berkualitas”.

Apakah Anda pernah berfikir sampai kesitu ??

Contoh mudahnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka rata-rata berantakan dan tidak mengundang klik. AGC biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan hampir tidak ada kompetitornya.

Untuk judul yang dibaca user Anda bisa berkreasi sesuka hati. Usahakan yang catchy dan tetap menarik klik.
 

Tulis Artikel Panjang & Dalam

Banyak yang berpendapat semakin panjang artikel maka semakin baik pula peringkatnya di search engine. Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke poin pertama, tergantung dari user experiencenya. Kalau Anda bisa menulis artikel yang panjang dengan tetap mengutamakan user experience maka tentu saja itu lebih bagus. Namun jika Anda bersikeras menulis artikel panjang hanya untuk memenuhi target SEO (dengan isi artikel acak-acakan dan muter-muter) saya rasa cara Anda tersebut tidak akan efektif.

Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?

Maksud saya adalah artikel yang tidak hanya panjang (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas topik secara mendalam (lengkap dan menyeluruh). Dalam bahasa inggris sering disebut dengan istilah in-depth content. Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google baru-baru ini mendapati bahwasanya rata-rata panjang artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata bahkan bisa lebih.


note : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sebisa mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, agar topik yang anda bahas bisa lebih luas dan lengkap.


Gunakan Internal Linking

Internal linking adalah link antar halaman dalam satu blog/website. Berapa jumlah ideal internal link per post nya ? Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience. Jika Anda merasa 10 internal link per post tidak akan menyakiti mata pembaca Anda maka silahkan saja. Jika ada yang bilang internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per post maka abaikan saja, pasti yang ngasih saran kurang update ilmu SEOnya.
 

Lihat Wikipedia sebagi contohnya, berapa interlink mereka per halamannya ? Banyak.
 

Apakah mereka di penalty Google ? No.

Selain bagus untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO. Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut (biasa disebut dengan linkjuice).

External Linking ke Authority Site yang Relevan

Banyak yang salah kaprah soal ini. Karena takut peringkat webnya jatuh jika memberi link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow ketika melakukan external linking. Pendapat saya, selama external link Anda ke web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, maka memberi dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web Anda. Malah sebaliknya, Google akan melihat web Anda sebagai web yang bagus karena selalu mereferensikan web-web yang sudah di percaya.

External link ke web-web yang berkaitan dengan topik bahasan juga membantu pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.
 

Tips :
Ketika melakukan external link, gunakan attribut dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web affiliate (jika Anda merekomendasikan produk/jasa).




Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density

Keyword density adalah intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel. Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ? Jika dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya Anda tidak perlu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup pintar untuk mendeteksi kualitas dari sebuah artikel.

Anda malah harus berhati-hati jika persentase keyword density terlalu banyak, karena bisa berefek buruk (keyword stuffing). Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya. Logikanya, jika artikel Anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin Anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan Anda.

Bukan begitu ??

Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords

Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa di bilang hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama). Simak disini untuk penjelasannya. Misal, Anda sedang menulis tips tentang cara menulis artikel yang SEO friendly (seperti tulisan saya ini :D), maka Anda bisa menambahkan istilah-istilah seperti blog, backlink, theme, plugin, template, Google, search engine, tutorial dan istilah-istilah lain yang relevan, tentunya dengan tetap mengutamakan tulisan yang berkualitas dan enak dibaca.

Contoh lagi jika Anda menembak keyword “baju muslim”, maka lebih bagus jika Anda bisa mengikutsertakan kata-kata seperti busana muslim, baju gamis, abaya atau hijab kedalam tulisan Anda. Anda juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berhubungan seperti toko online, belanja, fashion, islam dan sebagainya. Untuk mencari keyword-keyword LSI Anda bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor misalnya.

Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline

Ini juga salah satu teknik jadul yang kadang disalahgunakan. Menggunakan tanda bold (garis tebal), italic (garis miring) dan underline (garis bawah) fungsinya untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang penting di artikel kita. Tapi dalam prakteknya, banyak yang menggunakannya secara berlebihan dan mengaplikasikannya hanya pada keyword-keyword yang di bidik saja.

Mungkin itu bisa sedikit membantu dari segi penguatan keyword, tapi dari segi user experience, sangat buruk. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pembaca sakit mata dan cepat-cepat menutup halaman web karena tulisan yang dibaca kelihatan tidak profesional.

Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja. Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic biasanya digunakan pada istilah-istilah asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. Anda bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap memperhatikan segi user experience.

Gunakan Elemen h1, h2 & h3

Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menentukan elemen-elemen terpenting pada suatu halaman website. Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul website (homepage), H2 untuk judul postingan dan h3 untuk elemen-elemen website yang lain seperti related post dan widget di sidebar.

Struktur theme default dengan h1 dihomepage lebih cocok untuk website-website niche khusus (microniche) karena keyword utama memang berada di homepage. Namun theme jenis ini kurang disukai karena tidak dinamis seperti theme-theme premium yang banyak dijual dipasaran. Theme dinamis dengan struktur SEO friendly biasanya mempunyai struktur heading yg sama dengan theme-theme default ketika dihomepage, namun berubah ketika di halaman postingan, dengan menempatkan judul postingannya sebagai h1 (bukan judul homepage).

Ketika Anda menulis artikel untuk keperluan SEO, pastikan h1 Anda adalah judul postingan. Untuk h2, Anda bisa menggunakannya di sub title postingan.


note: Penggunaan h2, h3 dst bisa lebih dari 1x dalam satu halaman website (pages). Tapi penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja karena h1 adalah topik utama suatu halaman.



Gunakan URL Pendek dan Mengandung Keyword Utama

Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya variasi keyword, tapi yang mudah dideteksi oleh search engine apa yang menjadi topik utama artikel tersebut.
 

Contoh :

Judul : 15 Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly yang Belum Anda Tahu!

Permalink asli : /15-cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html

Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html



Judul : Tips dan Cara Pembuatan Tahu Goreng Yang Enak Sekali

Permalink asli : /tips-dan-cara-pembuatan-tahu-goreng-yang-enak-sekali

Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-tahu-goreng




Disini banyak yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk. Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama akan lebih susah bersaing. Matt Cutts dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata dipermalink.


If you can make your title four- or five-words long – and it is pretty natural. If you have got a three, four or five words in your URL, that can be perfectly normal. As it gets a little longer, then it starts to look a little worse. Now, our algorithms typically will just weight those words less and just not give you as much credit.
 

Meski saya tidak pernah 100% percaya dengan omongan engineer Google yang satu ini, tapi kali ini saya setuju. Entah ada hubungannya atau tidak, permalink default di blogspot (milik Google) jika tidak di custom juga akan otomatis memotong permalink yang terlalu panjang. Untuk cara customisasi (merubah) permalink ini cukup simpel, di menu visual editor arahkan kursor ke bagian bawah title postingan dan klik “Edit”. Dari sini anda bisa memendekkan atau merubah permalink sesuai keinginan. Dalam aturan SEO, permalink (include dengan url domain) sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

Optimasi Meta Deskripsi

Menggunakan keyword utama dikalimat pertama agar lebih SEO friendly biasanya membuat postingan jadi agak kaku. Untuk mengakalinya, Anda bisa menempatkan keyword Anda di meta deskripsi (untuk pengguna wp bisa menggunakan plugin AIO SEO Pack, SEO by Yoast atau Platinum SEO Pack). Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet di search engine. Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, Anda bisa lebih leluasa dan luwes dalam menulis artikel untuk user terutama di kalimat dan paragraf pertama.

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya dilihat search engine ketika mengunjungi blog Anda, meta deskripsi ini juga dilihat user ketika googling di search engine, jadi pastikan kalimat yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya. Sekali lagi, ini berhubungan dengan user experience utamanya CTR Anda di SERP.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi Anda dalam batasan jumlah karakter ini karena jika melebihi maka deskripsi Anda akan terpotong.


Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, Anda bisa membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.


Contohnya artikel ini, jika saya membuat deskripsi seperti ini bagaimana kira-kira reaksi Anda: “Dari ke 15 Cara Ampuh Menulis Artikel SEO Friendly ini ada salah satu cara yang paling ampuh dan pastinya belum pernah Anda baca dimanapun, yaitu ….”.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon visitor semakin tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi artikel kita.

Masukkan Attribut Alt di Image (Gambar)

Google tidak bisa membaca file gambar (image), maka disini penggunakan attribut alt diperlukan sebagai pengganti untuk menjelaskan isi file image ke robot yang melakukan crawling di halaman tersebut. Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file image.  Seringnya, attribut alt (Alternative text) ini disini diisi dengan keyword utama.

Jika gambar Anda cuma 1 – 2 file dalam 1 artikel tentu tidak masalah, tapi jika file gambar Anda cukup banyak sebaiknya Anda memvariasikannya dengan keyword-keyword longtail dan LSI. Juga tambahkan kata-kata seperti gambar, images, pic of atau foto di depan keyword agar lebih natural dan tidak keyword stuffing.

Untuk website-website komersil dengan intensitas posting yang sering, Anda bisa menggunakan plugin-plugin khusus untuk optimasi gambar seperti SEO Friendly Images. Untuk web-web personal dengan intensitas posting yang jarang, sebaiknya gunakan cara manual karena lebih fleksibel. Jika Anda ingin lebih jauh mengoptimasi meta tags image Anda, Anda bisa membaca tulisan Neil Patel dari Quicksprout. Saya sendiri untuk file gambar sejauh ini hanya mengoptimasi di bagian alt saja.


Tips:

Jika Anda menggunakan image dari Google, jangan lupa untuk merubah title file (biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg) agar file gambar Anda tidak duplikat dengan gambar yang Anda download tersebut. Jika perlu, Anda juga bisa mengganti meta-data (biasanya memakai software) dan melakukan sedikit cropping image agar file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” dimata Google.


Tips 2:

Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai performa yang lebih bagus di search engine. Usahakan untuk minimal menggunakan gambar dengan ukuran 400px x 600px. Jangan lupa melakukan kompresi file jika dirasa terlalu memberatkan loading web.



Pengunaan Media ke dalam Artikel (Images, Video, Infographics, dll)

Semakin kaya informasi yang Anda sajikan, semakin besar kemungkinan Google mendeteksi artikel Anda sebagai artikel yang berkualitas. Jika memungkinkan, gunakan media-media untuk memperkaya isi tulisan seperti gambar, video, tabel, chart, infographics maupun maps. Dari user experience pun hasilnya tentu bagus karena pembaca dimanjakan dengan tulisan yang kaya informasi dan kaya visualisasi.
 

Dikutip dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang relevan dibaca 94% lebih banyak daripada konten tanpa gambar yang relevan. Pemakaian infographics juga 3x lebih berpeluang mendapat like dan share di social media dibandingkan jenis konten lain. Dan terakhir, dikutip dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

Wow …

Gunakan Variasi Keyword

Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan variasi keyword disini adalah penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal di sekitar artikel.


Contoh :

Keyword : cara membuat blog gratis

“Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat blog gratis. Bagi anda yang ingin eksis di internet tapi belum mempunyai modal untuk beli domain dan hosting, maka blog gratis bisa menjadi salah satu solusi. Anda bisa membuat blog gratis di blogger, wordpress, tumblr, dan sebagainya. Cara membuat blog sangatlah mudah, jika Anda mengikuti step by step yang saya sajikan dibawah ini, saya yakin dalam beberapa jam Anda sudah bisa membuat blog anda sendiri..”


Tentu saja anda tidak bisa mengaplikasikan model kalimat diatas dalam satu paragraf saja karena akan menjadi keyword stuffing. Sebar ke dalam beberapa paragraf dan artikel anda akan menjadi lebih SEO friendly dengan variasi keyword yang natural. Semoga Anda bisa mengerti poin yang ingin saya sampaikan disini.

Variasi Keyword ini juga membuat tulisan Anda menjadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords misalnya :

“Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat blog gratis. Bagi anda yang ingin eksis di internet tapi belum mempunyai modal untuk beli domain dan hosting, maka cara membuat blog gratis ini bisa menjadi salah satu solusi. Anda bisa mengaplikasikan cara membuat blog gratis ini di blogger, wordpress, tumblr, dan sebagainya. Cara membuat blog gratis sangatlah mudah, jika Anda mengikuti step by step yang saya sajikan dibawah ini, saya yakin dalam beberapa jam Anda sudah bisa membuat blog gratis anda sendiri..”

Kesimpulan

Menulis artikel yang SEO friendly untuk menarik perhatian mesin pencari itu bagus, karena bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog Anda. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page artikel Anda hanya semata-mata untuk SEO. Sekarang ini algoritma mesin pencari sudah semakin pintar, apalagi si raksasa Google dengan berbagai hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah artikel yang memberikan value (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya sebutkan diatas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan Anda bisa segera bersaing di SERP. Saya tidak akan naif, sebagus apapun artikel Anda jika tidak disertai optimasi off-page maka tidak akan bisa maksimal di SERP, apalagi jika Anda berada di niche yang membosankan dan susah untuk menarik link bait maupun viral share (contoh: asuransi, lowongan kerja, perpajakan, dll).

Orang bilang “content is the king”, tapi bagi saya umpama pemilu maka backlink dan user experience adalah orang-orang yang memberi suara agar suatu content bisa diangkat menjadi kandidat raja . Baru kemudian setelah di page one giliran Google yang menentukan apakah suatu konten layak dijadikan raja atau harus dieliminasi, disuruh pulang dan disuruh berbenah lagi .

Jangan lupa juga melakukan riset keyword terlebih dahulu sebelum menentukan judul dan tema postingan agar artikel anda bisa lebih nendang di halaman pencarian.

Itulah 15 Cara Menulis Artikel SEO Friendly yang bisa Anda terapkan ke blog Anda. semoga bermanfaat.

10 Sumber Inspirasi Menulis Untuk Blogger


Salah satu hambatan menjadi seorang blogger adalah keterbatasan ide dalam membuat konten. padahal update konten sangat diperlukan supaya blog tetap terlihat aktif. untuk itu diperlukan sumber inspirasi menulis artikel agar keterbatasan ide dalam membuat konten artikel bisa dihindari dan blog bisa tetap aktif. lalu dari mana saja sumber inspirasi blogger dalam menulis artikel? jawabannya ada banyak. anda bisa memilih berbagai macam inspirasi dibawah yang bisa anda terapkan untuk mengupdate blog anda. berikut ulasan sumber inspirasi menulis untuk blogger.

Pengalaman Hidup Diri Sendiri

Sumber yang pertama adalah dari pengalaman hidup diri sendiri. Sudah berapa banyak hal yang kita lalui dalam hidup? Banyak sekali guys, dari masa kecil, masa sekolah, masa pacaran, hal-hal yang dilalui bareng keluarga, bareng teman-teman, kemudian bisa juga pengalaman prestasi bahkan kegagalan kita.

Ambil sebuah manfaat dari pengalaman yang kita miliki, kemudian tuangkan dalam sebuah tulisan. Pasti luar biasa sekali kalau sampai orang lain membaca dan ikut mendapatkan manfaatnya juga.

Pengetahuan Dan Keahlian

Yang kedua bisa bersumber dari pengetahuan dan keahlian yang kita miliki. Jangan pelit berbagi ilmu, bagikan saja semua yang sobat bisa dan semua yang sobat tahu. Berapa banyak ini kalau sobat tuliskan semua mengenai apa yang sobat ketahui dalam hidup, saya yakin banyak sekali.

Dan semua orang tidak mempunyai pengetahuan yang sama. Ketika kadang sobat menganggap remeh tentang hal yang sobat bisa, terkadang orang lain sedang sangat membutuhkan hal tersebut. Dan ketika sobat menulisnya, siapa tahu bisa menjadi sebuah jalan terang bagi orang lain, luar biasa bukan?

Sumber Inspirasi Dari Kondisi Lingkungan Sekitar

Selanjutnya adalah dari lingkungan tempat tinggal kita atau bisa juga dari lingkungan-lingkungan yang pernah kita lalui dalam hidup kita. Sudah berapa banyak hal yang terjadi dalam lingkup hidup kita selama ini, berapa banyak hal menarik, unik, aneh, menyedihkan, dan hal-hal lain di sekitar kita yang pernah terjadi. Disitu coba sobat ambil sebuah inti manfaat lalu sampaikan dalam tulisan yang sobat buat.

Pengalaman Hidup Orang Lain

Menceritakan pengalaman hidup orang lain juga bisa menjadi inspirasi menulis untuk seorang blogger. Jika sobat pernah mendapatkan sebuah curhatan, pernah menyimak kisah seseorang, pernah mendengar cerita tentang seseorang. Itu juga bisa menjadi sumber inspirasi hlo, asalkan sobat gak mengganggu privacy orang, dan bisa mengambil manfaat atau hikmah lalu disampaikan, itu sangat bagus sekali.

Dari Hobi Yang Disukai

Hobi adalah sebuah hal, aktifitas atau rutinitas yang kita gemari dalam hidup. Dengan menuliskan hal yang kita sukai pasti akan lebih mudah dan menyenangkan bukan? Dengan menuliskan berdasarkan hobi, sobat akan menceritakan sebuah ketertarikan, menceritakan sebuah hal yang menarik untuk orang lain. Karena orang yang sedang menceritakan apa yang mereka sukai akan terlihat lebih mengesankan.

Dari Kabar Yang Diterima Setiap Hari

Menulis juga bisa berupa kabar yang kita terima setiap hari. Apalagi jika sobat adalah orang yang sangat update dengan berita, sampaikan saja berita yang sudah sobat terima tersebut dengan ulasan sobat sendiri. Ini juga sangat cocok jika sobat membuat sebuah blog berupa news update atau mengikuti kabar-kabar dalam bidang tertentu.

Dari Barang-barang Yang Ada Disekitar Kita

Barang juga bisa dijadikan sebuah bahasan hloh. Coba kalau sobat sedang buntu gak ada inspirasi, lihatlah barang-barang disekitar sobat, ada berapa banyak barang? Coba ambil barang yang bisa diulas, bisa saja ada orang-orang yang membutuhkan informasi mengenai barang tersebut.

Selain barang-barang di sekitar kita, sobat juga bisa mengulas atau membuat tulisan tentang barang yang sudah pernah ada, barang yang pernah ditemukan di tempat lain, barang yang sedang diimpikan bahkan barang yang sobat benci saja bisa jadi sebuah sumber inspirasi, tinggal bagaimana sobat memoles dan merangkai kata dalam menyampaikan makna dari barang tersebut.

Bacaan, Tontonan Video Dan Film Yang Dilihat

Lalu selanjutnya juga bisa dari bacaan atau tontonan dalam keseharian kita. Barangkali ada yang hobi membaca bacaan tertentu? Itu sangat bagus juga untuk dijadikan sebuah bahan artikel. Atau yang hobi nontonin video atau film, pasti sobat punya alasan dan sesuatu yang di dapat kan dari tontonan tersebut? Itu juga bisa dijadikan sebuah tulisan.

Dari Impian Yang Kita Miliki

Baiklah sudah sampai di point yang ke 9 sembilan sekarang, sudah jadi berapa artikel tadi kalau sobat mau menulis semua? hehe. Selanjutnya adalah dari impian yang kita miliki. Impian juga bisa jadi sumber yang bagus dengan menceritakan minat, tips dan keinginan itu sendiri.

Bisa dibilang ini juga sebagai penyemangat bagi sobat semuanya, bisa mengingatkan diri kita terhadap impian yang kita miliki. Selain itu juga bisa sebagai penyemangat bagi orang lain yang memiliki impian yang sama dengan sobat.

Dari Masalah Yang Kita Miliki

Sudah sampai pada point ke 10 yakni bersumber dari masalah yang sedang kita hadapi. Menceritakan masalah kita dalam sebuah artikel begitu? curhat maksudnya? Ya terserah, mau curhat boleh, atau bisa juga menyandingkan antara masalah dengan solusinya, kan jadi sangat bagus jika dibaca orang yang memiliki masalah yang sama kemudian mendapat solusi dari tulisan yang sobat bikin. Luar biasa sekali.. hehe

Nah itulah beberapa sumber inspirasi yang bisa digunakan oleh blogger untuk menulis artikel. semoga bermanfaat...

Featured Post

Karakteristik Meeting Room yang Sesuai untuk Meeting

Karakteristik Meeting Room - Menjamurnya bisnis startup mendorong bermunculannya perusahaan pelayanan coworking space dan private space. Be...