Thursday, April 6, 2023

Lingkungan Politik Hukum dan Regulasi Pemasaran Global

Setiap pemerintahan nasional di dunia ini mengatur perdagangan dan perniagaan dengan negara lain dan mencoba mengendalikan akses dari perusahaan asing terhadap sumber daya nasional. Setiap negara mempunyai keunikan sistem hukum dan regulasi sendiri yang mempengaruhi operasi dan aktifitas perusahaan global, termasuk kemampuan pemasar global untuk mengenali peluang pasar yang ada. Hukum dan regulasi memaksa perpindahan produk, jasa, orang, uang, dan keahlian melintasi batas-batas negara. Pemasar global harus mencoba untuk menelusuri rangkaian hambatan nasional ini dan dalam beberapa hal untuk suatu kawasan. Upaya-upaya ini dihalangi oleh kenyataan bahwa hukum dan regulasi kadang-kadang ambigius dan terus-menerus berubah. 

Lingkungan Politik

Aktifitas pemasaran global mengambil tempat dalam lingkungan politik institusi pemerintah, partai politik, dan organisasi melalui orang-orang dan aturan negara dengan menggunakan kekuatan. Setiap perusahaan yang menjalankan bisnis di luar negara asalnya harus hati-hati mempelajari struktur pemerintahan di negara yang menjadi sasarannya dan menganalisis isu-isu yang menyolok yang timbul dari lingkungan politik. Hal ini termasuk sikap pihak pemerintah terhadap kedaulatan, risiko politik, pajak, ancaman pencairan saham. dan penyitaan.

Negara Kebangsaan dan Kedaulatan

Kedaulatan dapat didefinisikan sebagai otoritas politik yang tertinggi dan independen. Seabad yang lalu, Ketua Mahkamah Agung A.S. Justice Fuller mengatakan, "Setiap negara berdaulat terikat untuk menghormati kemerdekaan kedaulatan negara lain, dan pengadilan di satu negara tidak akan bersidang mengadili tindakan yang dilakukan pemerintah negara lain di dalam wilayahnya." Baru-baru ini, Richard Stanley memberikan definisi singkat berikut:

Sebuah negara berdaulat dinyatakan bebas dan merdeka. Negara tersebut mengatur perdagangan, mengelola arus masuk dan keluarnya orang-orang dan batas wilayah negaranya, dan menggunakan hak hukum yang tidak terpisah atas semua orang dan barang yang berada dalam wilayahnya. Negara mempunyai hak otoritas, dan kemampuan untuk memimpin urusan-urusan domestiknva tanpa campur-taiigan pihak luar dan menggunakan kekuatan dan penganait internasionalnya dengan penuh kebijaksanaan.

Tindakan pemerintah atas nama kedaulatan terjadi dalam konteks dua criteria yang penting: tahap perkembangan suatu negara serta system politik dan ekonomi yang diterapkan di negara tersebut.

Banyak pemerintah di negara-negara berkembang mengendalikan perkembangan perekonomian nasional mereka dengan melakukan proteksi melalui hukum dan regulasi. Sasarannya adalah untuk mendorong perkembangan ekonomi dengan memproteksi industri perintis dan industri strategis. Sebaliknya, ketika banyak negara mencapai tahap perkembangan ekonomi yang tinggi, pemerintah mereka mengumumkan (paling tidak, dalam teori) bahwa setiap praktik atau kebijakan yang menghambat perdagangan bebas itu adalah ilegal. Undang-undang dan regulasi antitrust dibuat untuk menggiatkan persaingan yang adil. Hukum di negara maju sering ditetapkan dan dipertahankan menjadi aturan sosial suatu bangsa; hukum dapat memperluas tingkah laku politik, budaya, dan bahkan aktifitas intelektual dan sosial.

Kebanyakan perekonomian dunia menggabungkan elemen-elemen sistem perintah dan pasar, kekuatan politik kedaulatan dalam suatu perekonomian yang mengutamakan perintah cukup jauh mencapai umur ekonomis suatu negara. Sebaliknya, di negara-negara kapitalis, demokrasi yang berorientasi pasar. kekuatan tersebut cenderung lebih banyak menjadi hambatan. Fenomena global terkini di dalam struktur perintah dan pasar cenderung mengacu pada swastanisasi. yaitu. tindakan-tindakan pemerintah dirancang untuk mengurangi keterlibatan langsung pemerintah dalam perekonomian sebagai pemasok barang dan jasa. Intinya, setiap tindakan swastanisasi itu memperkecil porsi perintah dari bauran sistem ekonomi.

Risiko Politik

Risiko politik, risiko perubahan kebijakan pemermtah yang pengaruhnya akan merugikan kemampuan perusahaan untuk beroperasi secara efektif dan kemampuan labaannya, dapat menghalangi perusahaan yang ingin berinvestasi di luar negeri. Apabila tingkat risiko politik dirasa lebih rendah, sebuah negara kemungkinan lebih menarik untuk tempat berinvestasi. Tingkat risiko pofink proporsional dengan tahap perkembangan ekonomi sebuah negara: Yang lain semuanva adalah sama, semakin kecil perkembangan di suatu negara, semakin besar risiko politiknya.

Pajak

Tidak jarang sebuah perusahaan didaftarkan di sebuah negara, melakukan bisnis di negara lain, dan mempunyai kantor pusat di negara ketiga. Kegiatan yang tersebar secara geografi ini memerlukan pemikiran khusus untuk pembayaran pajak. Banyak perusahaan yang melakukan usaha-usaha untuk meminimkan kewajiban pajaknya dengan memindahkan lokasi pendapatannya. Sebagai contoh, diperkirakan pengelakan pajak oleh perusahaan-perusahaan asing yang menjalankan bisnisnya di Amerika Serikat membebani pemerintah A.S. beberapa miliar dolar setiap tahunnya akibat hilangnya pendapatan. Salah satu pendekatan yang dilakukan, disebut earning stripping, di mana perusahaan- perusahaan asing mengurangi pendapatan dengan memberikan pinjaman kepada afiliasi A.S. daripada melakukan investasi langsung untuk membiayai kegiatan mereka di A.S. Anak perusahaan di A.S. dapat mengurangi bunga yang harus dibayarkan terhadap pinjaman tersebut, dengan cara itu akan mengurangi beban pajaknya.

Tidak ada hukum internasional universal yang mengatur pungutan pajak atas perusahaan yang melakukan bisnis melintasi batas-batas nasional. Untuk memberikan perlakuan adil kepada perusahaan, banyak negara melakukan negosiasi bilateral terhadap perjanjian pajak untuk memberikan pengurangan pajak bagi pajak yang sudah dibayar di luar negeri. Amerika Serikat mempunyai lusinan perjanjian semacam itu yang sekarang sedang berlaku. Pada umumnya, perusahaan asing dikenai pajak oleh negara tuan rumah §ampai tingkat yang dibebankan di negara asal, suatu pendekatan yang tidak menambah beban pajak total kepada perusahaan tersebut.

Kontrol atas Saham

Tekanan politik terhadap kendali nasional dari perusahaan asing merupakan bagian dari lingkungan bisnis global di negara-negara yang pendapatannya lebih rendah. Tujuan terpenting dari pemerintah nasional adalah untuk melindungi hak kedaulatan nasional, khususnya dalam segala aspek kegiatan bisnis domestik. Pemerintah setempat kadang- kadang mencoba untuk mengendalikan kepemilikan perusahaan yang dipunyai asing yang beroperasi di dalam batas wilayah mereka. Di negara-negara berkembang, tekanan politik kadang-kadang menyebabkan perusahaan mengambil mitra lokal.

Peraturan yang mengharuskan perusahaan untuk mencairkan sahamnya tidak pernah disukai dalam ruang rapat direksi sekalipun demikian konsekuensi dari peraturan seperti itu sering kali secara mengherankan terayata menguntungkan. Mereka mengidentifikasi ada empat buah pilihan yang tersedia bagi perusahaan yang menghadapi ancaman pencairan saham:
  1. Mengikuti isi undang-undang yang beriaku.
  2. Meninggalkan negara itu. 
  3. Melakukan negosiasi di bawah undang-undang itu. 
  4. Mengambil tindakan yang mendahului.
Studi yang dilakukan Encarnation dan Vachani mengajarkan beberapa hal penting.
  1. Pertama, telitilah berbagai kemungkinan.
  2. Gunakanlah undang-undang untuk mencapai tujuan Anda sendiri 
  3. Antisipasilah perubahan kebijakan pemerintah. 
  4. Dengarkanlah apa yang dikatakan oleh manajer setempat.

Penyitaan

Ancaman pokok yang dapat diajukan pemerintah terhadap perusahaan adalah penyitaan. Penyitaan mengacu pada tindakan pemerintah untuk menghapuskan sebuah perusahaan.

Kompensasi umumnya diberikan kepada investor asing meskipun tidak selalu dengan cara yang "cepat, efektif, dan memadai” dengan standar internasional. Nasionalisasi terjadi jika kepemilikan barang atau aset yang dipermaslahkan dialihkan kepada tuan rumah pemerintahan. Kalau kompensasi tidak dilakukan, maka tindakan itu lebih tepat disebut konfiskasi (confiscation).

Secara singkat dalam penyitaan atau nasionalisasi langsung, istilah penyitaan yang merambat telah diterapkan untuk membatasi kegiatan ekonomi dari perusahaan asing di negara-negara berkembang tertentu. Ini termasuk pembatasan pada pengiriman laba, dividen, royalti, atau honorarium atas bantuan teknik dari investasi lokal atau pengaturan teknologi, ditambah dengan meningkatnya persyaratan kandungan lokal, kuota untuk mempekerjakan warga setempat, pengendalian harga, dan pembatasan lain yang mempengaruhi pengembalian investasi. Perusahaan global juga dirugikan karena diskriminasi hambatan tarif dan nontarif yang membatasi pemasukan pasar (market entry) dari barang industri dan konsumen tertentu, seperti halnya undang-undang diskriminatoris mengenai paten dan merek dagang. Pembatasan hak milik intelektual mempunyai pengaruh praktis yang menghilangkan atau mengurangi secara drastis perlindungan terhadap produk-produk farmasi. 

Lingkungan Politik Hukum dan Regulasi Pemasaran Global
Lingkungan Politik Hukum dan Regulasi Pemasaran Global

Hukum Internasional

Hukum intemasional dapat didefinisikan sebagai perainran dan prinsip-prinsip yang dipandang sebagai mengikat oleh berbagai negara dan bangsa. Ada dua kategori hukum intemasional: hukum publik, atau hukum intemasional; dan hukum perdagangan intemasional. Hukum intemasional menyangkut bidang perdagangan dan bidang lain yang secara tradisional berada di bawah yurisdiksi dari masing-masing bangsa.

Hukum internasional masih tetap mempunyai fungsi penegak peraturan, meskipun dalam pengertian yang lebih luas ketimbang masalah-masalah yang dihadapi yang timbul akibat peperangan. Pertama, hukum internasional pada dasarnya merupakan campuran dari pakta, perjanjian, kode, dan kesepakatan. Karena perdagangan di antara negara-negara terus berkembang, aturan dalam urusan perdagangan diasumsikan mengalami peningkatan yang penting. Sementara hukum.tersebut pada dasarnya hanya berlaku bagi bangsa-bangsa sebagai kesatuan, suatu kumpulan badan hukum telah berkembang untuk menolak ide tersebut, yaitu hanya negara yang berkepentingan terhadap hukum internasional tersebut.

Hukum Adat Versus Hukum Perdata (Code Law)

Hukum perdata internasioaal (private internasional law) merupakan badan hukum yang berlaku bila tafsiran dan perselisihan terjadi akibat transaksi perdagangan antar perusahaan dari negara yang berbeda-beda. Sebagai catatan, undang-undang perdagangan pemerintah muncul secara bertahap.

Sekarang inij mayoritas negara-negara mempunyai sistem hukum berdasarkan tradisi-tradisi kode (perdata)-sipil, meskipun begitu jumlah negara yang memadukan konsep-konsep itu meningkat, dan sistem-sistem cangkokan pun muncul. Undang-undang disusun pada tingkat nasional, federal, atau negara bagian; undang-undang administratif mula-mula berasal dari badan dan komunitas lokal; dan perkara hukum merupakan produk dari sistem peradilan.

Di bawah hukum sipil atau hukum perdata, sistem peradilan dibagi ke dalam hukum sipil, perdagangan. dan kriminal. Jadi, hukum perdagangan mempunyai struktur administratif sendiri. Sebagai contoh, hak properti ditetapkan dengan registrasi formal terhadap properti tersebut pada pengadilan perdagangan. Hukum kode (perdata) menggunakan kodifikasi, norma tertulis, yang dilengkapi dengan keputusan pengadilan. Di lain pihak, hukum adat dibentuk melalui tradisi dan sesuatu yang bisa dijadikan teladan, yang merupakan putusan-putusan dari kasus terdahulu; sampai sekarang ini, hukum perdagangan tidak diakui sebagai suatu kesatuan khusus. Perbedaan- perbedaannya termasuk definisi "takdir Tuhan"; yang berdasarkan hukum adat ungkapan ini dapat hanya mengacu pada banjir, badai, dan bencana alam lainnya kecuali kalau diperluas melalui perjanjian. Di negara yang menganut hukum perdata, suatu "gangguan yang dapat dihindari dengan perbuatan" dapat dilihat sebagai takdir Tuhan. Di negara yang menganut hukum perdata, hak kepemilikan intelektual harus didaftarkan, sementara di negara yang menganut hukum adat, beberapa—seperti misalnya merek dagang tidak dipatenkan—ditentukan oleh penggunaan sebelumnya.

Sistem hukum negara tuan rumah—yaitu, baik hukum adat dan hukum perdata—langsung mempengaruhi keseluruhan bentuk hukum bisnis yang akan diambil. Di negara-negara yang menganut hukum adat, perusahaan mendapat jaminan dari otoritas publik. Di negara yang menganut hukum perdata, perusahaan didirikan agar bisa beroperasi berdasarkan kontrak antara dua atau lebih pihak yang sepenuhnya bertanggung jawab atas tindakan-tindakan yang diambil oleh perusahaan. 

Mengelakkan Permasalahan Hukum : Isu Bisnis yang Penting

Sudah jelas, lingkungan hukum global itu sangat dinamis dan kompleks. Oleh karena itu, cara yang terbaik untuk diikuti adalah meminta bantuan pakar hukum. Namun, pemasar yang cerdik dan proaktif dapat berbuat banyak untuk mencegah situasi yang menimbulkan konflik, khususnya isu yang menyangkut pendirian, yurisdiksi, paten dan merek dagang, antitrust, lisensi dan rahasia dagang, serta penyuapan.

Pendirian

Untuk menjalankan bisnis, warga negara dari suatu negara harus mendapat jaminan bahwa mereka akan diperlakukan secara adil di negara lain. Sebagai contoh, di Eropa Barat, pencanangan Pasar Ihnggal sekarang menjamin warga negara dari negara anggota memperoleh perlakuan yang adil dalam hal bisnis dan kegiatan ekonomi yang mereka lakukan dalam Pasar Bersama. Perumusan aturan pemerintah yang mengatilr kegiatan perdagangan, bisnis, dan ekonomi di Uni Eropa menyediakan pokok tambahan bagi hukum intemasional.

Amerika Serikat telah menandatangani perjanjian persahabatan, perdagangan, dan navigasi dengan lebih dari 40 negara. Perjanjian ini memberikan hak kepada warga negara A.S. untuk memperoleh perlakuan nondiskriminasi dalam melakukan kegiatan perdagangan, hak timbal-balik untuk mendirikan bisnis, dan, khususnya, untuk berinvestasi. Perjanjian perdagangan rfiemberikan hak istimewa, untuk terlibat dalam kegiatan bisnis di negara lain selain negaranya sendiri. Hal ini dapat menciptakan masalah bagi manajer bisnis yang mungkin masih di bawah kekuasaan hukum mereka ketika mereka keluar dari negara asalnya. Sebagai contoh, warga negara A.S. dilarang oleh Foreign Corrupt Practices Act untuk menyuap pejabat dari pemerintah asing atau partai politik, meskipun menyuap merupakan kebiasaan di negara tersebut untuk bisa menjalankan bisnis di negara itu.

Yurisdiksi

Karyawan perusahaan yang bekerja di luar negeri seharusnya memahami segala hal yang menyangkut yurisdiksi dari sistem peradilan negara setempat: Perusahaan asing yang beroperasi di Amerika Serikat harus memahami bahwa pengadilan mempunyai yurisdiksi terhadap tingkat di mana perusahaan tersebut dapat ditunjuk untuk "menjalankan bisnis" di negara bagian tempat pengadilan itu b'erada. Pengadilan dapat memeriksa apakah perusahaan asing itu mempunyai kantor, menjalankan bisnis, mempunyai rekening bank atau properti lainnya, atau mempunyai agen atau karyawan lainnya di negara tersebut yang bermasalah.

Masing-masing pihak harus mencapai kesepakatan atas permasalahan dan hukum negara mana yang akan digunakan harus secara spesifik disebutkan dalam klausul yurisdiksional. Ada beberapia alternatif pilihan dari: hukum yang ada di tempat domisili atau kantor pusat bisnis salah satu pihak, tempat kontrak dibuat, atau tempat kontrak dilaksanakan. Bila terjadi perselisihan dengan kontrak semacam itu, hal itu harus diperiksa dan diputuskan oleh pihak yang netral seperti pengadilan atau badan arbritasi. Jika kedua belah pihak gagal menetapkan peraturan negara mana yang berlaku, ada serangkaian peraturan kompleks yang mengatur "konflik hukum" yang diterapkan oleh pengadilan atau pengadilan arbitrase. Kadang-kadang, hasilnva ditentukan dengan bantuan "skala keadilan," di mana kriteria dari masing-masing pihak berada di sisi yang berbeda dalam skala itu.

Hak Intelektual: Paten dan Merek Dagang

Hak paten dan merek dagang yang dilindungi di satu negara belum tentu dilindungi di negara lain, jadi pemasar global harus memastikan bahwa hak paten'dan merek dagangnya didaftarkan di setiap negara di mana bisnis mereka berada. Di Amerika Serikat, di mana hak paten, merek dagang, dan hak cipta didaftarkan pada Federal Patent Office, pemegang hak paten tetap menguasai hak cipta untuk umur paten itu meskipun produk tersebut tidak diproduksi atau dijual. Perlindungan terhadap hak paten dan merek dagang di Amerika Serikat sangat baik, dan undang-undang Amerika mengandalkan pada jurus prudensi kasus-kasus yang diputuskan pengadilan sebelumnya sebagai pedoman. Kadang-kadang perusahaan menemukan cara untuk memanfaatkan jalan keluar atau peluang unik lainnya yang ditawarkan oleh undang-undang paten dan merek dagang di masing-masing negara.

Pelanggaran merek dagang dan hak cipta merupakan persoalan kritis di dalam pemasaran global dan hal itu dapat dalam beragam bentuk. Pemalsuan (counterfeiting) merupakan pengkopian atau menghasilkan suatu produk secara tidak sah. Pemalsuan tidak penuh, atau peniruan, dengan menggunakan nama produk yang sedikit berbeda dari merek yang sudah terkenal tetapi cukup dekat untuk membuat konsumen mengasosiasikannya dengan produk yang asli. Tipe ketiga dari pemalsuan ini adalah pembajakan (piracy), mempublikasikan atau memproduksi ulang suatu karya cipta secara tidak sah. Pembajakan khususnya merugikan di industri hiburan dan software-, program komputer, videotapes, kaset, dan compact discs yang umumnya mudah untuk diduplikat secara ilegal.

Antitrust

Undang-undang antitrust dirancang untuk melawan praktik bisnis terbatas di Amerika Serikat dan mendorong persaingan. Undang-undang antitrust Amerika merupakan warisan dari zaman "krisis kepercayaan" di abad ke 19 di A.S. dan ditujukan untuk memperbaiki persaingan bebas dengan membatasi konsentrasi kekuatan ekonomi. Undang-undang ini berlaku bagi perusahaan asing yang menjalankan bisnis di Amerika Serikat dan diperluas untuk aktifitas perusahaan-perusahaan A.S. di luar batas-batas A.S., sama halnya jika perusahaan tersebut mempertimbangkan untuk memiliki suatu pengaruh pada perdagangan A.S. yang berlawanan dengan hukum. Hukum yang sama juga memberikan peningkatan yang penting di luar Amerika Serikat.

Lisensi dan Rahasia Dagang

Lisensi merupakan perjanjian kontraktual di mana lisensor mengizinkan pemegang lisensi untuk menggunakan hak paten, merek dagang, rahasia dagang, teknologi, atau aset tak berwujud lainnya sebagai ganti atas pembayaran royalti atau bentuk kompensasi lainnya. Lamanya perjanjian lisensi dan jumlah royalti yang dapat diterima perusahaan merupakan masalah negosiasi komersial antara pemberi dan penerima lisensi. dan tidak ada pembatasan atas pengiriman royalti ke luar negeri. Dan di banyak negara. elemen-elemen dari lisensi ini diatur oleh lembaga pemerintah.

Pertimbangan penting dalam memberikan lisensi termasuk analisis mengenai aset apa (hak milik) yang akan dnawaikan perusahaan untuk dilisensi, berapa harga aset tersebut. apakah hanya memberikan hak untuk "membuat" produk atau memberikan hak untuk "menggunakan" dan "menjual" produknya juga. Hak untuk memberikan sublisensi merupakan isu penting lainnya. Seperti halnya dengan persetujuan distribusi. keputusan juga harus dibuat untuk hal-hal yang menyangkut pengaturan eksklusif atau noneksklusif dan besarnya kewenangan penerima lisensi.

Untuk melindungi pemegang lisensi dari penggunaan teknologi yang dilensikan untuk bersaing secara langsung dengan pemberi lisensi, lisensor mungkin mencoba membatasi pemegang lisensi untuk hanya menjual di negara asalnya saja. Pemberi lisensi mungkin juga mengikat secara kontraktual pemegang lisensi untuk tidak terus menggunakan teknologi tersebut setelah kontrak tersebut berakhir.

Rahasia dagang merupakan informasi atau pengetahuan rahasia yang mempunyai nilai komersial, yang berada dalam lindungan hak cipta, dan yang mana untuk itu dibuat langkah-langkah untuk tetap menjaga kerahasiannya. Rahasia dagang termasuk proses manufacturing, formula, rancangan, dan daftar pelanggan. Untuk melindungi penyingkapannya lisensi rahasia dagang yang tidak dipatenkan harus dihubungkan dengan setiap karyawan yang mempunyai akses ke informasi yang Serikat, rahasia dagang dilindungi oleh undang-undang negara bagian daripada undang-undang federal.

Suap dan Korupsi: Isu-isu Hukum dan Etika

Sejarah tidak mencatat meledaknya kehebohan intemasional ketika Charles M. Scwab menghadiahkan kalung berlian dan mutiara senilai; $200,000 kepada kekasih kemenakan laki-laki Czar Alexander. Sebagai gantinya, Betlehem Steel memenangkan kontrak untuk mensuplai rel kereta api lintas Siberia. Saat ini, di era pasca Sovyet, perusahaan- perusahaan Barat kembali tergoda dengan munculnya peluang di Eropa Timur. Di sini, seperti di Timur Tengah dan di bagian-bagian lainnya di dunia ini, perusahaan-perusahaan Barat tersebut menemukan bahwa suap merupakan suatu cara hidup dan korupsi menyebar luas. Perusahaan Amerika, khususnya) dibatasi dalam respons mereka terhadap situasi seperti itu oleh kebijakan pemerintah A. S. pasca era Watergate. 

Pemecahan Konflik, Penyelesaian Perselisihan, dan Proses Pengadilan

Berbagai negara mempunyai cara yang berbeda dalam penanganan ke arah pemecahan konflik. Amerika Serikat mempunyai lebih banyak pengacara dibandingkan negara mana pun di dunia ini dan tidak diragukan lagi paling banyak menyelenggarakan proses pengadilan di dunia. Ini mencerminkan sifat dasar budaya Amerika yang berkonteks rendah, semangat persaingan yang konfrontasional, dan tidak adanya satu dari prinsip yang penting dalam peraturan perundang-undangan: Orang yang kalah membayar semua biaya sidang bagi semua pihak.

Konflik tidak mungkin dihindari akan muncul dalam bisnis di mana pun,khususnya apabila budaya yang berbeda bertemu untuk membeli, menjual, mendirikan usaha patungan, bersaing. dan bekerja sama di pasar global. Bagi perusahaan Amerika, perselisihan dengan pihak asing seringkali dalam hal yusrisdiksi negara asalnya. Masalah tersebut dapat diajukan ke pengadilan Amerika Serikat, di mana perusahaan dan pengacaraiiya dapat menikmati keuntungaii atas "proses pengadilan negaranya". Namun, proses pengadilan yang terjadi di pengadilan negara asing menjadi sangat kompleks, karena bukan saja ada perbedaan bahasa, sistem hukum, mata uang, dan kebiasaan Serta pola bisnis tradisional. Intinya. penemuan adalah proses mencari fakta untuk membuktikan tuntutan dan menentukan bukti mana yang dapat diterima di negara tertentu dan dalam kondisi yang bagaimana. Untuk semua alasan ini, banyak negara yang lebih suka melakukan arbitrase sebelum proses pengadilan dijalankan.

Alternatif terhadap Proses Pengadilan untuk Penyelesaian Perselisihan

Penyelesaian di luar pengadilan (extrajudicial) merupakan alternatif pendekatan yang memberikan cara yang lebih cepat, lebih mudah, dan lebih murah untuk menyelesaikan perselisihan perdagangan daripada melalui proses pengadilan. Sesungguhnya, alternatif pendekatan tersebut mempunyai tradisi yang sudah berabad-abad umurnya. Kamar dagang mula-mula mendengarkan dan menyelesaikan perselisihan seperti itu ketika perdagangan teijadi antara suku bangsa atau bangsa yang berbeda. Penyelesaian perselisihan perdagangan modern dalam pasar global mempunyai berbagai bentuk dan diwujudkan di banyak tempat. Arbitrase adalah suatu bentuk penyelesaian dalam perselisihan bisnis internasional formal yang dilakukan di luar pengadilan yang mendengarkan semua pihak yang terlibat sebelum mendengarkan dari tiga anggota juri. Biasanya, hasilnya merupakan suatu keputusan di mana pihak-pihak yang bersengketa setuju untuk patuh. Pengadilan Arbitrase telah lama ada di London dan Zurich.

Lingkungan Pengaturan

Lembaga pengatur dalam pemasaran global terdiri dari beragam agensi, baik dari pihak pemerintah maupun yang non-pemerintah, yang menjalankan undang-undang atau menetapkan garis pedoman untuk memimpin bisnis. Sejumlah lembaga agensi yang ditujukan untuk permasalahan-permasalahan pemasaran yang sangat luas, termasuk hal-hal berikut: pengendalian harga, penetapan nilai impor dan ekspor, praktik perdagangan, pemberian label, pengaturan makanan dan obat-obatan, kondisi tenaga kerja, tawar-menawar kolektif, isi iklan, praktik persaingan, dan sebagainya. Keputusan IEOs mengikat dan dijalankan oleh negara-negara yang menjadi anggotanya

Organisasi Ekonomi Regional: Contoh Uni Eropa

Perjanjian Roma telah membentuk Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE), pelopor terbentuknya UE. Perjanjian itu terdiri dari ratusan pasal, beberapa di antaranya secara langsung dapat dipakai untuk perusahaan global dan pemasar global. Pasal 30 sampai 36 menetapkan kebijakan umum yang mengacu sebagai "Arus Bebas dari Barang, Orang, Modal, dan Teknologi" di antara negara-negara anggotanya. Pasal 85-86 berisi peraturan mengenai persaingan yang diamendir oleh berbagai pengarahan dari Komisi Uni Eropa. Pasal-pasal ini dan pengarahannya berisi undang-undang dasar komunitas, yang setara dengan hukum federal A.S.

Pengadilan Peradilan Eropa yang berbasis di Luksemburg, mendengarkan perselisihan yang terjadi di antara 15 negara Uni Eropa yang menjadi anggotanya atas permasalahan perdagangan seperti merger, monopoli, dan hambatan perdagangan. Pengadilan itu juga berwenang untuk memecahkan konflik antara undang-undang nasional dan undang-undang UE, yang di kebanyakan kasus, akhirnya menggantikan undang-undang nasional dari masing-masing negara Eropa.

Organisasi Perdagangan Dunia

Organisasi Perdagangan Dunia (World Trade Organization—WTO, sebelumnya GATT) merupakan badan pengatur dengan pengaruh yang sangat luas dalam kegiatan pemasaran global. Lebih dari 120 pemerintah negara yang menandatangani perjanjian GATT dalam usaha untuk menciptakan hubungan perdagangan intemasional yang teratur dan dapat diprediksi. Terdapat tiga prinsip dasar dalarh GATT. Yang pertama mengacu pada nondiskriminasi, setiap negara anggota harus memperlakukan perdagangan dari semua negara anggota dengan cara yang sama. Prinsip kedua adalah pasar terbuka yang didorong oleh GATT lewat larangan segala bentuk proteksi kecuali tarif bea-cukai. Prinsip ketiga adalah perdagangan yang adil, yang melarang subsidi ekspor atas produk manufaktur dan membatasi penggunaan subsidi ekspor untuk produk primer. Dalam kenyataannya, tak satu pun dari prinsip-prinsip ini yang diwujudkan sepenuhnya, meskipun banyak kemajuan yang telah dilakukan selama putaran Uruguay. Penghalang non-tarif, proteksi atas hak kepemilikan intelektual, dan subsidi pemerintah tetap menjadi batU sandungan besar.

Isu Etis

Etika, seperti lingkungan hukum, bervariasi di seluruh dunia. apa yang dapat diterima di suatu negara dapat dianggap tidak etis di negara lain. di samping pertanyaan-pertanyaan moral nyata, perusahaan dapat menderita bila publikasi negatif dihasilkan. contoh kasusnya adalah penggunaan tenaga kerja anak atau dugaan penggunaannya untuk melakukan hal yang benar tetapi juga menghasilkan publisitas yang baik, perusahaan dapat melakukan pendekatan aktif terhadap isu-isu etis.

Wednesday, April 5, 2023

Tips meningkatkan alexa rank

Sebelumnya penulis telah membahas seberapa penting alexa rank untuk sebuah blog atau website. Dan sekarang kita akan membahas bagaimana cara meningkatkan alexa rank. Kita tahu bahwa semakin kecil angka alexa rank maka blog atau website tersebut semakin bagus.

Alexa rank merupakan perankingan dari alexa yang merupakan perusahaan di bawah Amazon yang bergerak di bidang seo analizer. Dimana situs alexa menyediakan trafik pengunjung, keyword research tool, ranking website secara global, popularitas website secara nasional, dan lain lain.

Alexa rank masih dipercaya sebagai SEO tool yang kredibel dan akurat untuk melakukan perangkingan suatu website. Maka banyak para penggiat internet berusaha untuk merampingkan alexa rank nya agar terlihat bagus di mata mesin pencari. Konon katanya website dengan alexa rank yang ramping lebih disukai google dan diprioritaskan oleh mesin pencari.

Lalu bagaimana cara meningkatkan alexa rank? Berikut ulasan strategi meningkatkan alexa rank.

Tips meningkatkan alexa rank
Tips meningkatkan alexa rank

Teknik Meningkatkan Alexa rank

Setidaknya ada 3 cara yang sudah berhasil penulis rangkum mengenai cara meningkatkan alexa rank

1. Memperbanyak visitor atau pengunjung

Dalam menentukan ranking, alexa rank mempertimbangkan banyaknya pengunjung dan page view blog yang bersangkutan. Jadi tips nya adalah :

a. Memperbanyak artikel berkualitas dan menarik secara rutin

Artikel yang berkualitas dan menarik tentu akan membuat pengunjung tertarik untuk berkunjung lagi dan tidak menutup kemungkinan konten tersebut akan di share oleh visitor.

b. Mempelajari cara seo

Mengoptimalkan konten agar beada dihalaman teratas bisa berdampak pada banyaknya pengunjung yang datang

c. Share ke media sosial

Media sosial merupakan salah satu media untuk memperbanyak pengunjung, buat thumnail dan judul menarik biasanya akan memikat para pengguna media sosial

2. Memahami cara kerja Alexa Rank

Nomer satu merupakan salah satu cara kerja alexa rank. Selain itu menginstal alexa toolbar di browser kalian dan merekomendasikan alexa toolbar kepada orang lain dapat meningkatkan alexa rank. Jangan lupa juga untuk mendapatkan kode verifikasi alexa guna meyakinkan alexa tentang kepemilikan website anda.

3. Backlink

Backlink merupakan salah satu indikator yang dipertimbangkan Alexa Rank. Backlink disini tentunya harus berkualitas. Backlink berkualitas tentunya backlink yang tidak dianggap sebagai backlink spam. Caranya dengan menjalin partner blog, berkomentar di forum, perbanyak share, menjalin tukar backlink dengan orang lain, dan lain-lain.

Mungkin itu saja cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan alexa rank. Apabila ada masukan silahkan berkomentar dan mari saling berdiskusi

Tuesday, April 4, 2023

Meningkatkan Konten Lokal untuk Dunia Digital Indonesia yang Lebih Baik

Konten lokal jika didefinisikan berarti konten yang yang berasal dari lokal, dalam hal ini berarti Indonesia, disimpan di datacenter lokal yang menggunakan server jaringan lokal, dan menggunakan bahasa lokal bahasa Indonesia.

Masyarakat Indonesia merupakan salah satu pengguna internet terbanyak didunia. Menurut situs internetworldstats.com, Indonesia menempati peringkat ke-3 pengguna internet terbanyak di Asia dengan jumlah pengguna sebanyak 171.260.000 orang. Padahal 50,4% pengguna internet didunia berasal dari Asia.




Kita bisa cukup bangga bahwa dengan banyaknya pengguna internet di Indonesia sudah mulai mengakses konten lokal. dari data yang diambil dari alexa (bisa dilihat dalam gambar diatas) situs Okezone menempati peringkat 1 situs yang paling banyak diakses orang Indonesia. selain itu banyak juga media berita Indonesia yang sudah mulai diakses. ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia sudah tidak lagi ketergantungan dengan konten luar yang berarti konten lokal pun memiliki kualitas yang baik pula.


Meningkatkan Konten Lokal untuk Dunia Digital Indonesia yang Lebih Baik
Meningkatkan Konten Lokal untuk Dunia Digital Indonesia yang Lebih Baik


Jadi kenapa kita harus mengakses konten lokal?

Masyarakat Indonesia tidak semua bisa menerjemahkan bahasa asing, sehingga mengakses konten lokal menjadi satu-satunya cara untuk mendapatkan informasi. untuk itu peningkatan konten lokal sangat penting untuk dilakukan.

Seperti yang kita ketahui bahwa konten lokal berasal dari dalam negeri dengan server Web Hosting juga berasal dari dalam negeri. sehingga dengan mengakses konten lokal akan menghemat bandwith negara. bisa jadi dengan bandwith yang hemat, biaya internet akan menjadi lebih murah.

alasan ketiga perlunya mengakses konten lokal adalah keberadaan konten yang lebih cocok dengan kebutuhan kita, dalam artian lebih relevan dengan informasi yang kita cari. daripada mengharapkan konten global yang mana kita perlu menyaringnya lagi.

Alasan keempat, mengakses konten lokal sama saja dengan mengapresiasi konten buatan anak bangsa sekaligus mengkampanyekan mencintai produk dalam negeri. mengapresiasi konten lokal setidaknya akan membuat kreator bertambah semangat untuk terus berkarya dan mengembangkan kretivitasnya dalam memperbaiki produknya. 

Pentingnya Peningkatan Konten Lokal

Meskipun konten lokal sudah dilirik masyarakat Indonesia, sayangnya hanya media berita besar saja yang diakses. padahal publisher konten lokal yang masih berstatus kecil juga tidak kalah berkualitas. meningkatkan potensi konten lokal sangat penting karena mempunyai manfaat yang begitu besar bisa dirasakan masyarakat Indonesia. Lalu apa manfaat meningkatkan konten lokal Indonesia?

Menambah Lapangan Pekerjaan

salah satu manfaat meningkatnya konten lokal adalah menambah lapangan kerja. Bagaimana bisa? contohnya, apabila seseorang membuat sebuah startup baru yang kemudian berubah menjadi skala yang besar tentu saja membutuhkan karyawan atau setidaknya sebuh tim yang tentu saja perlu merekrut dan membayar mereka sehingga dapat mengurangi pengangguran terutama para ahli IT.

Menambah Pendapatan Negara

Jika sebuah startup berkembang menjadi besar, mereka akan membayar pajak ke negara yang berarti akan menambah pendapatan negara. hal lain jika kita mengakses konten luar, apakah mereka akan membayar pajak? tentu saja tidak kan. jadi itulah manfaat kedua meningkatkan potensi konten lokal.

Cara meningkatkan Konten Lokal

untuk menciptakan dunia digital Indonesia yang lebih baik, sudah seharusnya mulai sekarang perlu meningkatkan potensi konten lokal. lalu bagaimana caranya meningkatkan konten lokal?

Mengapresiasi

memberikan apresiasi dapat menciptakan interesting people yang berdampak pada meningkatnya penggunaan konten lokal digital Indonesia. dibandingkan dengan gelontoran dana, apresiasi bisa membuat kreator konten lokal untuk terus berinovasi.

Iklan

Tanpa mengiklankan produk, rasanya mengenalkan konten lokal akan terasa sulit apalagi masih baru. dengan iklan, konten lokal yang diciptakan bisa menjangkau seluruh audiens yang tertarget, dalam hal ini masyarakat Indonesia

Subsidi Modal

Membutuhkan server hosting dan Domain adalah modal awal untuk membuat konten lokal berbasis digital. padahal untuk bisa mendapatkan server dan domain memerlukan biaya. bagi orang yang ingin memulai startup dengan keterbatasan dana tentu saja hal ini menjadi penghambat, untuk itu diperlukan subsidi atau bantuan atau mungkin promo untuk biaya server Hosting Murah dan domain. sebagai wujud dalam mendukung pemberdayaan konten lokal, Indowebsite menyediakan Hosting Gratis untuk meningkatkan konten lokal. Terakhir supaya profesionalisme konten lokal terjaga, Indowebsite juga menyediakan Email Hosting demi menciptakan konten digital Indonesia yang lebih baik.

Monday, April 3, 2023

3 Cara Optimasi Seo Supaya bisa Bersaing di SERP

Banyak yang nanya kenapa si blog saya ga muncul di google ? kenapa si saya udah buat artikel bagus tapi ga muncul di google ? kenapa si saya ga copas tapi artikel ga muncul di google ??

Google itu search engine bro dia punya algoritma sendiri yang selalu update , tapi google sudah kenal dengan blog blog besar seperti kompas , tribun , jalantikus dll. Ibaratnya kamu orang baru tapi udah mau dikenal orang banyak , ya jangan ngimpi ketinggian dong hehe.

ada beberapa hal penting yang harus dilakukan saat pertama ngeblog . Mulai dari nama blog, kontent blog dan yang paling penting tentunya ya Optimasi SEO . SEO ada 2 jenis , SEO OFF PAGE dan SEO ON PAGE .

 
3 Cara Optimasi Seo Supaya bisa Bersaing di SERP
3 Cara Optimasi Seo Supaya bisa Bersaing di SERP

SEO ON PAGE

Seo ON PAGE itu Semua implementasi optimasi yang dilakukan di dalam website. mulai dari konten, tema , meta tag , meta tittle , meta desc ,kesesuaian judul blog dengan isi konten, keyword density dalam sebuah artikel ,kecepatan blog dan lainnya . Optimasi SEO ON PAGE bisa dibilang lebih sulit daripada OFF PAGE namun ON PAGE Lebih membutuhkan sedikit modal dibandingkan OFF PAGE . Dalam membuat artikel juga ga sembarangan Keyword bisa dipake , makannya perlu riset keyword , ini yang lumayan susah menurut ane . Dalam melakukan riset keyword kita bisa nyari tingkat persaingan keyword yang kita ambil itu rendah , sedang atau tinggi . ya kalo ente punya blog udah segede kompas not problem ambil keyword dengan tingkat persaingan tinggi . bayangin aja platform lo masih blogspot mau nyaingin kompas apalagi blog baru dibuat mimpi lu kejauhan bro hehehe.

SEO OFF PAGE

SEO OFF PAGE Itu memerlukan sedikit modal, perlu beli backlink , perlu beli guest post dan sebagainya . Fungsi backlink itu ibaratnya tetangga lu ngomongin tentang kebaikan2 lu akhirnya kan lama kelamaan banyak yang kenal lu ibarat nya nyalon kades , caleg dsb pasti butuh modal kan hehe .

TIPS Riset Keyword

ane sendiri riset keyword make moz , yang bisa didapatkan dengan cara berbayar karena itu layanan premium. caranya lu masuk ke https://moz.com/products/pro/keyword-research lalu cari keyword yang mau dibuat untuk bikin artikel, nah waktu riset keliatan tuh ada tingkat kesulitan keyword alias difficulity keyword . ada juga lawan2 keyword yang mau dibuat artikel , nah tips dari ane cari yang dif nya kecil dan saingannya masih situs2 kecil / sesama blogspot

kesimpulan

kalo beneran mau jadi blogger itu ga gampang , perlu modal buat beli ini itu dan pasti ga singkat , butuh waktu lama ga cukup 1-2 bulan buat jadi seorang expert blogger.

thank maaf kalo ada kesalahan dalam penulisan atau dalam asumsi saya, semoga artikelnya bermanfaat

Sumber: salah satu member Grup Blogger

Tips Menempati Halaman Pertama Hasil Pencarian Google

Mungkin banyak teman-teman yang belum mengetahui tips agar artikel kita nikung website gede di halaman pertama hasil pencarian mesin pencari (SERP).

Sebenarnya teknik ini terbilang jadul tapi masih sangat worth it untuk digunakan. Perlu teman-teman ketahui, kunci utama artikel bisa berada di halaman pertama atau page one adalah kualitas konten.

Mungkin kalian sudah sering mendengar istilah CONTENT IS KING, namun kamu tidak mengetahui makna dari kalimat tersebut. Content is king adalah konten yang berkualitas tinggi, dan memiliki pembahasan lengkap dan padat.

Tips Menempati Halaman Pertama Hasil Pencarian Google
Tips Menempati Halaman Pertama Hasil Pencarian Google



Unsur-unsur konten berkualitas hanya 2 menurut saya. Yaitu;
  1. Gaya bahasa yang mudah di mengerti, dan
  2. Konten yang memberikan informasi secara lengkap dan akurat

Perlu di garis bawahi, yang saya tuliskan diatas adalah unsur konten berkualitas. Bukan unsur SEO pada konten. Lalu... Bagaimana cara membuat artikel kita berada di halaman pertama search engine seperti Google?

Cara yang saya gunakan antara lain;
  1. Tentukan topik pembahasan yang ingin kamu bahas
  2. Lakukan riset 1/1 artikel yang menempati posisi 1-15 pada serp.
  3. Buatlah kesimpulan, mulai dari kekurangan artikel, dan poin poin penting apa saja yang perlu kamu masukkan di dalam artikel.

Setelah ketiga cara tersebut, mulailah menentukan judul artikel yang dapat mengandung klik bait yang berpotensi untuk di klik.

Kemudian, buatlah deskripsi konten secara padat dan jelas, agar para pembaca yakin bahwa konten dari blog-mu merupakan konten yang pembahasannya paling relevan dan paling lengkap. Jika sudah menentukan judul dan deskrìpsi. Langkah selanjut-nya adalah menyusun kerangka artikel.

Sebernanya cuman 300 kata saja sudah menjadi sebuah artikel, namun, jika kamu membuat artikel dengan 300 kata saja. Sedangkan para penguasa page one yang membahas konten yang sama memiliki jumlah kata lebih dari 1000 kata dalam 1 artikel.

Maka sudah ditentukan artikel yang kamu buat akan tenggelam. Tentunya kamu bisa menggunakan 3 cara yang sudah saya jelaskan diatas. Usahakan kamu membuat konten yang lebih padat, jelas dan akurat. Agar mesin pencari dapat mengindentifikasikan artikel kamu adalah artikel yang paling relevan.

Sekian dan terimakasih. semoga artikel diatas bisa bermanfaat

Sumber: Salah satu member Grup Blogger Indonesia

Sunday, April 2, 2023

Dasar dasar Korespondensi Bisnis

Korespondensi merupakan salah satu bentuk komunikasi verbal yang digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan bisnis maupun non bisnis kepada pihak lain. Pada umumnya, kegiatan korespondensi berkaitan dengan suatu proses penyampaian pesan-pesan bisnis maupun non bisnis baik dalam bentuk memo, surat, proposal, agenda, maupun dalam bentuk laporan yang dilakukan oleh seseorang atau lembaga kepada orang atau lembaga lain untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Oleh karena itu, korespondensi bisnis merupakan bentuk korespondensi yang dilakukan oleh suatu lembaga atau organisasi bisnis dengan harapan untuk mencapai tujuan bisnis.salah satu tujuan bisnis adalah memperoleh profit atau keuntungan.

Untuk memberikan gambaran yang lebih lengkap tentang berbagai hal yang berkaitan dengan korespondensi bisnis, maka dalam bab ini akan dibahas antara lain pengertian surat dan surat-surat bisnis, fungsi surat bisnis, pengelompokkan surat, bagian dan bentuk surat, bahasa surat, dan beberapa contoh surat bisnis.

Pengertian Surat dan Surat bisnis

Bagi masyarakat umum istilah surat bukanlah sesuatu yang baru (asing). Surat digunakan oleh seseorang sebagai sarana penyampaian pesa tertulis untuk berbagai kepentingan, baik pribadi, kedinasan mauoun bisnis dari seseorang kepada orang atau pihak lain. Seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang begitu pesat, penulisan dan penyampaian suatu pesan dari satu pihak kepada pihak lain dapat dilakukan bukan saja dengan kertas, tetapi juga melalu surat elektronik (electronic mail/e-mail).

Menurut Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Surat adalah sarana komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan informasi tertulis oleh suatu pihak kepada pihak lain baik yang berkaitan dengan kegiatan bisnis ataupun nonbisnis.

Sedangkan Surat Bisnis adalah surat yang digunakan orang atau organisasi untuk menyampaikan informasi tertulis dalam kaitannya dengan penyelenggaraan kegiatan bisnis.

Korespondensi dapat diartikan dengan berkirim-kiriman surat. Ini berarti bahwa korespondensi adalah kegiatan berkomunikasi dengan menggunakan surat sebagai sarana. Orang yang berkomunikasi dengan menggunakan surat disebut koresponden.

Berdasarkan informasi di atas, dapat dikatakan bahwa korespondensi merupakan salah satu jenis komunikasi tulis. Korespondensi dapat terjadi antara seseorang dengan orang lain, antara seseorang dengan instansi atau sebaliknya, antara organisasi dengan organisasi, dan sebagainya.

Dari uraian di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa korespondensi adalah komunikasi antara seseorang dengan orang lain, antara seseorang dengan instansi atau sebaliknya, antara seseorang dengan organisasi atau sebaliknya, antara instansi dengan instansi, antara organisasi dengan organisasi, dan sebagainya dengan menggunakan surat sebagai sarana. Aktivitas berkorespondensi tentunya melalui suatu proses, yaitu penulisan, pengiriman, dan penerimaan surat.

Dari penjelasan diatas, korespondensi bisnis adalah suatu kegiatan korespondensi antara satu pihak dengan pihak yang lain baik secara perorangan maupun lembaga yang berkaitan dengan dunia bisnis..

Fungsi Surat Bisnis

Meskipun teknologi informasi dan komunikasi berekembang begitu cepat dengan adanya telepon, telepon genggam, televise, radio, telegram, faksimail, dan computer, surat masih merupakan sarana penghubung/komunikasi yang sangat penting bagi seseorang,kelompok, maupun organisasi pemerintah dan bisnis.

Selain sebagai sarana komunikasi, surat bisnis juga memiliki berbagai fungsi sebagai berikut:
  • Surat bisnis berfungsi sebagai wakil atau duta begi pengirim surat. Dalam kaitanya dengan dunia bisnis, surat bisnis berfungsi sebagi pembawa pesan-pesan bisnis dari pengirim pesan kepada pihak lain.
  • Alat untuk menyampaikan pemberitahuan, permintaan atau permohonan, buah pikir atau gagasan yang berkaitan dengan masalah-masalh bisnis. 
  • Alat bukti tertulis (dokumen tertulis) 
  • Alat untuk mengingat 
  • Bukti sejarah (historis) 
  • Pedoman kerja 
  • Media promosi bagi pengirim surat
Dasar dasar Korespondensi Bisnis
Dasar dasar Korespondensi Bisnis

Pengelempokan Surat

Secara umum, surat dapat dikelompokkan dalam beberapa kelompok, yaitu pengelompokan surat menurut wujudnya, pemakaiannya, banyaknya sasaran yang dituju, isi dan maksudnya, sifatnya, dan menurut urgensi pemakaiannya.

Pengelompokan Surat Menurut Wujudnya

Menurut wujudnya, surat surat dapat dikelompokkan dalam beberapa kelompok.

Surat Bersampul

Surat Bersampul (surat tertutup) adalah surat yang dikirimkan oleh seseorang kepada orang yang terdiri atas kertas dan sampul (amplop) dengan berbagai ukuran.

Kartu Pos

Kartu pos adalah bentuk surat terbuka yang digunakan untuk mnyampaikan pesan-pesan singkat/pendek dan praktis, yang berbentuk kartu kecil dengan ukuran10cm x 15 cm yang dikeluarkan oleh PT pos Indonesia.

Warkat Pos

Warkat pos adalah surat yang wujudnya berupa gabungan kertas surat dan amplop. Kertas warkat pos dibuat sedemikian rupa, sehingga apabila kertas tersebut dilipat akan membuat amplop.

Telegram dan Teleks

Telegram disebut juga sebagai surat kawat. Istilah telegram berasal dari kata tele yang berarti jauh, sedangkan gram (graf) berarti tanda tang tercetak.

Memorandum (Memo) dan Nota

Memo adalah surat yang digunakan oleh pimpinan untuk menyampaikan suatu pesan-pesan singkat yag berupa pemberitahuaan, permintaan atau hal-hal lain dalam suatu organisasi (internal Organisasi.

Surat Tanda Bukti

Surat tanda bukti adalah surat yang memiliki fungsi sebagai tanda bukti pengkuan sah atas suatu pembayaran tertentu antara satu pihak kepada pihak lain.

Pengelompokan Surat Menurut Pemakaiannya

Menurut pemakaiannya, surat dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis, yaitu:

Surat Pribadi

Surat pribadi (personal letter) adalah surat yang dibuat oleh seseorang yang isinya menyangkut kepentingan atau hal-hal yang sifatnya personal atau pribadi.

Surat Dinas

Surat dinas atau surat resmi (formal letter) adalah surat yang isinya berkaitan dengan kepentingan tugas dan kegiatan dinas instansi pemerintah.

Surat Bisnis

Surat bisnis (business letters) adalah surat yang digunakan orang atau badan yang menyelenggarakan kegiatan usaha bisnis.

Surat Sosial

Surat sosial (social letters) adalah surat yang digunakan oleh organisasi atau lembaga-lembaga sosial kemasyarakatan untuk berbagai kepentingan sosial bagi masyarakat pada umumnya.

Pengelompokan Surat menurut Banyaknya (Jumlah) Sasaran yang Dituju

Menurut Banyaknya (Jumlah) Sasaran yang Dituju, surat dapat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu:

Surat Biasa

Surat biasa adalah surat yang dibuat oleh seseorang atau organisasi yang ditujukan kepada seseorang atau organisasi lain yang berisi suatu informasi yang bersifat umum dan bukan bersifat pribadi atau privasi.

Surat Edaran

Surat edaran adalah surat pemberitahuan secara tertulis yang ditujukan kepada seorang atau suatu lembaga yang ditujukan kepada orang atau lembaga lain dalam jumlah yang banyak.

Surat Pengumuman

Surat pengumuman adalah surat yang berisi pemberitahuan tentang suatu hal yang perlu diketahui oleh pegawai atau karyawan suatu organisasi atupun masyarakat luas.

Pengelompokan Surat Menurut Sifatnya

  1. Surat Biasa, Surat biasa adalah surat yang isinya bersifat biasa (bukan rahasia), dapat beramplop dan tanpa amplop.
  2. Surat Konfidensial (terbatas), Surat konfidensial adalah surat yang termasuk rahasia, terbatas untuk kalangan tertentu. 
  3. Surat Rahasia, Surat rahasia adalah surat yang isinya hanya boleh dibuka dan dibaca oleh orang/pejabat tertentu.

Pengelompokan Surat Menurut Urgensi Penyelesaian

  1. Surat Biasa. Surat biasa adalah surat yang penanganannya diperlukan biasa saja atau tidak ada suatu perlakuan khusus atas surat tersebut. 
  2. Surat Segera. Surat segera adalah surat yang memang memerlukan penanganan secepat mungkin atau dilakukan dengan segera, meskipun tingkat penanganannya tidak secepat surat kilat. 
  3. Surat Kilat. Surat kilat adalah surat yang memerlukan penanganan dengan sangat segera, harus didahulukan, dan memperoleh perlakuan khusus daripada surat-surat yang lainnya.

Pengelompokan Surat Menurut Isi dan Maksudnya

Pengelompokkan surat menurut isi dan maksudnya sangat tergantung dari maksud dan tujuan pengirim surat. Oleh karena itu, maksud dan tujuan pengiriman surat antara yang satu dengan yang lain berbeda, jenis suratnyapun sangat bervariasi.

Bagian Surat dan Bentuk Surat

Secara umum, bagian surat baik untuk surat dinas maupun surat bisnis mencakup beberapa komponen penting, antara lain: (1) kepala surat/kop surat (letterhead), (2) tanggal surat (date), (3) nomor, lampiran, dan perihal/hal (number, enclosed, subject), (4) alamat tujuan (inside address),(5) salam pembuka (salutation),(6) paragraf pembuka (firsh paragraph),(7) paragraf isi (body paragfaph),(8) paragraf penutup (close paragraph), (9) salam penutup (complimentary close), (10) tanda tangan (signature), (11) nama jelas penanda tangan (name and titlle), (12) tembusan (notation), (13) inisial (initial)

Bahasa Surat

Format atau bentuk lipatan surat yang baik merupakan bagian dari etika berkorespondensi dalam dunia bisnis. Bentuk lipatan surat yang terkesan asal-asalan akan memberikan kesan atau citra yang kurang baik bagi pengirimnya.

Format Lipatan Surat

Ada beberapa bentuk lipatan surat yang lazim digunakan dalam dunia korespondensi bisnis, antara lain ;
  • Lipatan baku (Standard fold)
  • Lipattan setengah baku (semi standard fold) 
  • Lipatan akordeon (accordion fold) 
  • Lipatan setengah akordeon (semi accordion fold) 
  • Lipatan tunggal (single fold) 
  • Lipatan ganda/paralel (paralle/double fold) 
  • Lipatan model prancis (french fold) 
  • Lipatan model baron (baronial fold)

Amplop dapat dikelompokkan berdasarkan wujudnya, ukurannya, dan penggunaannya.

Berdasarkan wujudnya, amplop dapat dibedakan menjadi
  1. Amplop biasa
  2. Amplop berjendela
Berdasarkan ukurannya, amplop dapat dibedakan menjadi
  • Amplop resmi
  • Amplop kartu 
  • Amplop bisnis 
  • Amplop pendek 
  • Amplop panjang 
  • Amplop lebar 
  • Amplop katalog 
  • Amplop mata berkait 
  • Amplop mata bertali
Berdasarkan wujudnya, amplop dapat dibedakan menjadi
  • Amplop katalog
  • Amplop mata berkait 
  • Amplop kancing bertali

Contoh-contoh Surat Bisnis

Surat Pemesanan

Surat pemesanan (order letters) merupakan salah satu surat bisnis yang lazim dijumpai dalam dunia bisnis, baik pada perusahaan yang bergerak pada proses pengolahan (manufacturing), perdagangan (trade), maupun jasa (service).

Surat Konfirmasi

Surat konfirmasi (confirmation letters) addalah surat yang berisi tentang penjelasan tertentu yang lebih berfungsi sebagai pemberitahuan, penegasan atau meyakinkan atas sesuatu.

Surat Pengaduan

Surat pengaduuan adalah surat yang berisi pengaduan pelanggan kepada pihak lain dengan cara-cara yang baik karena pelanggan merasa dirugikan atau dikecewakan, agar memperoleh solusi terbaik bagi kedua belah pihak.

Surat Permintaan Informasi

Surat permintaan informasi adalah surat yang dikirimkan oleh seseorang, kelompok, atau lembaga untuk meminta berbagai informasi penting kepada pihak lain baik perseorangan atau lembaga.

Surat Ucapan Selamat

Surat ucapan selamat adalah surat yang dikirimkan oleh perorangan, kelompok, maupun lembaga yang berisi pemberian ucapan selamat atas keberhasilan seseorang.

Surat Pemberitahuan

Surat pemberitahuan adalah surat yang dibuat oleh perorangan atau organisasi yang berisi pemberitahuan kepada pihak lain baik perorangan maupun organisasi.

Surat Penagihan

Surat penagihan adalah surat yang digunakan untuk menagih hutang pihak lain yang telah melampaui waktu yag telah ditentukan.

Surat Peringatan

Surat peringatan adalah surat yang ditulis oleh seseorang atau organisasi yang ditujukan kepada pihak lain baik seseorang maupun organisasi yang berisi peringatan atas sesuatu hal.

Surat Perintah Kerja

Surat perintah kerja (SPK) adalah surat yang ditulis oleh pimpinan suatu perusahaan kepada pihak lain, yang berisi perintah untuk mengerjakan suatu pekerjaan dalam kurun waktu tertentu sesuai dengan prosedur dan persyaratan yangg telah diseepakati.

Surat Pengumuman

Surat pengumuman adalah surat yang digunakan oleh seseorang atau organisasi untuk mengumumkan sesuatu kepada pihak lain baik seseorang atau organisasi, yang dilakukan dengan cara-cara tertentu.

Surat Undangan RUPS

RUPS merupakan salah satu forum tertinggi dalam suatu organisasi bisnis yang sangat strategis bagi pengambilan keputusan strategis.

Surat Kuasa

Surat kuasa adalah surat pelimpahan kekuasaan yang dilakukan oleh kedua pihak, yaitu pihak pertama sebagai orangg yang memberikan kuasa kepada pihak lain sebagai orang yang menerima kuasa untuk melakukan dan bertindak sesuatu atas nama pemberi kuasa.

Surat Perjanjian

Surat perjanjian adalah surat yang berisi perjanjian yang dilakukan antara pihak yang satu kepada pihak yang lain tentang suatu hal.

Kesimpulan

Korespondensi bisnis merupakan suatu kegiatan korespondensi yang dilakukan dalam dunia bisnis, baik dalam bentuk surat, memo, proposal, agenda, maupun laporan bisnis. Surat merupakan alat komunikasi tertulis yang disampaikan oleh suatu pihak kepada pihak lain dengan menggunakan media tertentu. Hal yang membedakan surat bisnis dengan surat biasa adalah tujuan penulisannya.

Melalui surat seseorang dapat menyampaikan informasi penting kepada orang lain sebagai alat bukti tertulis, alat mengingat-ingat, alat bukti historis, dan untuk pedoman kerja.

Friday, March 31, 2023

Ingin Lebih Hemat dalam Bertransaksi, Gunakan Aplikasi BebasBayar

Perkembangan teknologi membuat kebutuhan manusia semakin beragam. Kecepatan dan kemudahan melakukan segala hal, menjadi budaya yang sudah melekat dalam kehidupan modern saat ini. Adanya Aplikasi BebasBayar bisa memudahkan pembayaran transfer uang antar bank, menjadi udara segar bagi sebagian besar masyarakat.

Apa itu Aplikasi BebasBayar?

Sebelum membahas lebih lanjut penting mengetahui terkait definisinya. Aplikasi BebasBayar merupakan sebuah layanan yang dapat membantu segala jenis pembayaran. Anda juga dapat melakukan transfer uang tanpa ATM, hal ini memudahkan masyarakat saat melakukan transaksi.

Logo dari aplikasi ini adalah orang dengan tangan terangkat ke atas, serta terdapat tulisan bebas bayar. Tentu ada makna khusus dari pemilihan desain tersebut sebagai ungkapan harapan developer. Fungsi platform yang memudahkan pembayaran, kemungkinan salah satu filosofinya.
Logo Aplikasi BebasBayar

Secara garis besar tangan yang mengarah ke atas, melambangkan orang yang merasa bebas dari segala kesulitan, dalam hal ini adalah transaksi pembayaran. Adanya tulisan BebasBayar membuktikan prediksi tersebut. Alasannya adalah dengan satu aplikasi dapat melakukan pembayaran mudah.

BebasBayar adalah Aplikasi Keuangan Digital Serba Bisa yang telah dipercaya oleh lebih dari dari 1.6 Juta Pengguna. BebasBayar merupakan produk dari PT. Bimasakti Multi Sinergi.

Tampilan Aplikasi BebasBayar

Tampilan aplikasi BebasBayar sangat menarik, hal tersebut tentu akan memudahkan penggunanya dalam memahami serta mengoperasikannya. Layanan lengkap dengan latar berwarna putih dapat membuat menu lebih menonjol dan terlihat jelas. Berikut lebih lengkapnya:

1. Perpaduan warna

Tampilan saat awal membuka aplikasinya, Anda akan melihat biru langit yang dapat mencerahkan pandangan. Masuk pada menu utamanya, warna putih mendominasi yang lengkap dengan aplikasi tersusun rapi membentuk kesan simpel namun tetap berkelas. 




Aplikasi BebasBayar memilih biru dan orange kekuningan sebagai warna logo, yang secara kasat mata itu adalah tada langit dan matahari, melambangkan yang selalu dibutuhkan serta menjadi wadah berbagai macam jenis layanan. Merah sendiri menunjukkan keberanian melakukan inovasi baru.

2. Tampilan menu

Beragam menu dapat Anda akses dengan mudah. Tersedia sekitar sembilan belas fitur transaksi yang lengkap, seperti TV channel, pembelian tiket kereta, pulsa reguler, bayar tagihan PLN, dan masih banyak lainnya. Selain layanan tersebut juga terdapat berbagai promo menarik. 

Tampilan menu Aplikasi BebasBayar


Tampilan menu tertata rapi membentuk persegi panjang. Warna biru dan putih mendominasi yang membuat indah saat memandangnya. Terdapat lambang yang mudah untuk mengerti pada tampilan menu-menu, sehingga tidak kebingungan memahaminya.

Cara Bergabung pada Layanan BebasBayar

Daftar aplikasi multifungsi satu ini sangat simpel dan mudah. Berbagai kemudahan transaksi dapat menghemat waktu serta dapat Anda lakukan di rumah. Cara bergabung sangat mudah hanya dengan smartphone yaitu:
  • Download dan instal terlebih dahulu aplikasi BebasBayar.
  • Lakukan pendaftaran dengan cara klik menu daftar, kemudian isi data sesuai arahan sistem. 
  • Periksa email setelah melakukan pengisian data selesai, simpan informasi yang ada pada pesan tersebut. Anda dapat login, dan menikmati segala fitur yang terdapat dalam aplikasi termasuk transfer uang dengan mudah. 

Mengapa Harus Menggunakan Aplikasi BebasBayar?

Layanan aplikasi bebas bayar sangat memudahkan penggunanya dalam proses transaksi. Promo menarik bisa Anda dapatkan dengan mudah. Hanya dalam satu platform yang multi fungsi, juga dapat membeli tiket kereta api dan pesawat tanpa perlu datang langsung ke tempatnya.

Lupa membayar tagihan karena kesibukan tentu dapat menyebabkan hal yang tidak baik, karena itu, aplikasi ini menyediakan fitur bayar otomatis dan realtime hanya dengan hitungan detik, pembayaran akan langsung masuk ke rekening tujuan. Keuntungan lain yang bisa pengguna dapatkan adalah pelayanan 24 jam nonstop. 

Fitur Aplikasi BebasBayar


Perusahaan terpercaya selama lebih dari 7 tahun, ini membuktikan bahwa masyarakat banyak yang puas dengan segala pelayanannya. Penggoperasiannya pun terbilang sangat mudah dan simpel, sehingga bagi pemula tidak khawatir kebingungan.

Aplikasi BebasBayar memiliki fitur yang memudahkan penggunanya untuk melakukan berbagai aktivitas pembayaran tanpa harus repot ke tempatnya langsung. Dengan Aplikasi BebasBayar Anda bisa transfer kapan saja dan dimana saja tanpa perlu antri. 

Bagi Anda yang tidak memiliki ATM sangat penting untuk menggunakan platform satu ini, selain memudahkan transaksi dan pembayaran seperti Top up e-money, pulsa, token PLN, PDAM, BPJS, Cicilan, Voucher game hingga transfer uang ke seluruh bank di Indonesia, biaya admin transfer pun terbilang paling murah, hanya Rp.2.500,- saja

Untuk lebih jelas tentang bagaimana melakukan transfer antar bank dengan aplikasi bebas bayar, bisa lihat video verikut:


Nah itu dia review singkat mengenai aplikasi BebasBayar yang bisa digunakan untuk transfer uang. sudah seharusnya untuk memanfaatkan teknologi yang bisa memudahkan aktivitas Anda, sekian semoga bermanfaat.

Featured Post

Karakteristik Meeting Room yang Sesuai untuk Meeting

Karakteristik Meeting Room - Menjamurnya bisnis startup mendorong bermunculannya perusahaan pelayanan coworking space dan private space. Be...